Deprecated: Optional parameter $depth declared before required parameter $output is implicitly treated as a required parameter in /home/idsysadmin/htdocs/www.idsysadmin.com/wp-content/themes/idsysadmin/core/menu/weblizar_nav_walker.php on line 42
Cara Download Directory Melalui FTP dengan Perintah Wget - IDSysadmin

Cara Download Directory Melalui FTP dengan Perintah Wget

Cara Download Directory Melalui FTP dengan Perintah Wget

Last updated on

Category : Tutorial Umum

Cara Download Directory Melalui FTP dengan Perintah Wget – Aktivitas download dan upload file adalah hal yang kita sering dilakukan saat kita men-setup server terutama jika kita ingin melakukan migrasi server baik dari cloud vps ke cloud vps maupun dari shared hosting ke cloud vps.

Kami sendiri memiliki pengalaman yang unik ketika memindahkan salah satu website WordPress customer kami dimana provider lama customer kami tersebut tidak mau memberikan akses SSH dan hanya memberikan akses ke panel yang sangat terbatas. Kurang tahu apa alasannya, namun sebagai pihak provider seharusnya hal ini tidak boleh dilakukan karena data dan server adalah sepenuhnya milik dari customer.

Kembali ke permasalahan akses yang sangat terbatas tersebut maka mau tidak mau tim mencari solusi yang terbaik untuk memindahkan website WordPress customer kami tersebut dan opsi yang paling buruk adalah mendownload file tersebut ke komputer local dan kemudian meng-upload ulang yang tentu saja akan membutuhkan waktu yang lama karena datanya mencapai lebih dari 30GB.

Setelah melakukan beberapa riset, akhirnya kami menemukan cara terbaik dan tercepat untuk men-download file tersebut antar server yaitu dengan menggunakan FTP yang dikombinasikan dengan perintah wget.

Cara Download Directory Melalui FTP dengan Perintah Wget

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat akses FTP dan setiap kontrol panel memiliki menu yang berbeda-beda. Pastikan untuk membuat ftp dengan akses ke directory yang akan kita download.

Setelah akses FTP berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya adalah download semua directory dan file tersebut pada Cloud VPS dengan menjalankan perintah

wget -m ftp://userftp:passwordftp@hostftp/dirfilewebsite

Sebagai contoh

wget -m ftp://cakpuser:cakrapass@121.50.10.134/idsysadmin.com

Jika berhasil maka kita akan melihat respon sebagai berikut:

Kita menggunakan flag -m dan bukan -r karena:

  • -r adalah untuk flag recursive yang sebenarnya hal ini bagus namun akan terbatas pada 5 directory ke dalam artinya jika directory kita memiliki tingkatan lebih dari 5 dir maka tidak akan ter-download
  • -m adalah untuk mirroring yang artinya semua file di directory ftp akan di mirror ke VPS yang mendowload sehingga memastikan tidak ada file yang tertinggal.

Selanjutnya, kita tinggal menunggu hingga selesai. Perlu diingat bahwa mendownload seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena sistem men-downloadnya satu persatu sehingga sangat disarankan untuk menjalannya di mode screen.

Kami sudah membahas tentang cara penggunaan screen pada bahasan Cara Menggunakan Screen Linux. Silakan mengeceknya untuk mempelajari apa itu screen dan cara menggunakannya.

Semoga bermanfaat!


Leave a Reply

× Ada yang ditanyakan?