Category Archives: Wordpress

  • 0

Cara Melakukan Transfer Weebly ke WordPress

Category : Wordpress

Cara Melakukan Transfer Weebly ke WordPress – Apakah Anda ingin melakukan migrasi weebly ke WordPress? Benar, melakukan transfer weebly ke WordPress dan seluruh kontennya sangat mungkin dilakukan tanpa harus menggunakan jasa developer atau paham tentang coding. Pada artikel ini kami akan membahas cara melakukan migrasi weebly ke wordpress secara lengkap.

Dari pengalaman kami, kebanyakan orang tidak memilih platform dengan tepat yang akan digunakannya saat pertama kami membuat blog. Salah satunya adalah weebly dimana mungkin Anda memilihnya karena kemudahannya dalam membuat website karena ada builder dan gratis.

Setelah Anda melakukan kegiatan blogging lebih dalam seperti mempelajari SEO, monetasi blog, kustomisasi dan lain-lain maka Anda baru menyadari bahwa Anda telah melakukan kesalahan dalam memilih platform blog karena banyak limitasi di dalamnya. Anda mungkin berfikir bahwa kerja keras yang telah dilakukan akan menjadi sia-sia.

Dalam kasus ini, maka Anda tidak perlu khawatir. Karena kami akan memberikan panduan secara rinci tentang cara melakukan transfer weebly ke WordPress secara lengkap.

Langkah 1. Memilih Hosting dan Membuat Blog WordPress

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih hosting yang tepat dan reliable dan kemudian menginstal WordPress. Panduan secara rinci terkait hal ini telah kami bahas pada Bagaimana Cara Membuat Blog WordPress. Pastikan untuk mengikutinya hingga Hosting dan domain anda aktif serta wordpress terinstall.

Langkah 2. Export Konten dari Weebly Anda

Sebelumnya, melakukan migrasi weebly ke WordPress sangatlah sulit untuk dilakukan karena melakukan export di weebly tidaklah mudah. Namun, saat ini telah tersedia tool gratis online untuk melakukan export data weebly yang kemudian dapat digunakan untuk migrasi ke WordPress.

Untuk melakukan export konten weebly, silakan kunjungi online Weebly to WordPress Importer dan lengkapilah datanya.

Transfer Weebly ke WordPress

Anda akan diminta memasukkan Alamat website, nama Anda, alamat email dan kemudian pilih metode atau cara untuk melakukan export.

Pilihan metode importer default dari tool ini adalah WXR dan kami menyarankan agar Anda tidak mengubahnya kecuali Anda memiliki masalah dengan cara tersebut.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih apakah import yang dilakukan juga termasuk halaman-halaman pada weebly Anda. Pilihan defaultnya adalah “Yes” dan Anda tidak perlu mengubahnya sama sekali kecuali Anda tidak ingin melakukan export halaman-halaman pada weebly Anda.

Setelah itu, Anda perlu melakukan klik pada tombol ‘Export my Weebly Website’.

Tools Weebly to WordPress Importer akan mengambil semua konten weebly Anda dan kemudian meng-konversikannya ke dalam format yang kompitabel dengan WordPress Importer.

export weebly xml

Anda akan menemkan tombol download untuk mendownload file export weebly di akhir proses. Untuk melakukan download, silakan lakukan klik kanan pada tombol tersebut dan kemduian pilih “Save Link as”. Selanjutnya, proses download file .xml weebly Anda akan berlangsung.

Langkah 3. Import Konten Weebly ke WordPress

Sekarang Anda telah memiliki backup konten Weebly Anda telah sesuai dengan format WordPress. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan import backup tersebut ke WordPress.

Silakan login di admin wordpress Anda (yang telah dilakukan di langkah 1) dan kemudian pilih menu Tools >> Import. Maka Anda akan menemukan daftar importer yang tersedia untuk berbagai platforms. Silakan scroll ke bawah hingga pada opsi WordPress dan kemudian pilih tombol Install Now.

WordPress Importer

WordPress akan melakukan instalasi tool importer pada wordpress Anda. Setelah terinstal, silakan pilih menu “Run Importer” untuk melakukan Import.

Jalankan proses importer

Proses ini akan membawa anda ke halaman importer WordPress. Lanjutkan dan pilih file backup xml Weebly Anda dengan melakukan klik tombol “Choose File”. Selanjutnya, silakan klik tombol “Upload file and import” untuk melanjutkan.

WordPress importer akan mengupload file backup tersebut dan melakukan analisis. Selanjutnya, Anda akan diminta melakukan assign authors atau penulis.

import authors

Anda dapat mengimport author dari website weebly Anda atau membuat baru atau melakukan assign semua konten ke user WordPress Anda. Pastikan Anda mencentang pilihan ‘Download and import file attachments’. Proses tersebut akan memastikan untuk mendownload semua gambar weebly Anda ke WordPress media library sehingga Anda akan dapat menggukannya nanti.

Anda sekarang dapat melakukan klik pada tombol “Submit” untuk melakukan Importer. WordPress akan melakukan import semua konten weebly ke database WordPress. Setelah selesai, maka Anda akan melihat pesan sukses berikut:

sukses import

Selamat. Anda telah sukses melakukan import dari Weebly ke WordPress. Selanjutnya, maka Anda dapat mengeceknya pada posts, pages dan kategori pada admin WordPress Anda untuk memastikan telah ter-import dengan baik.

Jika terjadi kegagalan saat melakukan proses import, maka Anda dapat mengulanginya kembali. Importer wordpress dapat mendeteksi jika ada konten yang mengalami duplikasi dan melewatinya. Proses pengulangan ini hanya akan meng-import konten yang gagal di import saja.

Langkah 4. Setting Permalinks

Website Weebly Anda mungkin akan memiliki struktur yang berbeda dengan WordPress khususnya pada posts dan pages. Umumnya, struktur url post pada weebly adalah http://example.com/blog/your-post-title/ dan pada pages pages: http://example.com/page-title.html

Jika sebelumnya Anda menggunakan domain sendiri pada weebly (Niagahoster menyediakan fitur ini) maka pengunjung website Anda akan mendapati error 404 ketika mengakses website Anda khususnya dari google atau mesin pencari karena mesin pencari masih belum meng-update informasi ini.

Hal ini tidaklah bagus untuk SEO pada website Anda sehingga kami menyarankan agar menyamakan struktur posts dan pages pada wordpress Anda sama persis dengan Weebly.

Untuk melakukannya, silakan pilih menu Settings –> Permalinks –> Custom structure. Pada kolom tersebut, isikan struktur permalinks berikut:

permalinks weebly
Pastikan Anda menyimpannya untuk melakukan perubahan pada permalinks WordPress dengan memilih tombol Save Changes.

Selanjutnya, maka Anda perlu menambahkan .html pada akhir semua URL pages atau halaman WordPress Anda.

Untuk melakukannya, maka Anda perlu bantuan plugin Add Any Extension to Pages. Silakan install plugin Add Any Extension to Pages (baca: cara install plugin WordPress) dan kemudian aktifkan.

Setelah aktif, silakan pilih menu Settings –> Add Any Extension to Pages pada admi WordPress Anda. Tambahkan .html pada plugin tersebut dan kemudian pilih “Update settings”

tambahkan html

Selanjutnya, kembali kunjungi menu Settings –> Permalinks dan kemudian simpan ulang tanpa melakukan perubahan apapun untuk mengupdate struktur permalinks WordPress. Selesai, dengan begitu maka wordpress Anda telah memiliki struktur yang sama dengan WordPress Anda.

Selesai. Mudah bukan. Kami harap posting Cara Melakukan Transfer Weebly ke WordPress ini dapat membantu Anda melakukan migrasi weebly ke wordpress secara tepat. Silakan bertanya melalui komentar yang disediakan. Semoga bermanfaat.


  • 0

Cara Perbaiki Error Halaman Blank WordPress

Category : Wordpress

Cara Perbaiki Error Halaman Blank WordPress – Jika Anda telah menggunakan WordPress dalam waktu yang cukup lama maka mungkin Anda pernah mendapatkan error halaman blank pada website WordPress Anda. Error halaman blank wordpress adalah salah satu masalah yang sangat mengganggu seperti halnya pada error establishing a database connection dan internal server error pada wordpress. Salah satu alasan mengapa error ini membuat frustasi penggunanya adalah karena Anda tidak akan dapat login di admin wordpress Anda dan tidak ada pesan kesalahan untuk error ini.

wordpress blank

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang Bagaimana memperbaiki error halaman blank wordpress dengan melihat beberapa kemungkinan solusi.

Penting: pastikan Anda melakukan backup website wordpress Anda sebelum melakukan perubahan atau perbaikan. Panduan Cara Backup WordPress Dengan dan Tanpa Plugin dapat membantu Anda.

Mengapa Anda mendapatkan Error Halaman Blank WordPress ?

Umumnya, penyebab utama error halaman wordpress blank adalah karena website Anda telah melebihi limit memory yang diberikan. Ini bisa saja terjadi karena Anda menggunakan plugin yang tidak berfungsi dengan baik atau theme wordpress yang tidak dicoding dengan benar sehingga menggunakan memory yang berlebihan. Error halaman wordpress blank juga bisa disebabkan karena masalah pada sisi server di layanan hosting Anda.

Mengingat terdapat beberapa kemungkinan penyebab error halaman wordpress blank tersebut maka tentu kita memerlukan troubleshooting untuk memperbaikinya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi masalah pada Error Halaman Blank WordPress dan solusinya:

Apakah error halaman wordpress blank juga terjadi di website lain dalam satu hosting?

Jika Anda memiliki banyak website (addon domain) dalam satu akun hosting maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek website Anda yang lainnya apakah website Anda tersebut juga mendapatkan error halaman wordpress blank. Jika website Anda mendapatkan error yang sama, maka sangat besar kemungkinan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh layanan web hosting Anda.

Namun, jika masalah tersebut terjadi hanya di salah satu website Anda, maka sangat besar kemungkinan masalah tersebut terjadi karena plugin atau theme wordpress Anda.

Naikkan Memory Limit cPanel dan .htaccess

Umumnya, error tersebut terjadi karena akun Anda telah melebihi limit memory yang diberikan pada akun cPanel Anda. Anda dapat menaikkan limit memory melalui .htacess atau juga melalui cPanel. Panduan Cara Menaikkan Limit dengan .htacess dan cPanel dapat membantu Anda.

Nonaktifkan Semua Plugin

Jika dengan menaikkan limit memory hosting tidak dapat membantu maka Anda perlu melakukan troubleshooting. Cara troubleshooting yang dapat membantu hal ini adalah dengan menonaktifkan semua plugin wordpress karena masalah ini juga sering disebabkan oleh masalah pada plugin.

Untuk menonaktifkan semua plugin, silakan login di file manager hosting dan kemudian pilih directory wp-content dan rename directory plugins ke plugins.old. Setelah itu, cobalah mengakses website Anda kembali. Jika setelah merename directory plugin website bekerja, maka penyebab masalah blank wordpress Anda karena plugin.

Solusi: rename kembali directoy plugins.old menjadi plugins untuk mengaktifkannya kembali. Setelah itu, silakan akses directory plugins dan rename satu persatu plugin Anda untuk menonaktifkannya dan melihat plugin mana yang menyebabkan masalah tersebut.

Ubah Thema WordPress ke standard

Jika dengan melakukan rename plugins masih tidak bekerja, maka cara selanjutnya adalah mengembalikan thema wordpress Anda ke standard.

Untuk melakukannya, pastikan themes wordpress standard ada dalam folder atau directory wp-content –> themes. Setelah itu, silakan masuk ke database melalui menu phpmyadmin dan kemudian pilih tabel wp_options. Setelah itu, carilah baris: template, stylesheet, dan current_theme

Pada baris tersebut, silakan isikan dengan nama theme standard atau default wordpress, misalnya: twentyeleven (sesuai dengan nama theme di wp-content –> themes).

Aktifkan Pesan Error Php

Jika kesemua cara di atas tidak bekerja, maka cara selanjutnya adalah menampilkan pesan error pada website Anda. Halaman blank wordpress umumnya muncul karena adanya kesalahan coding php atau ada file yang hilang dan jika error php diset atau diatur pada kondisi off, maka yang muncul pada website hanyalah halaman kosong.

Kita dapat memaksa memunculkan pesan error sebenarnya yang muncul dengan mengaktifkan fungsi error php. Untuk melakukanya, silakan tambahkan baris perintah berikut pada .htaccess Anda:

Atau melalui php selector jika menggunakan Niagahoster. Silakan cek panduannya mengubah php.ini melalui php selector di SINI (prosesnya sama dengan menaikkan limit, hanya saja pilih parameter display_errors).

Kami paham bahwa masalah ini dapat menyebabkan frustasi dan kami harap solusi tersebut dapat membant Anda. Jika solusi tersebut masih tidak membantu, silakan untuk menanyakan langsung ke diskusi semua permasalahan wordpress yang telah kami sediakan.

Semoga bermanfaat.

 


  • 2
mengatasi error 404 wordpress

Bagaimana Cara Mengatasi Error 404 WordPress

Category : Wordpress

Bagaimana Cara Mengatasi Error 404 WordPress – WordPress merupakan CMS yang sangat powerful. Namun, terkadang tiba-tiba website WordPress tidak dapat diakses ketika kita melakukan perubahan atau tweak dan salah satu error pada WordPress adalah website wordpress menjadi Error 404 ketika diakses. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang error 404 wordpress mulai dari penyebab dan cara mengatasi error 404 wordpress.

mengatasi error 404 wordpress

Pada bahasan sebelumnya, kami juga telah membahas permasalahan error umum pada wordpress termasuk tentang Cara Perbaiki Internal Server Error dan Establishing a Database Connection in WordPress. Selain itu, kami juga telah mengelompakkan permasalahan-permasalahan umum pada WordPress pada bahasan Error Umum WordPress dan Cara Penyelesaiannya.

Penyebab dan Pengertian Error 404 WordPress

Error 404 adalah sebuah respon atau balasan standard dari HTTP dan HTTPS yang muncul ketika klien atau pengunjung mengakses sebuah konten pada server, namun server tidak menemukan konten yang diminta oleh klien atau pengunjung tersebut.

Error 404 wordpress umumnya terjadi karena file .htaccess terhapus atau terjadi kesalahan dalam rewrite di .htaccess tersebut sehingga ketika url diakses akan mengarah ke halaman yang tidak ditemukan atau 404.

Hal yang terpenting ketika Anda mendapatkan error 404 pada website wordpress adalah JANGAN PANIK karena semua konten dan posting pada website Anda aman dan tidak hilang.

Cara Mengatasi Error 404 WordPress

Umumnya, Anda masih dapat mengakses admin WordPress ketika error 404 tersebut muncul dan bahkan halaman utama website masih dapat diakses, namun ketika mengakses URL posting akan mendapatkan error 404. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memperbaiki konfigurasi permalinks pada wordpress Anda.

Untuk itu, silakan login di admin wordpress Anda dan kemudian pilih menu Settings » Permalinks dan kemudian pilih tombol Save Changes dengan tidak melakukan perubahan pada konfigurasi tersebut.

update permalink wordpress

Update tersebut akan secara otomatis mengupdate konfigurasi permalinks dan memperbaiki konfigurasi rewrite yang ada saat ini. Dalam banyak kasus, solusi ini akan mengatasi error 404 wordpress Anda. Namun, jika solusi ini tidak dapat membantu Anda maka mungkin Anda harus mengupdate file .htaccess Anda secara manual.

Untuk mengubah file .htaccess maka Anda dapat menggunakan file manager (jika menggunakan cPanel) atau FTP. File .htaccess berada di home root directory website wordpress Anda yang lokasinya sama dengan folder wp-content dan wp-includes. Setelah Anda menemukannya, maka rename atau ubahlah file .htaccess tersebut misalnya menjadi htaccess.old dan kemudian buatlah file .htaccess kembali. Pada file .htaccess baru tersebut, isikanlah dengan konten default atau standard .htaccess WordPress berikut:

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
 RewriteEngine On
 RewriteBase /
 RewriteRule ^index\.php$ - [L]
 RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
 RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
 RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>
# END WordPress

Pastikan Anda menyimpannya dan pastikan juga nama file tersebut adalah .htaccess. Setelah itu, cobalah Anda akses kembali website Anda.

Mudah bukan, silakan share pengalaman atau bertanya tentang posting cara mengatasi error 404 wordpress melalui form komentar yang kami berikan. Kami akan membantu.


  • 0
permasalahan umum wordpress

Error Umum WordPress dan Cara Penyelesaiannya

Category : Wordpress

Error Umum WordPress dan Cara Penyelesaiannya – Meski WordPress sangatlah mudah untuk digunakan, namun tetap saja terdapat beberapa error atau kesalahan umum pada WordPress yang menyebabkan penggunanya menjadi panik. Untungnya, hampir semua error yang Anda lihat pada WordPress umumnya telah diselesaikan oleh orang lain sebelumnya. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang permasalahan Error Umum WordPress dan Cara Penyelesaiannya.

Error Umum WordPress dan Cara Penyelesaiannya

Penting: Sebelum melakukan perbaikan error pada WordPress Anda, maka pastikan Anda melakukan backup WordPress Anda secara lengkap. Panduan Cara Backup WordPress Dengan dan Tanpa Plugin dapat membantu Anda dalam melakukan backup.

1. Cara Perbaiki Internal Server Error

Internal server error wordpress

Internal Server Error atau 500 Internal Server Error mungkin adalah pesan kesalahan yang paling sering membuat para pemula kesulitan untuk menyelesaikannya.

Error ini umumnya terjadi jika ada ada yang salah pada website atau hosting Anda, namun server tidak dapat mengidentifikasi dimana kesalahan tersebut terjadi. Pesan kesalahan Internal Server Error tidak memberikan clue secara khusus sehingga kemungkinan kesalahannya akan luas.

Kami sendiri secara rinci telah membahas tentang kesalalahan Internal Server Error dan cara penyelesaiannya pada: Cara Perbaiki Internal Server Error

2. Perbaiki Establishing a Database Connection in WordPress

Pesan error ini sangat jelas bahwa website wordpress Anda tidak dapat terhubung dengan database. Namun, memperbaiki Establishing a Database Connection kadang sering menyulitkan bagi para pemula.

Umumnya, masalah ini terjadi karena Anda memasukkan detil database yang tidak valid seperti nama database, host database, username database dan password database. Kami sendiri telah membahas secara rinci kemungkinan penyebab error Establishing a Database Connection dan solusi pada bahasan kami: Cara Memperbaiki Error Establishing A Database Connection WordPress

3. Perbaiki WordPress “This site ahead contains harmful programs”

This site ahead contains harmful programs

Google akan menandai sebuah website dengan peringatan akan bahaya jika mengunjungi website tersebut jika menemukan adanya malware atau trojan di website tersebut. Umumnya, masalah tersebut terjadi (This site ahead contains harmful programs) karena website Anda dihack dan digunakan untuk menyebarkan malware.

Masalah yang lain juga bisa saja terjadi karena website Anda menampilkan iklan dari layanan yang tidak dipercaya. Layanan iklan tersebut kadang dapat menampilkan website yang memuat konten untuk menyebarkan malware.

Kami sendiri secara rinci telah membahas tentang cara membersihkan malware secara rinci pada bahasan Cara Membersihkan WordPress dari Malware dan Virus . Pada bahasan tersebut kami juga membahas tentang cara menghilangkan peringatan google “This site ahead contains harmful programs” dengan menggunakan cloudflare.

4. Error Blank Halaman WordPress (Blank WordPress)

Error ini muncul ketika website hanya menampilkan halaman kosong putih ketika diakses. Error ini seringkali membuat para pengguna WordPress frustasi karena tidak ada clue atau pesan error apapun untuk diperbaiki.

Umumnya, masalah ini disebabkan karena limit memory pada PHP. Hal ini juga bisa disebabkan karena permasalahan pada konfigurasi server atau hosting atau hal lainnya. Silakan cek panduan Cara Perbaiki Error Halaman Blank WordPress untuk menyelesaikan masalah ini.

5. Perbaiki Error WordPress Memory Exhausted

Kami sering menemukan error wordpress kehabisan memori (WordPress Memory Exhausted) ketika melakukan transfer website khususnya saat mengaktikan plugin baru dan task lainnya. Pesan error tersebut umumnya adalah sebagai berikut:

Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 2348617 bytes) in /home4/xxx/public_html/wp-includes/plugin.php on line xxx

Error Memory Exhausted pada WordPress ini sering sekali terjadi dan termasuk masalah yang umum terjadi pada WordPress.

Penyebab terjadinya Memory Exhausted karena WordPress Anda saat ini telah melebihi penggunaan memori yang dialokasikan di website wordpress Anda. Solusi hal ini adalah meningkatkan limit memori pada WordPress atau akun cPanel Anda.

Untuk melakukannya, silakan buka file wp-config.php dan tambahkan baris berikut setelah baris define(‘DB_COLLATE’, ”); :

define('WP_MEMORY_LIMIT', '512M');

Baris tersebut artinya kita mengubah limit memory WordPress menjadi 512MB.

Namun, limit tersebut akan dipengaruhi oleh limit akun cPanel Anda yang artinya jika Anda menggunakan cPanel seperti Niagahoster, maka Anda harus menyesuaikan limitnya dari cPanel dan bukan dari file wp-config.php.

Jika Anda menggunakan cPanel Niagahoster, maka Anda dapat menaikkan limit memory akun cpanel melalui menu Select Php Version –> Switch To Php Options.

Pilih Versi Php cpanel

ubah ke opsi php

Selanjutnya, pilih opsi memory_limit dan ubahlah sesuai kebutuhan.

ubah memory limit
Penting: Anda juga dapat mengubah limit php lainnya seperti maksimal upload dan execution time melalui menu tersebut.

6. Error Maximum Execution Time Exceeded WordPress

WordPress dibuat dengan menggunakan pemograman PHP. Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan, maka terdapat beberapa batasan yang diatur pada script PHP terkait dengan waktu atau lamanya script php tersebut dapat dijalankan.

Beberapa layanan web hosting memberikan limit atau batasan terkait dengan lamanya atau maksimal waktu yang dapat digunakan oleh PHP untuk melakukan eksekusi sehingga ketika sebuah script melebihi limit waktu yang diberikan saat dijalankan, maka error maximum execution time exceeded akan muncul.

Solusi

Solusi untuk error maximum execution time exceeded adalah menaikkan limit max_execution_time. Anda dapat meningkatkan limit php dengan menambahkan baris perintah berikut pada file .htaccess:

php_value max_execution_time 300

Jika Anda menggunakan Hosting Niagahoster, maka Anda akan dengan mudah melakukannya melalui menu cPanel –> Select Php Version –> Switch To Php Options:

maksimal waktu eksekusi php

7. Thumbnail dan Gambar tidak Tampil di Facebook

Author share facebook

Terdapat banyak alasan yang menyebabkan mengapa facebook salah mengambil thumbnail atau bahkan tidak menampilkan gambar dari website wordpress ketika di share di facebook. Umumnya, masalah tersebut terjadi karena adanya banyak gambar pada website Anda dan tag og:image tidak dioptimasi dengan baik atau gambar Anda terlalu kecil untuk ditampilkan.

Facebook menggunakan tags Open Graph atau biasa disebut dengan og. Dengan menggunakan bantuan plugin WordPress SEO Yoast, maka Anda dapat memperbaiki hal ini.

Kami telah membahas secara rinci penyebab mengapa Thumbnail dan Gambar tidak tampil di Facebook dan solusinya pada bahasan Menampilkan Gambar dan Deskripsi Share Facebook.

8. Error Posting Terjadwal WordPress (Schedule Posts)

gagal posting terjadwal

WordPress telah dilengkapi dengan fitur posting terjadwal pada waktu tertentu. Fitur ini sangatlah penting bagi para blogger khususnya yang sedang melakukan liburan, melakukan posting sesuai dengan zona waktu para pembaca website dan lain-lain.

Kami telah membahas tentang pentingnya melakukan posting terjadwal serta cara melakukannya pada bahasan kami Cara Menjadwalkan Posting Artikel di WordPress.

Salah satu penyebab utama mengapa WordPress gagal melakukan posting terjadwal adalah karena konfigurasi server atau hosting yang Anda gunakan tidak dapat kompitabel dengan WordPress Anda. Masalah lainnya adalah adanya crash atau tidak kompitabelnya website WordPress Anda dengan salah satu plugin atau theme yang Anda gunakan.

Solusi untuk memperbaiki WordPress yang gagal melakukan posting terjadwal (schedule posts) adalah dengan menginstal dan mengaktifkan plugin WP Missed Schedule. Plugin WP Missed Schedule ini tidak tersedia di directory wordpress.org dan hanya tersedia di Github sehingga Anda harus menginstalnya secara manual dengan meng-uploadnya pada menu Plugins –> Add New –> Upload Plugin:

install plugin manual

Plugin WP Missed Schedule akan melakukan pengecekan semua posting terjadwal yang gagal diposting di wordpress Anda. Jika ditemukannya, maka plugin tersebut akan mempostingnya dengan benar. Untuk menghemat resource pada server, plugin ini melakukan pengecekan pada WordPress Anda setiap 5 menit sekali dan mempostingnya maksimal 5 posts dalam sekali posting.

9. Cara Memperbaiki Error 404 WordPress

error 404 wordpress

Salah satu tanda error 404 adalah ketika mengakses halaman posting atau page WordPress, Anda akan mendpatkan balikan halaman Error 404 – halaman tidak ditemukan atau page not found.

Pemilik website masih dapat mengakses menu-menu lain termasuk halaman admin WordPress. Umumnya, masalah ini terjadi karena permalinks dan kesalahan pada rewrite .htaccess. Solusi hal ini adalah mengupdate konfigurasi permalink atau memperbaiki rule .htaccess secara manual. Bahasan tentang Cara Mengatasi Error 404 WordPress dapat membantu Anda menyelesaikan masalah ini.