Category Archives: Mail server

  • 4
email bisnis nama domain

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis Selamanya

Category : Mail server

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis Selamanya –  Google telah menghentikan layanan email gratis dengan domain sendiri sejak lama dan Microsoft pun juga melakukan hal yang sama (menghentikan layanan email dengan domain sendiri gratis). Hal inilah yang membuat kami mencoba mencari solusi membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya dan tentu yang reliable.

Terdapat beberapa layanan email yang memiliki kualitas yang sama seperti dengan Gmail dan Outlook dan salah satunya adalah Yandex.

Yandex adalah perusahaan yang berpusat di Rusia yang telah memiliki banyak layanan termasuk Email. Yandex sendiri didirikan pada tahuan 1997 dan saat ini kebanyakan orang mengenalnya sebagai Google Rusia. Hal ini karena memang Google sendiri kalah bersaing dengan mesin pencari Yandex untuk negara Rusia.

Saat ini, email gratis Yandex telah tersedia dalam bahasa Inggris dan salah satu website kami (WPblog) menggunakan Yandex untuk mail servicenya dan sejauhnya kami tidak pernah menemukan adanya masalah sama sekali.

Hebatnya lagi, Yandex saat ini memberikan 1000 akun email gratis untuk setiap domainnya. Ini tentu sangat cukup untuk sebuah perusahaan yang memiliki banyak staff atau karyawan dan ingin membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya atau membuat email @nama perusahaan gratis.

Pada panduan ini, kami akan membahas tentang  bagaimana membuat email domain sendiri dengan menggunakan Yandex. Panduan ini juga dapat digunakan untuk membuat email domain sendiri tanpa hosting karena prisipnya, email Anda akan dihostingkan di Yandex.

Kelebihan Membuat Email @nama Perusahaan Gratis Yandex

Yandex adalah perusahaan yang terkemuka di Rusia dan saat ini telah memiliki pengguna email hingga puluhan juta users sehingga tidak diragukan lagi untuk kualitas dan kredibilitasnya.

Dengan Yandex, maka Anda dapat membuat 1000 akun email dengan @nama perusahaan secara gratis

Kelemahan Yandex

Satu-satunya kelemahan dari Yandex adalah karena berbasis di Rusia, maka Anda harus setuju dengan TOS mereka. Silakan cek dan review TOS Yandex jika Anda ragu dengan hal ini.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis Yandex

Untuk memulai Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis di Yandex maka Anda harus membuat akun terlebih dahulu di Yandex. Untuk membuat akun, silakan mendaftar langsung ke: http://mail.yandex.com/. Akun yang Anda gunakan inilah nantinya akan menjadi admin untuk semua email dengan nama domain sendiri di yandex sehingga untuk menambah email, hapus email dan lain-lain harus dari akun ini.

Proses pendaftaran dalam bahasa Inggris dan sangat mudah. Setelah membuat akun Yandex, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan domain Anda di yandex. Anda dapat menambahkan domain Anda di Yandex melalui URL: https://domain.yandex.com

Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memverifikasi kepemilkan domain Anda. Yandex akan memberikan tiga (3) pilihan untuk verifikasi kepemilikan domain yaitu melalui upload file di home root atau pulic_html, update cname dan update kontak address domain Anda. Pada contoh ini, kami akan menggunakan metode upload file yang diberikan yandex di home direktori domain kami:

cara verifikasi domain yandex

Pada contoh di atas, kami harus membuat file dengan nama aa2daa26a114.html di public_html dan isi file tersebut adalah text fdf02de26c0b. File tersebut harus berada di direktori root website jadi nantinya url tersebut dapat diakses melalu idsysadmin.com/aa2daa26a114.html

isi file

Setelah itu, silakan klik Verify Domain Ownership

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menambahkan MX yandex pada domain Anda. Jika Anda menggunakan cPanel, maka hal ini dapat dilakukan melalui menu MX Entry di cPanel. Isikan cname yang diminta oleh Yandex yaitu mx.yandex.net untuk hostnya dan set priority ke 10.

mx-entry-cpanel

Ubah mx record ke Yandex.

ubah mx yandex cpanel

Pastikan Anda menghapus mx lain selain mx yandex. Selanjutnya, silakan klik Verify MX records untuk melakukan verifikasi MX.

verify mx record yandex

Selanjutnya, Anda akan diminta membuat akun email dengan nama domain Anda.

buat akun email yandex

Selesai. Sekarang email Anda telah berhasil dibuat dengan nama domain Anda. Anda dapat menambahkan akun email baru melalui menu Add mailbox di panel yandex Anda:

tambah akun email yandex

Untuk mengakses email yandex Anda, maka Anda dapat menggunakan url mail.yandex.com dan gunnakan nama email dengan domain Anda (misal: [email protected]) serta passwordnya.

Cara Mengakses Login Email Yandex dengan Domain Sendiri

Layaknya seperti google apps pada gmail di mana para pemilik akun google apps gmail termasuk email dengan menggunakan domain sendiri dapat mengakses emailnya dengan menggunakan url www.gmail.com dan juga menggunakan domain sendiri dengan beberapa konfigurasi. Yandex-pun memiliki fungsi yang sama yaitu mengakses halaman email dengan melalui url yandex (mail.yandex.com) atau juga melalui domain sendiri.

Untuk dapat melakukanya, silakan login di DNS management domain Anda tambahkan cname mail.domain Anda dan mengarahkannya ke domain.mail.yandex.net

manambahkan cname yandex

Setelah itu, Anda akan dapat mengakses email domain sendiri dengan yandex melalui url mail.domainanda.com atau dalam kasus ini dapat mengakses melalui mail.wpblog.id.

Mudah bukan. Dengan begitu, maka Anda telah berhasil membuat email domain sendiri tanpa hosting yang sangat reliable dan gratis. Silakan melakukan share pengalaman Anda terkait dengan email atau bertanya melalui form komentar yang kami sediakan.


  • 0
Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo Tanpa SSH

Category : Mail server

Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo Tanpa SSH – Salah satu keunggulan dari Webuzo adalah kemudahan dalam penggunaannya termasuk untuk mengaktifkan fitur SPF dan DKIM yang sangat penting untuk konfigurasi email agar tidak masuk ke kotak spam. Aktivasi SPF dan DKIM serta DMARC di Webuzo sangat mudah semudah Anda melakukannya pada cPanel. Bahkan hingga artikel ini dirilis, aktivasi DMARC di cPanel masih belum dapat dilakukan.

Pastikan untuk mengecek pembahasan kami tentang webuzo di SINI. Kami membahas tentang webuzo dimulai dari pengertian hingga tata cara penggunaannya secara jelas dan step by step.

Pengertian SPF dan DKIM

Sender Policy Framework atau SPF adalah salah satu cara validasi email yang memungkin bagi penerima email (email tujuan) untuk melakukan validasi apakah email yang dikirimkan tersebut berasal dari server yang telah diotorisasi oleh domain yang mengirimkan email tersebut atau tidak.

Sedangkan DomainKeys Identified Mail atau DKIM adalah cara validasi email yang dikirimkan dengan memastikan header dan isi email tersebut tidak diubah atau dimodifikasi ditengah jalan. DKIM melakukan validasi dengan mengirimkan digital signature pada email yang dikirimkan yang nantinya dapat divalidasi oleh penerima email tersebut dengan melakukan pengecekan di public DNS.

Untuk memudahkan dalam penjelasannya maka SPF diibaratkan dengan validasi amplop email saja tanpa melakukan validasi dari header dan isi email tersebut sehingga jika alamat dan server pengirim email valid, maka email akan diterima. Sedangkan DKIM melakukan validasi email dengan cara memvalidasi amplop email (domain dan server pengirim) dan juga header serta konten atau isi email tersebut.

Mengapa SPF dan DKIM Dibutuhkan?

Tujuan utama mengapa perlu mengaktifkan SPF dan DKIM pada domain Anda adalah agar semua email yang Anda kirimkan dapat di-validasi oleh penerimanya sehingga penerima tersebut tidak mem-filter email Anda sebagai SPAM atau JUNK karena penerima email Anda dapat mem-validasi sumber server yang mengirimkan email tersebut dan telah diotorisasi oleh domain Anda.

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo

SPF, DKIM serta DMARC dapat diaktifkan dengan mudah pada webuzo ketika Anda melakukan Addon Domain. Silakan pilih menu Addon Domain di Panel Webuzo dan kemudian pastikan Mail Validation records tercentang. Secara default, fitur tersebut sudah ter-centang pada Webuzo.

Addon Domain Webuzo

Cara Akrifkan DKIM dan SPF Webuzo

Dengan begitu, maka fitur SPF, DKIM dan DMARC secara otomatis aktif pada domain yang Anda lakukan Addon.

Untuk domain utama pada webuzo, maka SPF, DKIM dan DMARC dapat diaktifkan dengan menggunakan tips berikut yaitu mengubah nama domain utama Anda. Silakan akses Control Panel Webuzo >> Webuzo Config:

Ubah domain utama webuzo

Setelah itu, silakan kembali ke menu Manage Domain webuzo Anda dan kemudian hapuslah nama domain utama Anda tadi dan tambahkan kembali domain utama tadi sebagai addon. Domain utama yang kita ubah tadi akan berubah statusnya menjadi Primary dan domain utama kita menjadi Parked sehingga dapat dihapus.

Hapus Domain Utama

Selanjutnya, lakukan Addon kembali dan pastikan SPF, DKIM dan DMARC tercentang.

addon ulang domain utam

Selesai, dengan begitu maka SPF, DKIM dan DMARC telah aktif pada domain utama tersebut. Untuk memastikannya, silakan akses menu DNS Zone Settings. Dari menu tersebut maka akan terlihat konfigurasi SPF, DKIM dan DMARC telah ditambahkan.

DNS Zone Settings

Jika telah berhasil, maka Anda akan melihat record SPF, DKIM dan DMARC telah ditambahkan di DNS Zone Settngs Anda:

Validasi SPF dan DKIM di DNS Settings

Mudah bukan? Kami harap panduan Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo Tanpa SSH akan bermanfaat dan membantu. Silakan share pengalaman Anda dalam mengaktifkan DKIM, SPF serta menggunakan webuzo di VPS Anda atau bertanya melalui form komentar yang telah disediakan. Kami akan membantu sebaik mungkin.

 


  • 2
smtp gmail wordpress

Bagaimana Mengirimkan Email dengan SMTP Gmail (Cara 1)

Bagaimana Mengirimkan Email dengan SMTP Gmail – Apakah Anda pernah mengalami masalah saat mengirimkan email melalui website Anda dengan menggunakan WordPress? misalnya email Anda masuk spam karena reputasi server email hosting Anda yang buruk (baca: Mengubah Email Default WordPress hingga akhir untuk saran reputasi email yang baik). Salah satu cara termudah untuk menyelesaikannya adalah dengan mengirimkan email melalui SMTP Gmail.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan bagaimana mengirimkan email dengan SMTP Gmail melalui WordPress. Metode atau cara pertama ini cukup rumit karena menggunakan API dan cara ini adalah cara paling aman atau secure dan direkomendasikan oleh google. Jika Anda mengikuti tahapannya dengan benar, kami pastikan akan berhasil.  Kami akan membahas cara atau metode dengan auth password gmail di tutorial selanjutnya.

Update: Kami telah merilis Mengirimkan Email dengan SMTP Gmail dengan menggunakan metode ke dua (2) dengan menggunakan password gmail dan tentu cara ini lebih mudah. Namun, ada kemungkinan Gmail akan menghentikannya karena alasan keamanan. Silakan lihat Tutorial Mengirimkan Email dengan SMTP Gmail dengan Password.

Mengapa dan Kapan membutuhkan Email dengan SMTP Gmail?

Website wordpress Anda akan mengirimkan email untuk memberitahu pendaftaran user baru, reset password, update otomatis dan semua pemberitahuan melalui kontak form wordpress Anda.

Secara standard, wordpress akan menggunakan fungsi dari PHP mail untuk mengirimkan email pemberitahuan tersebut. Namun fungsi PHP mail ini seringkali tidak bekerja sesuai harapan kita karena beberapa alasan.
Kebanyakan layanan perusahaan webhosting melarang penggunaan fungsi php mail tersebut secara berlebihan untuk menghindari penyalahgunaan dan spam. Selain itu, umumnya layanan email akan mengecek semua email yang masuk apakah email tersebut berasal dari server dengan melakukan auth atau tidak dan umumnya php mail dari wordpress tidak melakukan auth ke server sehingga akan dimasukkan ke dalam kotak spam.

Dengan menggunakan SMTP maka secara otomatis email Anda akan di auth terlebih dahulu sehingga kepastian email tersebut akan sampai ketujuan akan lebih besar jika dibandingkan dengan fungsi PHP mail sederhana.

Cara Kirim Email dengan SMTP Gmail?

Ada beberapa cara untuk melakukannya, namun pada panduan kali ini kami hanya akan memberikan panduan dengan menggunakan OAuth Protocol karena metode Auth dengan alamat dan password gmail sangatlah tidak aman dan besar kemungkinan akan segera dihentikan oleh google.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Gmail SMTP. Setelah plugin tersebut terinstal dan aktif, silakan akses admin wordpress Anda dan pilih Settings » Gmail SMTP untuk melakukan konfigurasi.

smtp gmail plugin
Anda akan menemukan pemberitahuan bahwa Anda harus membuat sebuah aplikasi web dengan akun gmail Anda untuk membuat API keys. API key ini nantinyalah yang akan digunakan untuk melakukan authentifikasi Gmail ke website Anda.

Membuat APP dan API Keys Gmail

Pertama, Anda harus melakukan klik pada link Web Application di plugin tersebut untuk membuat app. Link tersebut akan membawa Anda ke halaman Google Developers Console. Anda harus login dengan akun gmail Anda. Setelah Anda login, maka sebuah project baru akan dibuat untuk Anda dan API Gmail telah diaktifkan didalamnya.

google api
Klik pada tombol “go to credentials” untuk melanjutkan.

Di halaman selanjutnya maka Anda akan ditanya dimana Anda akan memanggil API tersebut? Anda harus memilih Web Browser (Javascript) pada menu tersebut. Pada menu “What data will you be accessing?”, silakan pilih User Data.

pilih jenis web app

Setelah itu klik “What credentials do I need?” untuk melanjutkan.

Wizard Gmail API akan meminta Anda untuk memasukkan URL website untuk melakukan otorisasi penggunaan API ini. Pada “Authorized JavaScript origins” maka Anda harus memasukkan URL website Anda.

Pada “Authorized redirect URIs”, maka Anda harus mem-pastekan url yang ada pada kolom “Authorized redirect URIs” di plugin Gmail SMTP yang ada di wordpress Anda.

smtp gmail plugin

Link Authorized redirect URL

Selanjutnya, klik pada tombol “Create client ID” untuk melanjutkan.

Anda akan dibawa ke halaman setup OAuth. Silakan piliih alamat emal dan masukkan nama app untuk mengakses akun Gmail Anda. Dalam kasus ini, kami sarankan untuk menggunakan nama dari website Anda.

detil SMTP
Setelah selesai, silakan klik tombol “Continue” untuk melanjutkan. Anda telah berhasil melakukan setup API Gmail dengan OAuth. Selanjutnya, Anda harus mengklik tombol Done.

tombol selesai
Selanjutnya maka Anda akan dapat melihat daftar dari client (apps) yang telah sukses Anda but. Klik pada nama Project atau apps yang telah Anda buat untuk melanjutkan.

create api

Di halaman selanjutnya, maka Anda akan dapat melihat client ID dan Client Secret keys.

screet key gmail
Copy dan paste keys serta client id tersebut ke plugin Gmail SMTP di wordpress Anda.

screet key plugin
Setelah itu, lengkapi form sisanya pada menu plugin tersebut. Anda harus memasukkan alamat gmail di kolom OAuth Email Address dan and From Email Address. Anda dapat memasukkan nama website Anda di kolom “From Name”.

Selanjtunya, pilih menu TLS untuk enskripsi dan gunakan port 587 untuk port. Terakhir, klik tombol Save Changes.
Setelah konfigurasi tesrebut, akses kembali atau reload halaman konfigurasi Gmail SMTP tersebut. Scrool down ke bawah dan klik tombol Grant Permission.

grantpermission

Selanjutnya, anda akan dibawa ke halaman akun google Anda dimana Anda akan diminta memberikan akses atau permission untuk mengakes akun Gmail Anda. Klik tombol Allow untuk melanjutkan.

Setelah selesai, Anda akan dibawa kembali ke halaman Gmail SMTP di wordpress Anda. Anda akan melihat logo hijau pada SMTP status di plugin tersebut.
connected smtp gmail
Selesai. Anda telah berhasil melakukan setup dengan menggunakan SMTP Gmail. Selanjutnya, silakan melakukan test melalui menu plugin tersebut.

Trouble Shot

Jika cara tersebut telah dilakukan dengan benar dan masih belum bekerja, maka umumnya masalah tersebut terjadi karena adanya masalah antara server dimana website Anda dihostingkan dengan gmail. Untuk memastikannya, maka buatlah script php sederhana seperti pada bahasan kami di: Cara Cek Port Melalui Script PHP . Pada script tersebut, silakan ubah hostnnya ke smtp.gmail.com dan port untuk ceknya adalah 465.

Semoga bermanfaat dan silakan share pengalaman atau bertanya dengan melalui form komentar yang kami sediakan.


  • 2
mail wordpress

Mengubah Email Default WordPress

Mengubah Email Default WordPress – Secara default, wordpress akan menggunakan email [email protected] untuk mengirimkan email seperti pada email notifikasi saat komentar dikirimkan, notifikasi update dan email-email standard wordpress lainnya. Hal ini tentu tidaklah baik karena jika pengunjung atau orang yang mendapatkan email tersebut membalasnya, maka tentu email tersebut tidak Anda terima karena email pengirim tersebut sebenarnya tidak atau belum pernah Anda buat.

Mengapa Harus Mengubah Email Default WordPress?

Salah satu alasan mengapa Anda harus mengubah email default wordpress adalah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya agar ketika orang yang mendapatkan email tersebut membalasnya, maka Anda akan mendapatkan balasan email tersebut. Selain itu, hal ini juga sangat bermanfaat agar email tersebut tidak masuk ke dalam kotak spam penerima Anda karena dianggap sebagai email yang tidak valid.

Bagaimana Mengubah Email Default WordPress ?

Untuk mengubahnya, maka Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan menggunakan bantuan plugin WP Change Default From Email. Setelah plugin tersebut terinstal di wordpress Anda, silakan pilih menu Settings >> Change From Email:

change from email
Masukkan detil Anda dengan benar dan setelah itu, pastikan email yang anda gunakan valid atau benar-benar ada agar dapat menerima email ketika ada yang membalasnya.

Tips: Memilih Hosting Indonesia dengan Reputasi Email yang Baik

Email adalah salah satu jantung komunikasi di internet dan merupakan salah satu media utama yang digunakan untuk komunikasi termasuk untuk penjualan dan menunjang kinerja. Untuk itu, jika email Anda masuk ke dalam kotak spam ke email penerima karena reputasi server email yang buruk, maka sudah barang tentu akan menjadi masalah yang besar.

Untuk itu, kami menyarankan agar Anda menggunakan layanan web hosting yang kredibel untuk masalah ini dan sangat disarankan menggunakan layanan Hosting dari Niagahoster karena Niagahoster telah bekerjasama dengan spam expert sehingga semua email yang dikirimkan oleh Niagahoster akan di filter oleh spam expert untuk mencegah terjadinya spamming sehingga dapat dipastikan server email Niagahoster memiliki reputasi yang sangat baik sehingga email Anda tidak masuk spam.

Semoga bermanfaat dan Happy Blogging!!!