Category Archives: Mail server

contoh alamat email perusahaan

Cara Setting Email Perusahaan di Android

Last updated on

Category : Mail server

Setelah membuat website, hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan para pemilik bisnis adalah membuat email profesional sesuai dengan alamat bisnis website mereka.

Alamat email profesional akan membantu meningkatkan kepercayaan (trust) dalam berkomunikasi dengan partner dan kustomer Anda. read more


email bisnis nama domain

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis Selamanya

Last updated on

Category : Mail server

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis Selamanya –  Google telah menghentikan cara membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya yang ada pada google apps sejak lama dan Microsoft pun juga melakukan hal yang sama (menghentikan layanan email dengan domain sendiri gratis). Hal inilah yang membuat kami mencoba mencari solusi membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya dan tentu yang reliable.
=&0=&

Sender Policy Framework atau SPF adalah sebuah record dns yang berfungsi untuk memastikan bahwa email tersebut dikirimkan dari alamat email dengan domain yang sah. Dengan menambahkan recod dns spf maka akan dapat memastikan email yang kita kirimkan tidak masuk kotak spam. read more


Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo Tanpa SSH

Last updated on

Category : Mail server

Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo Tanpa SSH – Salah satu keunggulan dari Webuzo adalah kemudahan dalam penggunaannya termasuk untuk mengaktifkan fitur SPF dan DKIM yang sangat penting untuk konfigurasi email agar tidak masuk ke kotak spam. Aktivasi SPF dan DKIM serta DMARC di Webuzo sangat mudah semudah Anda melakukannya pada cPanel. Bahkan hingga artikel ini dirilis, aktivasi DMARC di cPanel masih belum dapat dilakukan.

Pastikan untuk mengecek pembahasan kami tentang webuzo di SINI. Kami membahas tentang webuzo dimulai dari pengertian hingga tata cara penggunaannya secara jelas dan step by step.

Pengertian SPF dan DKIM

Sender Policy Framework atau SPF adalah salah satu cara validasi email yang memungkin bagi penerima email (email tujuan) untuk melakukan validasi apakah email yang dikirimkan tersebut berasal dari server yang telah diotorisasi oleh domain yang mengirimkan email tersebut atau tidak.

Sedangkan DomainKeys Identified Mail atau DKIM adalah cara validasi email yang dikirimkan dengan memastikan header dan isi email tersebut tidak diubah atau dimodifikasi ditengah jalan. DKIM melakukan validasi dengan mengirimkan digital signature pada email yang dikirimkan yang nantinya dapat divalidasi oleh penerima email tersebut dengan melakukan pengecekan di public DNS.

Untuk memudahkan dalam penjelasannya maka SPF diibaratkan dengan validasi amplop email saja tanpa melakukan validasi dari header dan isi email tersebut sehingga jika alamat dan server pengirim email valid, maka email akan diterima. Sedangkan DKIM melakukan validasi email dengan cara memvalidasi amplop email (domain dan server pengirim) dan juga header serta konten atau isi email tersebut.

Mengapa SPF dan DKIM Dibutuhkan?

Tujuan utama mengapa perlu mengaktifkan SPF dan DKIM pada domain Anda adalah agar semua email yang Anda kirimkan dapat di-validasi oleh penerimanya sehingga penerima tersebut tidak mem-filter email Anda sebagai SPAM atau JUNK karena penerima email Anda dapat mem-validasi sumber server yang mengirimkan email tersebut dan telah diotorisasi oleh domain Anda.

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo

SPF, DKIM serta DMARC dapat diaktifkan dengan mudah pada webuzo ketika Anda melakukan Addon Domain. Silakan pilih menu Addon Domain di Panel Webuzo dan kemudian pastikan Mail Validation records tercentang. Secara default, fitur tersebut sudah ter-centang pada Webuzo.

Addon Domain Webuzo

Cara Akrifkan DKIM dan SPF Webuzo

Dengan begitu, maka fitur SPF, DKIM dan DMARC secara otomatis aktif pada domain yang Anda lakukan Addon.

Untuk domain utama pada webuzo, maka SPF, DKIM dan DMARC dapat diaktifkan dengan menggunakan tips berikut yaitu mengubah nama domain utama Anda. Silakan akses Control Panel Webuzo >> Webuzo Config:

Ubah domain utama webuzo

Setelah itu, silakan kembali ke menu Manage Domain webuzo Anda dan kemudian hapuslah nama domain utama Anda tadi dan tambahkan kembali domain utama tadi sebagai addon. Domain utama yang kita ubah tadi akan berubah statusnya menjadi Primary dan domain utama kita menjadi Parked sehingga dapat dihapus.

Hapus Domain Utama

Selanjutnya, lakukan Addon kembali dan pastikan SPF, DKIM dan DMARC tercentang.

addon ulang domain utam

Selesai, dengan begitu maka SPF, DKIM dan DMARC telah aktif pada domain utama tersebut. Untuk memastikannya, silakan akses menu DNS Zone Settings. Dari menu tersebut maka akan terlihat konfigurasi SPF, DKIM dan DMARC telah ditambahkan.

DNS Zone Settings

Jika telah berhasil, maka Anda akan melihat record SPF, DKIM dan DMARC telah ditambahkan di DNS Zone Settngs Anda:

Validasi SPF dan DKIM di DNS Settings

Mudah bukan? Kami harap panduan Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM Webuzo Tanpa SSH akan bermanfaat dan membantu. Silakan share pengalaman Anda dalam mengaktifkan DKIM, SPF serta menggunakan webuzo di VPS Anda atau bertanya melalui form komentar yang telah disediakan. Kami akan membantu sebaik mungkin.

 


smtp gmail wordpress

Bagaimana Mengirimkan Email dengan SMTP Gmail (Cara 1)

Last updated on

Bagaimana Mengirimkan Email dengan SMTP Gmail – Apakah Anda pernah mengalami masalah saat mengirimkan email melalui website Anda dengan menggunakan WordPress? misalnya email Anda masuk spam karena reputasi server email hosting Anda yang buruk (baca: Mengubah Email Default WordPress hingga akhir untuk saran reputasi email yang baik). Salah satu cara termudah untuk menyelesaikannya adalah dengan mengirimkan email melalui SMTP Gmail.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan bagaimana mengirimkan email dengan SMTP Gmail melalui WordPress. Metode atau cara pertama ini cukup rumit karena menggunakan API dan cara ini adalah cara paling aman atau secure dan direkomendasikan oleh google. Jika Anda mengikuti tahapannya dengan benar, kami pastikan akan berhasil.  Kami akan membahas cara atau metode dengan auth password gmail di tutorial selanjutnya.

Update: Kami telah merilis Mengirimkan Email dengan SMTP Gmail dengan menggunakan metode ke dua (2) dengan menggunakan password gmail dan tentu cara ini lebih mudah. Namun, ada kemungkinan Gmail akan menghentikannya karena alasan keamanan. Silakan lihat Tutorial Mengirimkan Email dengan SMTP Gmail dengan Password.

Mengapa dan Kapan membutuhkan Email dengan SMTP Gmail? read more