Category Archives: WHM dan Free Panel

Cara Install CyberPanel di Centos 7

Last updated on

Cara Install CyberPanel di Centos 7 – Cyberpanel adalah kontrol panel hosting/vps gratis dan berbayar yang dikembangkan oleh OpenLiteSpeed (versi gratis dari LiteSpeed).

CyberPanel dirancang sebagai kontrol panel yang mudah digunakan, aman, cepat dan handal. read more


Cara Install WordPress di VestaCP

Last updated on

Cara Install WordPress di VestaCP.¬†Meski telah tersedia auto installer dari softaculous untuk VestaCP, tetapi hanya pada versi softaculous berbayar saja kita dapat menginstal wordpress. Lisensi softaculous sendiri adalah 2 usd/bulan sehingga kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan softaculous karena berbayar ūüôā . read more


Cara Backup dan Restore Database MySQL

Last updated on

database-mysql

Cara Backup dan Restore Database MySQL –¬†Database MySQL adalah¬†sistem manajemen database (pusat data) mysql yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Beberapa CMS populer yang ada saat ini seperti WordPress, Joomla, Prestashop dan lain-lain menggunakan Database MySQL sebagai sistem penyimpanan data mereka.

Benar. Sesuai dengan judul, pada artikel ini kami akan membahas tentang Cara Backup dan Restore Database MySQL sehingga kami harapkan dapat membantu Anda dalam mengelola database Anda.

Ada banyak cara untuk melakukan backup dan restore database mysql, namun pada bahasan ini kami hanya akan membahas cara melakukan backup dan restore database mysql yang paling banyak dan mudah dilakukan yaitu melalui Backup dan Restore cPanel, Export dan Import melalui PhpMyAdmin dan Backup dan Restore melalui SSH (command line).

Cara Backup dan Restore Database MySQL cPanel

Jika Anda menggunakan cPanel maka Anda dapat melakukan backup dan restore MySQL dengan mudah dengan menggunakan fitur backup dan restore di cPanel.

Cara Backup Database MySQL cPanel

Untuk melakukan backup database mysql di cPanel maka silakan akses menu “Backup Wizard” di cPanel Anda:

backup-wizard-cpanel

Selanjutnya, silakan pilih menu Backup >> Select Partial Backup >> MySQL Databases

menu-backup

Cara Backup dan Restore Database MySQL

Selanjutnya, Anda akan melihat daftar backup mysql di cPanel Anda. Silakan klik pada mysql Anda tersebut untuk men-downloadnya di PC atau komputer lokal Anda. Dalam contoh ini, kami membackup database idsysadm_admin.

Download Backup MySQL

Cara Restore Database MySQL cPanel read more


Akses PhpMyAdmin Tanpa Login cPanel

Cara Akses PhpMyAdmin Tanpa Login cPanel

Last updated on

Tags :

Akses PhpMyAdmin Tanpa Login cPanel

Cara Akses PhpMyAdmin Tanpa Login cPanel РPanduan pada artikel ini akan membantu Anda untuk mengakses database di cPanel tanpa harus login terlebih dahulu di akun cPanel Anda. Cara ini akan diperlukan atau berguna jika Anda ingin memberikan akses login database mysql Anda ke tim atau developer Anda, tetapi Anda tidak ingin memberikan akses login cPanel. Normalnya, untuk dapat mengakses database melalui PhpMyAdmin maka diperlukan atau harus login cPanel terlebih dahulu.

Sebagai informasi, URL untuk mengakses PhpMyAdmin di cPanel dapat diakses melalui URL domain Anda seperti pada:

Namun, ketika Anda mengakses URL tersebut maka Anda akan diminta untuk login cPanel terlebih dahulu.

Cara Akses PhpMyAdmin Tanpa Login cPanel

Untuk dapat mengakses Database tanpa harus login di cPanel maka Anda harus menginstal PhpMyAdmin di cPanel Anda. Untuk menginstalnya sangatlah mudah. Berikut panduannya:

1. Download versi PhpMyAdmin terbaru di SINI. Versi PhpMyAdmin terbaru saat ini kami merilis artikel ini adalah phpMyAdmin 4.6.4 sehingga kami mendownload file phpMyAdmin-4.6.4-all-languages.tar.gz.

2. Upload dan ekstraklah file PhyMyAdmin dengan format tar.gz tersebut di public_html Anda agar dapat diakses secara public.

Ekstrak Melalui cPanel

3. Ubahlah nama folder tersebut agar lebih mudah diingat misalnya dengan PhpMyAdmin.

rename-phpmyadmin

Selesai. Selanjutnya, Anda akan dapat mengakses PhpMyAdmin dengan melalui URL website Anda. Misalnya, jika Anda mengubah nama folder PhpMyAdmin tadi dengan PhpMyAdmin maka Anda dapat mengakses website Anda dengan URL:

Cara Test Akses PhpMyAdmin Tanpa Login cPanel

Untuk memastikan PhpMyAdmin yang Anda buat tersebut bekerja atau tidak maka Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara membuat user dan database melalui cPanel dan kemudian login dengan detil tersebut. Caranya:

1. Login di cPanel Anda dan kemudian buatlah user dan database di menu Database cPanel.

membuat-database

2. Pastikan Anda telah memberikan hak akses atau privilege user ke database yang Anda buat tersebut.

hak-akses

3. Langkah terakhir, silakan akses halaman PhpMyAdmin Anda http://domainanda.com/PhpMyAdmin dan kemudian gunakan login database tersebut untuk login.

login-phpmyadmin

Mudah bukan? Dengan begitu maka Anda dapat memberikan akses database MySQL ke developer atau tim Anda dengan tanpa harus login di cPanel.

Silakan memberikan bertanya melalui kolom komentar jika mengalami kesulitan. Kami akan mencoba memberikan solusi untuk Anda.