Category Archives: Tutorial Umum

  • 0
login wordpress secure

Cara Memasang SSL Gratis Cloudflare Selamanya

Cara Memasang SSL Gratis Cloudflare – Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa Google telah mengumumkan bahwa HTTPS atau SSL akan diperhitungkan sebagai salah satu penentu hasil pencarian atau SERP di mesin pencari mereka. Artinya, jika Anda menggunakan HTTPS maka hal tersebut akan dapat meningkatkan rangking atau peringkat website Anda di hasil pencarian Google. Kami menyarankan agar Anda mengecek pembahasan kami tentang Penjelasan SSL atau HTTPS dan Fungsinya.

Sebelumnya, untuk mendapatkan SSL dan mengubah website menjadi HTTPS adalah hal yang sulit dilakukan dan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Namun, saat ini telah tersedia banyak SSL gratis dan reliable yang dapat digunakan sepertinya halnya SSL gratis dari cloudflare. Selain itu, kami juga telah membahas tentang Panduan Mendapatkan SSL Gratis dan Instalasinya jika Anda menggunakan cPanel.

Pada artikel ini, kami akan membahas secara rinci untuk mendapatkan dan menggunakan SSL gratis dari Cloudflare. Kami sangat menyarankan untuk membaca pembahasan kami tentang cloudflare berikut untuk memastikan Anda paham manfaat dan fungsi cloudflare:

Cara Memasang SSL Gratis Cloudflare

Ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan SSL Gratis dari cloudflare. Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan SSL Cloudflare dan menggunakannya di website WordPress Anda.

Daftar dan Aktifkan Cloudflare Flexible SSL

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan cloudflare adalah mendaftarkan domain atau website Anda ke cloudflare. Silakan mengikuti panduan Cara Menggunakan Cloudflare untuk melakukannya. Panduan tersebut akan membantu Anda melakukan pendaftaran domain atau website Anda ke cloudflare dan mengarahkannya.

Setelah proses pendaftaran dan pengarahan domain ke cloudflare telah selesai (domain telah mengarah ke cloudflare tanpa HTTPS), maka langkah selanjut adalah silahkan pilih menu Crypto -> Flexible SSL di menu akun Cloudflare Anda.

Cara Memasang SSL Gratis Cloudflare

Dengan begitu, maka artinya Anda telah meminta sertifikat Flexible SSL dari Cloudflare dan normalnya SSL akan secara otomatis dikeluarkan dalam maksimal 15 menit. Anda akan melihat tombol hijau pada Crypto -> Flexible SSL di menu Cloudflare Anda jika SSL telah aktif dan siap untuk digunakan.

Persiapan Penggunakan Cloudflare Flexible SSL di WordPress

————————————-

Update: Karena telah lama tidak ada update untuk plugin WordPress HTTPS, maka kami menyarankan agar Anda tidak menggunakannya kembali dan menggantinya dengan plugin CloudFlare Flexible SSL. Dengan plugin CloudFlare SSL, maka Anda cukup mengaktifkannya saja dan kemudian secara otomatis Flexible SSL dari cloudflare dapat digunakan dan Anda cukup mengganti URL wordpress ke https.

Issue atau permasalahan ini juga telah dibahas pada komunitas WordPress Indonesia.

————————————

PENTING – Ditahap ini, pastikan URL WordPress dan Admin WordPress Anda masih menggunakan HTTP.

Selanjutnya, Anda harus menginstal kedua plugin berikut yaitu plugin CloudFlare Flexible SSL dan WordPress HTTPS (kami menyarankan untuk mengecek Panduan Menginstal Plugin WordPress jika Anda belum mengetahui caranya). Aktifkan Kedua Plugin tersebut setelah proses instlasi selesai.

Konfigurasi Plugin WordPress HTTPS

Tidak perlu pengaturan atau konfigurasi pada plugin CloudFlare Flexible SSL karena secara otomatis akan bekerja. Namun, pada plugin WordPress HTTPS maka Anda harus mengaktifkan Proxy dan konfigurasi ini dapat dilakukan melalui Admin WordPress Anda -> HTTPS (WordPress HTTPS) seperti berikut:

konfigurasi HTTPS

Konfigurasikan Cloudflare agar Menggunakan HTTPS

Agar Cloudflare dapat mengarah ke HTTPS di website Anda maka Anda harus menambahkan Rule untuk hal ini. Untuk melakukannya, silakan pilih menu Rules pada domain Anda di cloudflare dan pastikan untuk mengaktifkan “always use HTTPs” dengan memastikan telah diset menjadi ON. Tambahkan domain Anda dengan diawali dan diakhir dengan bintang (*) seperti pada screen shot berikut:

tambahkan rules https

Dengan begitu, cloudflare akan memaksa semua traffic di website Anda ke HTTPS atau SSL.

Ubah URL Website WordPress Anda

Setelah semuanya dikonfigurasi maka saatnya Anda mengubah Site Address URL website WordPress Anda mengubah URL WordPress Anda dari HTTP ke HTTPS. Untuk melakukannya, silakan login di admin WordPress Anda -> Settings -> General.

**PENTING** Pastikan Anda hanya mengubah Site Address URL saja yang ke HTTPS dan tidak mengubah WordPress URL ke HTTPS karena akan membuat website Anda mmenjadi rusak. Jika Anda menonaktifkan plugin Cloudflare Flexible dan masih menggunakan URL HTTPS di Site Address URL WordPress, maka website juga tidak akan bekerja.

ubah url admin wordpress

Setelah itu, cobalah Anda cek kembali website Anda. URL WordPress Anda seharusnya telah menggunakan SSL dan dapat bekerja dengan baik.

Mudah bukan. Kami harap panduan Cara Memasang SSL Gratis Cloudflare Selamanya ini dapat membantu Anda dan memastikan website Anda secure serta mendapatkan peringkat yang baik di Google. Silakah share pengalaman Anda menggunakan cloudflare atau bertanya melalui form komentar yang kami sediakan.


  • 0
Cara Membaca Google Analytics

Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula

Tags :

Category : Tutorial Umum

Cara Membaca Google Analytics

Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula – Google Analytics adalah tool untuk menganalisis website yang sangat powerful namun tak jarang para newbie kesulitan dalam menggunakannya. Cara Menginstall Google Analytics di WordPress sangatlah mudah dan telah kami bahas sebelumnya. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula. Pada panduan cara membaca Google analytics untuk pemula ini, kami akan menjelaskan tentang laporan standard Google Analytics, bagaimana menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan pengunjung website dan menjalin hubungan dengan para pengunjung.

Setiap akun Google Analytics memiliki fitur laporan tersebut dan Anda tidak perlu melakukan hal yang spesial untuk mengaktikfkannya. Anda hanya perlu melakukan login di akun Google Analytics dan semua informasi tersebut akan tersedia.

Bagaimana Memulainya?

Tanpa pengetahuan tentang bisnis atau tujuan dari website Anda, maka Google Analytics hanya akan memberikan angka untuk Anda dan angka hanyalah sekedar angka. Anda harus memulainya dengan beberapa pertanyaan dan menggunakan Google Analytics untuk menjawabnya. Hal ini karena tanpa pertanyaan tersebut maka Anda hanya akan melihat angka saja.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang dapat dijawab menggunakan Google Analytics:

  • Bagaimana cara mengetahui pengunjung blog atau website Anda?
  • Bagaimana pengunjung menemukan website Anda?
  • Bagaimana bagaimana meningkatkan pengunjung website Anda?
  • Arikel atau posting apa saja yang disukai pengunjung website Anda?
  • Seberapa cepat akses atau loading website Anda?
  • Apa yang sedang terjadi pada website Anda saat ini?

Bagaimana cara mengetahui pengunjung blog atau website Anda?

Cara terbaik untuk mempelajari dan mengetahui pengunjung website Anda adalah dengan melakukan survei. Cara terbaik selanjutnya adalah dengan melakukan analisis audience atau pengunjung melalui laporan standard yang ada di menu Dashboard Google Analytics.

cara-membaca-google-analytics-untuk-pemula

Dari laporan audience maka Anda akan dapat menemukan lokasi dari pengunjung website Anda, teknologi yang mereka gunakan untuk mengakses website dan informasi menarik lainnya.

Sebagai contoh, apakah website Anda sudah mobile friendly? perlukah Anda website mobile friendly? Anda dapat menemukannya melalui menu Audience -> Overview untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung mengakses website Anda melalui perangkat mobile atau tablet. Jika Anda melihat pada menu Devices, Google Analytics akan memberitahu Anda perangkat apa saja yang digunakan oleh pengunjung Anda.

google-analytics-device

Penasaran kapan waktu yang tepat waktu untuk melakukan posting di website Anda? Anda dapat menemukannya pada menu Geo -> Location dan Anda dapat menemukan negara atau wilayah mana saja pengunjung Anda berasal. Berdasarkan informasi tersebut maka Anda akan mengetahui waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan posting. Anda juga dapat menemukan banyak informasi lainnya di menu audience.

Bagaimana pengunjung menemukan website Anda?

Terdapat dua fitur laporan yang secara pribadi yang saya sangat sukai di Google Analytics yaitu laporan tentang sumber traffic website yaitu sumber dari semua traffic dan yang berasal dari laporan. Menu tersebut berada pada menu Acquisition.

analytics-sumber-traffic

All Traffic memberikan informasi tentang bagaimana pengunjung menemukan website Anda. Menu tersebut memuat semua informasi dari Direct dimana seseorang langsung mengetikkan URL website Anda di browser hingga dari mesin pencari termasuk Google.

All Referrals berisi tentang informasi laporan khsusus pengunjung yang datang dengan melalui sebuah link website lain ke website Anda. Menu ini tidak akan memuat informasi dari mesin pencari termasuk Google dan juga traffic langsung atau Direct.

Jika Anda melakukan link building atau melakukan share website Anda di forum atau hal lainnya maka Anda dapat menggunakan informasi All Referrals ini untuk melakukan tracking apakah yang Anda lakukan tersebut mendatangkan traffic di website Anda atau tidak. Jika Anda menggunakan social media seperti facebook maka Anda juga dapat melihat informasi apakah mereka mengunjungi website Anda atau tidak.

Selain itu, jika Anda ingin menggali informasi lebih dalam terkait dengan traffic dari social media maka Anda harus melihat laporan pada menu Social. Menu social akan menunjukkan tentang masing-masing social media yang mendatangkan traffic di website Anda. Menu social ini meliputi facebook, pintereset, Reddit, Digg dan lain-lain.

Bagaimana bagaimana meningkatkan pengunjung website Anda?

Berdasarkan informasi yang didapat sebelumnya, setelah Anda amengetahui bagaimana pengunjung menemukan website Anda maka Anda akan mengetahui bagaimana meningkatkan traffice website Anda. Terdapat dua cara untuk melakukan hal ini yaitu melakukan lebih banyak hal yang mendatangkan traffic di website Anda, melakukan evaluasi dan tidak melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan.

Jika Anda menghabiskan waktu beberapa jam di Pinterest dan hanya memberikan sedikit traffic di website Anda dalam sebulan maka Anda harus melakukan evaluasi hal tersebut. Namun, jika Anda menghabiskan waktu beberapa menit saja di facebook dan mendatangkan banyak traffic maka Anda perlu menghabiskan banyak waktu lagi di facebook untuk meningkatkan lebih banyak pengunjung.

Untuk mendapatkan data yang lebih banyak maka silakan klik ulang laporan Social di menu Overview. Menu tersebut akan memberikan informasi terkait halaman atau URL mana dari website Anda yang paling populer di Social media.

Apakah ada trend artikel Anda yang menarik pengguna social media? jika ada, maka Anda harus mencoba membuat artikel yang memiliki keterkaitan atau memiliki topik yang sama dengan artikel tersebut dan mempromosikannya di social media.

Posting apa yang disukai pengunjung wesite Anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini maka kami merekomendasikan agar Anda melihat laporan pada menu Behavior -> Site Content -> All Pages.

all-pages-behavior

All Pages akan memberikan informasi terkait dengan posting dan halaman yang paling banyak dikunjungi di website Anda. Menu tersebut juga akan memberikan informasi tentang waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di halaman tersebut, bounce rate (rasio pentalan) dan persentase exit dalam laporan standard.

Berikut adalah penjelasn singkat tentang masing-masing informasi tersebut:

Pageviews/Unique Pageviews adalah Informasi ini menunjukkan informasi jumlah pengunjung websie Anda. Pageviews adalah jumlah halaman website Anda diakses, unique pageviews adalah jumlah halaman website Anda diakses oleh unique visitor (pengunjung yang berbeda). Jika satu orang pengunjung mengakses halaman pada website Anda dua kali, maka akan dihitung sebagai dua (2) pageviews dan dihitung satu (1) sebagai unique Pageview.

Avg. Time on Page adalah informasi tentang lamanya seorang berada di halaman tersebut. Tujuan masing-masing halaman sangatlah berbada sehingga Anda tidak dapat membandingkan halaman satu dengan halaman lainnya. Namun, informasi ini akan berguna untuk mengetahui halaman mana yang menarik bagi pengunjung Anda sehingga meluangkan waktu yang lama di halaman tersebut. Jika Anda melihat rata-rata waktu yang dihabiskan di halaman tersebut hanya beberapa detik maka mungkin bisa saja terjadi karena posting atau artikel Anda tidak menarik atau hanya artikel pendek. Hanya Anda sebagai pemilik website yang mengetahui hal ini.

Bounce Rate adalah rasio pentalan yang menunjukkan persentase dari pengujung Anda yang mengunjungi satu halaman saja ketika mengakses website Anda. Misalnya, seorang pengunjung hanya mengakses satu halaman dan langsung menutup browsernya tanpa membuka halaman lain di website Anda.

Semua informasi tesebut sangatlah penting dan Avg. Time adalah hal yang paling penting untuk menilai artikel dari website Anda. Semakin lama pengunjung berada di artikel tersebut maka artinya artikel Anda semakin bagus.

Secara general, normalnya seseorang akan menghabiskan waktu hingga satu menit untuk 130 kata. Anda dapat menggunakan parameter tersebut untuk mengambil kesimpulan apakah pengunjung Anda membaca artikel Anda secara keseluruhan atau hanya melewatinya setelah beberapa waktu (scanning saja).

Seberapa Cepat Website Anda?

Kecepatan akses sebuah website sangatlah penting bagi pemilik website. Anda harus memastikan pengunjung tidak menunggu waktu yang lama untuk mengakses website Anda. Anda dapat selalu melakukan test kecepatan website Anda dengan beberapa tools termasuk Google Pagespeed.

Pada menu Behavior->Site Speed->Page maka Anda dapat melihat seberapa lama waktu yang diperlukan untuk mengakses halaman website Anda termasuk dengan membandingkannya dengan website Anda secara keseluruhan.

pagespeed analytics

Apa yang terjadi dengan website Anda saat ini?

Menu Real Time di Google Analytics akan memberikan informasi tentang siapa pengunjung yang sedang berada di website Anda saat ini, apa yang mereka baca dan dari mana pengunjung tersebut berasal.

Memahami laporan Google Analytucs adalah sangat penting. Apa yang kami jelaskan pada Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula ini adalah hal yang dasar saja. Semakin Anda sering menggunakannya maka akan semakin banyak informasi yang Anda dapatkan dan menggunakan untuk meningkatkan pengunjung di website Anda.


  • 0
Cara Membaca Google Analytics

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Tags :

Category : Tutorial Umum , Wordpress

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Cara Memasang Google Analytics di WordPress – Mengetahui bagaimana prilaku pengunjung website adalah kunci utama kesuksesan dalam bisnis online. Cara terbaik untuk mengetahui pengunjung website Anda adalah melalui statistik pengunjung website dan Google Analytics memberikan layanan ini secara gratis. Pada panduan ini, kami akan membahas tentang Mengapa Google Analytics Penting dan bagaimana cara install Google Analytics di Website WordPress.

Mengapa Google Analytics Penting untuk Pebisnis Online dan Blogger?

Hal ini karena Google Analytics membantu para pemilik website atau webmaster untuk mengetahui:

Siapa Pengunjung Website Anda

Google analytics memberikan jawaban terkait hal ini dimana Anda akan mendapatkan data dari mana asal pengunjung website Anda, browser yang digunakan dan banyak lagi seperti: resolusi layar yang digunakan untuk mengakses, dukungan flash, bahasa dan banyak lagi.

Data ini sangatlah berguna dan dapat membantu Anda dalam banyak hal dalam mengembangkan website Anda. Dengan data tersebut, Anda juga dapat memastikan bahwa website Anda telah sesuai dan kompitabel dengan pengunjung Anda. Jika kebanyakan pengunjung Anda tidak mendukung penggunaan flash maka sangat disarankan agar tidak menggunakan flash pada website Anda. Jika kebanyakan resolusi layar yang digunakan para pengunjung website Anda adalah 1280 maka Anda harus memastikan website Anda kompitabel dengan hal tersebut.

Apa Yang Pengunjung Lakukan di Website Anda

Anda juga dapat melihat dihalaman mana saja pengunjung selama berada di website Anda, berapa lama durasi atau waktu yang dihabiskan pengunjung di website Anda dan rasio pentalan pada website Anda (persentase dimana pengunjung menutup website Anda saat pertama kali mengunjungi). Dengan menggunakan informasi tersebut maka Anda dapat mengurangi rasio pentalan (bounce rate) dan meningkatkan pageviews di website Anda.

Kapan Pengunjung mengunjungi Website Anda

Dengan melihat data seperti waktu (jam) kapan pengunjung datang di website Anda, maka Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk publish artikel Anda. Jika jam pengunjung tersebut bukanlah jam yang tepat untuk Anda melakukan posting, maka Anda dapat melakukan penjadwalan posting di wordpress.

Sumber Pengunjung Website Anda.

Dengan analytics maka Anda dapat mengetahui sumber atau asal pengunjung website Anda misalnya dari: Mesin pencari, kunjungan langsung (direct links), melalui referral atau dari website lain.

Fitur ini juga akan membantu menganalisis persentase asal pengunjung website Anda dari masing-masing sumber tersebut sesuai dengan kategorinya. Jika Anda memilih asal sumber pengunjung berdasarkan mesin pencari maka analytics akan menampilkan persentase kunjungan dari mesin pencari misalnya Google, yahoo, bing dan lain-lain.

Bagaimana Pengunjung Berinteraksi dengan Konten Anda

Google Analytics akan menampilkan bagaimana interaksi pengunjung dengan konten atau isi website Anda. Data tersebut akan menampilkan persentase user yang akan melakukan klik pada link yang ada di konten Anda dan banyak lagi. Anda juga dapat melakukan A/B testing untuk membuat konten percobaan guna mengetahui halaman mana yang paling baik hasilnya.

Dengan banyaknya data yang akan Anda dapatkan tersebut maka Anda dapat fokus pada strategi yang baik untuk website Anda dan menghapus atau tidak menggunakan strategi-strategi yang tidak bekerja.

Cara Mendaftar Google Analytics

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google Analytics. Untuk melakukan hal ini, silakan akses halaman Signup Google Analytics.

Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar berikut. Jika Anda telah memiliki akun email gmail, maka Anda dapat melanjutkannya dengan menggunakan akun gmail Anda. Jika belum, maka Anda harus membuat akun gmail terlebuh dahulu.

analytics-signup

Selanjutnya, setelah login akun gmail maka Anda akan dibahwa ke halaman sign up analytics seperti gambar berikut.

analytics-signup-step2

Klik Sign up untuk mendaftar. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman untuk memilih keperluan analytics untuk website atau mobile app. Pastikan Anda memilih website dan kemudian pilih Universal Analytics.

analytics-signup-step3

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman untuk memasukkan detil Anda seperti url website Anda, nama akun (Anda dapat memasukkan apa saja), Negara dan zona waktu.

informasi-website-analytics

Setelah selesai memasukkan detil informasi tersebut maka silakan pilih “Get Tacking ID”. Anda akan dibawa ke halaman TOS atau kebijakan Google Analytics. Klik Accept atau Agree untuk melanjutkan.

tracking-code

Selanjutnya Anda akan mendapatkan kode tracking atau tracking id seperti berikut:

hasil-tracking-id

Copy semua tracking id dari Google Analytics tersebut karena nantinya kita akan membutuhkannya untuk di integrasikan ke website wordpress Anda.

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Untuk memasang tracking id atau kode Google Analytics, maka Anda harus meletekkan kode tracking atau tracking id yang didapat sebelumnya di antara <header> </header>. Untuk melakukannya, silakan akses Appearance >> Editor >> header.php pada admin WordPress Anda.

edit-wp-theme

file-header

Selanjutnya, copy dan paste code tersebut setelah baris <head> atau sebelum baris </head>.

script-google-analytics

Selesai. Dengan begitu, Google Analytics telah berhasil dipasang pada WordPress Anda. Laporan Google Analytics akan dimuat sehari sekali. Untuk itu, silakan cek di esok harinya untuk melihat laporan untuk hari ini.

Kami harap panduan Cara Memasang Google Analytics di WordPress dapat membantu dalam mengintegrasikan Google Analytics pada wordpress dan sedikit membuka pengetahuan mengapa Anda membutuhkan data tersebut 🙂 . Silakan bertanya atau share pengalaman Anda terkait dengan panduan ini melalui kolom komentar. Kami akan membantu.


  • 0
Membuat Pengunjung Betah

Bagaimana Membuat Pengunjung Betah di Website Anda

Tags :

Category : Tutorial Umum

Membuat Pengunjung Betah

Bagaimana Membuat Pengunjung Betah – Waktu rata-rata visitor atau pengunjung berada di blog atau website Anda adalah indikator terbaik terkait dengan manfaat konten website Anda bagi para pengunjung.

Mengapa Anda Harus Membuat Pengunjung Betah?

Lamanya pengunjung yang berada di website Anda, membaca konten atau artikel dan melakukan explorarisasi terhadap arsip-arsip di blog Anda sangat memungkinkan untuk dikonversi menjadi klien atau kustomer Anda.
Selain itu, lamanya pengunjung juga merupakan indikator utama bagi SEO dan juga faktor utama bagi Google untuk memahami kualitas konten website tersebut bagi para penggunanya.

Dikutip dari Backlinko, Brian Dean menjelaskan bahwa rata-rata lamanya pengunjung menghabiskan waktu pada sebuah website sangat berhubungan erat dengan peringkat di hasil pencarian Google. Semakin lama pengunjung menghabiskan waktu pada sebuah website tersebut maka semakin bagus pula rangkingnya di hasil pencarian Google.

Setelah mengetahui data tersebut, pertanyaannya adalah Bagaimana Membuat Pengunjung Betah di Website Anda? Berikut adalah beberapa tips agar pengunjung betah berada di blog Anda.

Navigasi Posting Bagaimana Membuat Pengunjung Betah

1.Tambahkan Video di Artikel Anda

Hingga saat ini, penyajian materi dengan menggunakan video merupakan hal yang disenangi oleh para pengguna internet dan tentu dengan adanya video maka akan membuat para pengunjung Anda lebih lama berada di website Anda daripada biasanya.

Ide dari hal ini sangatlah sederhana.

Buatlah video yang unik yang terkait dengan postingan Anda atau Anda juga dapat menambahkan video orang lain dari youtube dan kemudian menambahkannya di blog post Anda tersebut.

Cara pendekatan ini akan memiliki dua keuntungan.

Pertama, para pengguna internet lebih menyukai melihat video daripada membaca sebuah artikel. Lamanya orang melihat video yang ditambahkan di artikel Anda dan secara otomatis akan membuat pengunjung menghabiskan waktu yang lebih lama menghabiskan waktu di website Anda.

Kedua, Neil Patel yang merupakan seorang online marketing dan ahli SEO menemukan dalam analisisnya bahwa Google akan menelusuri dan meng-index sebuah blog post atau artikel yang ada video di dalamnya jauh lebih cepat dari sebuah blog post dengan teks saja.

Untuk menambahkan video dari Youtube maka Anda cukup melakukan copy URL video youtube tersebut dan kemudian klik menu Add Media dari editor wordpress >>  Insert From URL

Tambahkan Youtube WordPress

Dengan begitu maka diharapkan blog post atau artikel Anda lebih cepat di index oleh google dan pengunjung akan lebih lama berada di website Anda.

2. Optimasi Design dan Performa Website Anda

Design dan performa sebuah website secara keseluruhan memiliki pengaruh yang sangat besar terkait dengan lamanya pengunjung berada di website Anda.

Jika blog atau website Anda memiliki navigasi yang tidak baik dan terlalu banyak iklan pada bagian slidebarnya maka akan membuat para pengunjung website Anda mengalami kesulitan untuk fokus pada konten website Anda.
Hal ini akan membuat para pengunjung tersebut meng-klik tombol kembali pada browser atau sekedar menutupnya sehingga membuat bounce rate di website Anda buruk.

Jadi, pastikan Anda menggunakan design yang mudah untuk dipahami dan letakkan konten atau artikel Anda pada bagian utamanya sehingga mudah untuk ditemukan dan dibaca.

Anda juga perlu memastikan bahwa blog atau website Anda menggunakan template yang mobile friendly karena lebih dari 50% para pengguna internet yang melakukan pencarian di Google dari perangkat mobile atau smart phone.

Jika website Anda tidak mendukung dari para pengguna perangkat mobile (tidak mobile friendly) maka akan banyak bounce back (menutup website Anda atau menekan tombol kembali) yang terjadi di website Anda dan tentu hal ini akan berdampak buruk pada peringkat di hasil pencarian Google atau SEO.

mobile friendly

Dan yang terakhir pastikan blog atau website Anda cepat untuk diakses.

Hasil penelitian mengatakan bahwa rata-rata pengguna internet hanya membutuhkan waktu 3 detik sebelum melakukan bounce back. Jika website Anda lambat ketika diakses maka hal tersebut akan membuat para pengunjungnya frustasi dan pergi begitu saja. Selain memilih layanan web hosting terbaik seperti Niagahoster untuk memastikan kecepatan load webste, maka Anda juga harus memastikan dari sisi website Anda. Jika Anda menggunakan WordPress, artikel berikut dapat membantu Anda untuk mempercepat load website Anda.

3. Buat External dan Internal Link dengan Benar

Membuat internal link yang terkait pada sebuah artikel atau blog post adalah cara terbaik untuk membuat para pengunjung semakin lama berada di website Anda.

Internal link tidak hanya penting dalam hal SEO on-page tetapi juga sangat efektif untuk memunculkan artikel-artikel lama Anda yang mungkin kurang diminati oleh para pembaca sebelumnya untuk dapat dilihat oleh pengunjung website Anda.

Sama halnya dengan internal link, external link (link keluar) yang relefan atau terkait dengan blog post Anda juga akan membuat reputasi website Anda di Google lebih baik.

Meski begitu, pastikan Anda membuat link external adalah sebagai sebuah new window. Jika tidak, maka external link salah-salah akan membuat pengunjung meninggalkan website Anda.

Anda dapat melakukan hal ini dengan mudah pada WordPress dengan memberikan centang pada pilihan Open link in a New tab.

internal link

Untuk internal link, maka Anda dapat memperlakukan hal yang sama seperti external link agar pengunjung website Anda tetap berada di artikel utama dan artikel yang terkait akan dibuka pada tab browser yang baru.

4.Rekomendasikan Artikel Terkait Terbaik

Ketika seseorang mengunjungi blog Anda dan membaca sebuah artikel di dalamnya maka jangan biarkan pengunjung tersebut pergi dengan mudah dari website Anda. Buatlah pengunjung tersebut untuk membaca artikel-artikel Anda yang lainnya.

Banyak cara untuk melakukan hal ini.

Namun, menampilkan artikel yang terkait dengan posting Anda pada side-bar atau bagian akhir artikel adalah cara yang paling efektif agar seorang pengunjung betah.

Neil Patel telah melakukan penelitian terhadap hal ini di beberapa blognya dan dia menemukan bahwa meletakkan artikel yang terkait pada bagian akhir posting atau artikel dapat meningkatkan lamanya pengunjung berada di website tersebut hingga 14,7%.

Jika Anda pengguna WordPress, maka Anda akan sangat mudah melakukan hal ini. Terdapat ribuan plugin yang dapat membantu hal ini. Kami menyarankan untuk menggunakan Yet Another Related Posts seperti yang kami gunakan di website kami.

5.Susun Konten Anda sehingga Mudah di Pahami

Jutaan artikel baru diposting setiap harinya dan sebagaian dari artikel tersebut juga di share di social media. Singkatnya, para pengguna internet selalu melakukan share dan mempublish artikel setiap menitnya sehingga akan banyak sekali artikel yang ada.

Untuk dapat tetap mendapatkan perhatian minat dan mempertahankan pembaca website Anda maka Anda harus membuat artikel Anda semudah mungkin untuk dapat dipahami.

Untuk melakukan hal tersebut maka Anda harus menyusun konten Anda dengan baik.
Pastikan Anda memberikan spasi dan paragrap yang baik di setiap artikel Anda serta gunakanlah format bold atau huruf yang lebih besar seperti H2 untuk memisahkan masing-masing topik agar mudah dipahami.

Susunan artikel yang baik adalah bahwa user dapat membaca artikel Anda dengan cepat dan memahami isinya dengan cepat.

Semoga bermanfaat dan jangan segan untuk bertanya atau memberikan komentar pada artikel Bagaimana Membuat Pengunjung Betah di Website Anda jika Anda memiliki pendapat atau merasa terbantu dengan artikel ini 🙂