Cara Install CyberPanel di Centos 7

Cara Install CyberPanel di Centos 7

Last updated on
Hosting Unlimited Indonesia

Cara Install CyberPanel di Centos 7 – Cyberpanel adalah kontrol panel hosting/vps gratis dan berbayar yang dikembangkan oleh OpenLiteSpeed (versi gratis dari LiteSpeed).

CyberPanel dirancang sebagai kontrol panel yang mudah digunakan, aman, cepat dan handal.

Perbedaan CyberPanel dan CyberPanel Ent

CyberPanel memiliki dua versi yaitu CyberPanel dan CyberPanel Ent. CyberPanel menggunakan web server OpenLiteSpeed dan gratis digunakan tanpa batasan.

Sedangkan CyberPanel Ent menggunakan web server LiteSpeed Web Server Enterprise dan gratis digunakan untuk satu domain pertama. Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu domain, maka Anda harus membayar dengan biaya tambahan.

Perbedaan secara rinci tentang OpenLiteSpeed vs LiteSpeed Web Server Enterprise bisa dilihat di SINI.

Keunggulan CyberPanel

Semenjak adanya security flaw pada VestaCP, CyberPanel semakin banyak digunakan. Selain desainnya yang user friendly, CyberPanel juga dikenal sebagai panel yang sangat ringat dan cepat untuk diakses.

Berikut adalah beberapa keunggulan CyberPanel:

  • Ringan dan Cepat – CyberPanel menggunakan LiteSpeed (web server tercepat saat ini) dan menggunakan PowerDNS (bukan BIND) sehingga sangat ringan diakses. Bahkan rata-rata penggunaaan memory litespeed hasil ujicoba kami tidak lebih dari 60M 🙂 .
  • Optimize untuk WordPress – Salah satu keunggulan LiteSpeed dan OpenLiteSpeed adalah plugin build-in LSCache untuk WordPress yang mampu berkomunikasi dengan server secara langsung sehingga sangat cepat dan tidak membuat server overload karena tidak memerlukan proses di PHP seperti plugin cache lainnya.
  • Auto Installer – CyberPanel menyediakan auto installer untuk WordPress, Joomla dan Prestashop sehingga Anda hanya perlu melakukan beberapa klik untuk menginstall WordPress. Fitur ini tentu sangat jarang ditemukan di kontrol panel gratis lainnya.
  • File Manager User Friendly – Kami sendiri cukup kaget dengan fitur ini karena sangat mudah digunakan layaknya file manager pada cPanel. Tidak seperti kontrol panel umumnya yang mengandalkan layanan opensource seperti net2ftp, extplorer atau lainnya, CyberPanel mengembangkan fitur ini mandiri sehingga sangat mudah digunakan.
  • Kompitabel dengan .htaccess Apache – Berbeda dengan Nginx yang rule .htaccess-nya sangat rumit khususnya untuk pemula, CyberPanel menggunakan OpenLiteSpeed yang menggunakan rule sama dengan apache.
  • Multiple PHP – Layaknya cPanel, CyberPanel juga menyediakan fitur Multi PHP mulai dengan 5.3 hingga php versi terbaru 7.3. Dengan fitur ini, kita dapat mengubah versi php hanya dengan sekali klik saja.
  • Lainnya – CyberPanel memiliki fitur lengkap lainnya selain fitur di atas layaknya panel lain seperti Addon domain, Email dan lainnya.

Kelemahan CyberPanel

Meski terlihat sempurna untuk sebuah control panel gratis, CyberPanel tetap memiliki beberapa kelemahan meski sebenarnya kelemahan tersebut tidak terlalu major.

Berikut adalah beberapa kelemahan CyberPanel menurut kami cukup mengganggu selama menggunakan control panel ini.

  • Tidak ada versi staging dan rollback ketika update – CyberPanel cukup aktif melakukan pengembangan dan versi terbaru 1.9.1 Stable dirilis 15 Oktober 2019. Sayangnya, meski minor, kami menemukan beberapa bug saat upgrade dan tidak dapat di rollback. Meraka akan melakukan patch di upgrade selanjutnya.
  • Mail Server Menggunakan Postfix bukan Exim – Meski tidak terlalu pentig, namun penggunaan postfix ini cukup menganggu bagi user yang sudah terbiasa dengan Exim yang mana digunakan oleh kebanyakan control panel saat ini seperti cPanel, DirectAdmin, Webuzo dan VestaCP.

Persyaratan Menginstal CyberPanel

Berikut adalah persyaratan sistem (system requirement) pada VPS atau Server yang diperlukan untuk menginstal CyberPanel.

  • CentOS 7 (Disarankan menggunakan versi minimal)
  • CPU 0.5 Core
  • Disk Space Min 10GB
  • Ram atau Memory Min 1G
  • Python 2.7

Cara Install CyberPanel di CentOS 7

Setelah kita paham dengan keunggulan, kelemahan hingga persyaratan yang diperlukan untuk menggunakan CyberPanel, maka langkah selanjut adalah melakukan instalasi.

Berikut adalah step by step cara install CyberPanel di CentOS 7 (Video Tutorial)

Jika Anda tidak menyukai versi video karena tidak dapat copy paste command line, maka silakan melanjutkan membaca 🙂 .

Login di VPS sebagai root dan kemudian download file installer CyberPanel dan jalankan dengan perintah:

Selanjutnya, proses instalasi CyberPanel akan berjalan dan kemudian pilih 1 dan tekan tombol Enter untuk menginstal CyberPanel.

memilih opsi instalasi cyberpanel

Installer CyberPanel kemudian akan menampilkan spesifikasi sistem kita dan memberikan opsi versi CyberPanel yang akan kita install. Pilih opsi pertama Install CyberPanel with OpenLiteSpeed karena kita akan menginstal versi free CyberPanel.

 Install CyberPanel with OpenLiteSpeed

Selanjutnya, kita akan diminta memasukkan password untuk login CyberPanel kita. Jika kita tidak mengisinya, maka CyberPanel akan secara default menggunakan password 12345.

Pada step ini, kami memilih men-set password sendiri dengan memasukkan huruf s dan sistem akan meminta memasukkan password yang akan kita gunakan.

Selanjutnya, kita akan diminta meminta apakah akan dipilihkan region tercepat instalasi atau tidak. Pilih Y dan Enter untuk melanjutkan.

Pada step selanjutnya, kita akan ditanya apakah ingin menginstal Memcache dan Redis. Di step ini, kami hanya akan menginstall Memcached dan tidak memilih Redis.

Masukkan pilihan y untuk menginstall dan n untuk tidak menginstal.

Selanjutnya, proses instalasi CyberPanel akan berjalan. Tunggu hingga proses tersebut selesai dan kita akan mendapatkan detil instalasi CyberPanel kita setelah selesai. Ketik Y dan enter untuk restart server atau vps.

Detil Instalasi CyberPanel

Selesai, CyberPanel sudah dapat Anda gunakan dan silakan coba akses admin area CyberPanel dengan mengetikkan url admin area CyberPanel pada browser Anda:

Halaman login CyberPanel

Selanjutnya, kami akan membahas cara menggunakan CyberPanel dan Harderningnya.eee


Leave a Reply