Cara Install Nginx Reverse Proxy cPanel (WHM)

Cara Install Nginx Reverse Proxy cPanel (WHM)

Last updated on
Cara kerja nginx reverse proxy

Cara Install Nginx Reverse Proxy cPanel – Baru-baru ini, kami mendapatkan request atau permintaan mitigasi DDoS pada salah satu klien kami yang menggunakan cPanel.

Setelah melakukan beberapa investigasi yang cukup, akhirnya kami menemukan letak permasalahan yang menyebabkan akses lambat pada website klien kami tersebut yaitu karena adanya small DDoS Syn Flood yang menyebabkan web server (Apache) terasa kebanjiran traffic dan menjadi overload serta kehabisan memory.

Kami sendiri mencoba melakukan mitigasi dengan meningkatkan rule firewall menjadi lebih strict mulai dari membatasi Syn Connection, Tracking Connection hingga melakukan blocking country tertentu. Mitigasi ini cukup berhasil, namun sayangnya kami melihat banyak traffic legit juga terblokir yang artinya beberapa pengunjung normal juga mungkin akan gagal mengakses website klien kami tersebut.

Setelah melakukan beberapa testing, akhirnya kami menemukan solusi yang lebih reliable, yaitu dengan menambahkan Nginx sebagai proxy Apache.

Apa itu Nginx Reverse Proxy?

Reverse Proxy adalah sebuah service proxy (perantara) yang bertugas untuk mengambil request dari klien yang kemudian diteruskan ke satu atau beberapa server back end yang untuk kemudian memberikan respon terhadap request atau permintaan tersebut.

Dalam kasus Nginx reverse proxy Apache, Nginx akan berperan sebagai web server yang berada di depan yang bertugas mengambil semua request dari pengunjung (klien) yang kemudian diteruskan ke web server Apache untuk kemudian merespon permintaan tersebut.

Nginx reverse proxy memungkinkan kedua web server (Nginx dan Apache) bekerja secara bersamaan dan memanfaatkan keunggulan masing-masing web server tersebut. Nginx memiliki performa terbaik dalam hal memproses request file statis dan Apache memiliki keunggulan menerima traffic yang besar dan mudah konfigurasi rewrite-nya.

Manfaat Menggunakan Nginx Reverse Proxy

Terdapat beberapa keuntungan dari menggunakan Nginx Reverse Proxy. Meski hal ini sangat tergantung pada skenario dan konfigurasi yang kita lakukan, berikut adalah setidaknya beberapa manfaat yang kita dapatkan dari penerapan Nginx Reverse proxy:

  • Meningkatkan Keamanan Server – Dengan menggunakan reverse proxy, maka konfigurasi backend server kita tidak akan diketahui oleh pengunjung dan attacker. Hal ini tentu saja sangat membantu memproteksi server kita dari serangan seperti DDoS dan lain-lain seperti pada kasus yang dialamai oleh klien kami.
  • Load Balancing – Reverse proxy juga dapat bekerja sebagai load balancing yang bertugas mendistribusikan traffic atau request ke beberapa server backend. Ini tentu sangat bermanfaat mencegah terjadinya down time jika salah satu server mengalami overload dan traffic akan di load ke salah satu server yang lainnya.
  • Meningkatkan Kecepatan dan Performa Server – Nginx memiliki reputasi terbaik dalam menangani request file static dibandingkan Apache atau web server lainnya. Dengan begitu, semua request file static dapat ditangani oleh Nginx sedangkan untuk konten dinamis akan diteruskan ke Apache. Selain itu, Nginx juga bisa ditambahkan konfigurasi cache sehingga aksesnya akan menjadi jauh lebih baik.

Cara Install Nginx Reverse Proxy cPanel (WHM)

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meng-install Nginx Reverse Proxy pada cPanel, salah satunya pada tutorial yang kami bahas sebelumnya dengan menggunakan plugin nginxcp, Nginx sebagai reverse proxy apache di WHM, namun sayangnya plugin nginxcp sudah tidak dikembangkan lagi sehingga kami tidak menyarankan solusi tersebut.

Solusi terbaik saat ini untuk menambahkan reverse proxy pada cPanel (WHM) adalah dengan menggunakan plugin Engintron.

Engintron adalah plugin cPanel (WHM) yang akan membantu memudahkan kita meng-integrasikan Nginx sebagai reverse proxy. Engintron akan meningkatkan performa dan kecepatan akses website secara signifikan serta akan mengurangi load CPU dan RAM pada server.

Berikut adalah beberapa langkah untuk menginstal Engintron di cPanel:

Login SSH sebagai root dan kemudian jalankan perintah berikut untuk ke directory utama (/):

Selanjutnya, jalankan perintah berikut untuk memastikan tidak ada nama file engintron.sh pada directory tersebut:

Selanjutnya, download file installer engintron dengan menjalankan perintah berikut:

Mulai instalasi engintron dengan menjalankan perintah berikut:

Tunggu proses instalasi hingga selesai. Setelah selesai, maka kita akan menemukan plugin Engintron terinstal di WHM kita:

Selesai. Mudah bukan?

Dengan penambahan Nginx reverse proxy ini, website klien kami menjadi lebih cepat diakses dan ter-proteksi dari Syn Flood DDoS.

Kesimpulan

Nginx reverse proxy sangat disarankan untuk ditambahkan di web server standard yang masih menggunakan apache seperti halnya pada cPanel.

Dengan menambahkan Nginx reverse proxy, server kita akan terproteksi dari Layer 7 DDoS sehingga menjadi lebih aman dan akan memiliki performa yang lebih baik serta mempercepat akses website secara signifikan.


Leave a Reply