Cara Perbaiki Error Halaman Blank WordPress

Cara Perbaiki Error Halaman Blank WordPress – Jika Anda telah menggunakan WordPress dalam waktu yang cukup lama maka mungkin Anda pernah mendapatkan error halaman blank pada website WordPress Anda. Error halaman blank wordpress adalah salah satu masalah yang sangat mengganggu seperti halnya pada error establishing a database connection dan internal server error pada wordpress. Salah satu alasan mengapa error ini membuat frustasi penggunanya adalah karena Anda tidak akan dapat login di admin wordpress Anda dan tidak ada pesan kesalahan untuk error ini.

wordpress blank

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang Bagaimana memperbaiki error halaman blank wordpress dengan melihat beberapa kemungkinan solusi.

Penting: pastikan Anda melakukan backup website wordpress Anda sebelum melakukan perubahan atau perbaikan. Panduan Cara Backup WordPress Dengan dan Tanpa Plugin dapat membantu Anda.

Mengapa Anda mendapatkan Error Halaman Blank WordPress ?

Umumnya, penyebab utama error halaman wordpress blank adalah karena website Anda telah melebihi limit memory yang diberikan. Ini bisa saja terjadi karena Anda menggunakan plugin yang tidak berfungsi dengan baik atau theme wordpress yang tidak dicoding dengan benar sehingga menggunakan memory yang berlebihan. Error halaman wordpress blank juga bisa disebabkan karena masalah pada sisi server di layanan hosting Anda.

Mengingat terdapat beberapa kemungkinan penyebab error halaman wordpress blank tersebut maka tentu kita memerlukan troubleshooting untuk memperbaikinya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi masalah pada Error Halaman Blank WordPress dan solusinya:

Apakah error halaman wordpress blank juga terjadi di website lain dalam satu hosting?

Jika Anda memiliki banyak website (addon domain) dalam satu akun hosting maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek website Anda yang lainnya apakah website Anda tersebut juga mendapatkan error halaman wordpress blank. Jika website Anda mendapatkan error yang sama, maka sangat besar kemungkinan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh layanan web hosting Anda.

Namun, jika masalah tersebut terjadi hanya di salah satu website Anda, maka sangat besar kemungkinan masalah tersebut terjadi karena plugin atau theme wordpress Anda.

Naikkan Memory Limit cPanel dan .htaccess

Umumnya, error tersebut terjadi karena akun Anda telah melebihi limit memory yang diberikan pada akun cPanel Anda. Anda dapat menaikkan limit memory melalui .htacess atau juga melalui cPanel. Panduan Cara Menaikkan Limit dengan .htacess dan cPanel dapat membantu Anda.

Nonaktifkan Semua Plugin

Jika dengan menaikkan limit memory hosting tidak dapat membantu maka Anda perlu melakukan troubleshooting. Cara troubleshooting yang dapat membantu hal ini adalah dengan menonaktifkan semua plugin wordpress karena masalah ini juga sering disebabkan oleh masalah pada plugin.

Untuk menonaktifkan semua plugin, silakan login di file manager hosting dan kemudian pilih directory wp-content dan rename directory plugins ke plugins.old. Setelah itu, cobalah mengakses website Anda kembali. Jika setelah merename directory plugin website bekerja, maka penyebab masalah blank wordpress Anda karena plugin.

Solusi: rename kembali directoy plugins.old menjadi plugins untuk mengaktifkannya kembali. Setelah itu, silakan akses directory plugins dan rename satu persatu plugin Anda untuk menonaktifkannya dan melihat plugin mana yang menyebabkan masalah tersebut.

Ubah Thema WordPress ke standard

Jika dengan melakukan rename plugins masih tidak bekerja, maka cara selanjutnya adalah mengembalikan thema wordpress Anda ke standard.

Untuk melakukannya, pastikan themes wordpress standard ada dalam folder atau directory wp-content –> themes. Setelah itu, silakan masuk ke database melalui menu phpmyadmin dan kemudian pilih tabel wp_options. Setelah itu, carilah baris: template, stylesheet, dan current_theme

Pada baris tersebut, silakan isikan dengan nama theme standard atau default wordpress, misalnya: twentyeleven (sesuai dengan nama theme di wp-content –> themes).

Aktifkan Pesan Error Php

Jika kesemua cara di atas tidak bekerja, maka cara selanjutnya adalah menampilkan pesan error pada website Anda. Halaman blank wordpress umumnya muncul karena adanya kesalahan coding php atau ada file yang hilang dan jika error php diset atau diatur pada kondisi off, maka yang muncul pada website hanyalah halaman kosong.

Kita dapat memaksa memunculkan pesan error sebenarnya yang muncul dengan mengaktifkan fungsi error php. Untuk melakukanya, silakan tambahkan baris perintah berikut pada .htaccess Anda:

Atau melalui php selector jika menggunakan Niagahoster. Silakan cek panduannya mengubah php.ini melalui php selector di SINI (prosesnya sama dengan menaikkan limit, hanya saja pilih parameter display_errors).

Kami paham bahwa masalah ini dapat menyebabkan frustasi dan kami harap solusi tersebut dapat membant Anda. Jika solusi tersebut masih tidak membantu, silakan untuk menanyakan langsung ke diskusi semua permasalahan wordpress yang telah kami sediakan.

Semoga bermanfaat.

 

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *