Cara Membuat Halaman Sitemap HTML di WordPress

Last Updated: August 21, 2015 | By Wayan | Filed in: Wordpress.
Hosting Unlimited Indonesia

WP SEO HTML Sitemap

Cara Membuat Halaman Sitemap HTML WordPress – Apakah Anda ingin membuat halamanan sitemap dalam formal HTML di website wordpress Anda?Berbeda halnya dengan sitemap XML (Baca: Cara Membuat Sitemap XML di WordPress) yang harus Anda submit ke mesin pencari seperti google agar dapat ditelusuri oleh mesin pencari dengan baik, sitemap HTML akan menampilkan daftar halaman wordpress Anda untuk para pengunjung website Anda.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan bagaimana membuat Halaman Sitemap HTML di WordPress.

Apa perbedaan antara Sitemap XML dan Sitemap HTML

Sitemap XML dibuat untuk keperluan mesin pencari seperti google dan Anda dapat mengirimkannya ke mesin pencari agar website Anda dapat ditelusuri dan di index dengan baik oleh mesin pencari (Baca: Cara Mengirim Sitemap Website ke Google Webmaster Tools).

Sementara itu, sitemap HTML dibuat dengan tujuan utamanya adalah untuk para pengunjung website Anda, bukan untuk mesin pencari. Sitemap HTML umumnya akan berisi tentang daftar semua halaman website Anda.

Berikut kami kutip pernyataan dari Matt Cutts yang merupakan Kepala dari Tim Google Webspam ketika ditanya mana yang lebih penting antara Sitemap HTML dan XML dan Matt Cutts menjawab ” Sitemap HTML. Sitemap HTML membantu pembaca atau pengunjung website dan mesin pencari untuk menelusuri sebuah website. Sitemap HTML adalah hal yang sangat berguna dan penting untuk memilikinya…”

Anda dapat melihat percakapannya melalui video berikut:

Cara Membuat Halaman Sitemap HTML di WordPress

Untuk membuat halaman sitemap HTML di wordpress sangatlah mudah karena telah ada plugin yang dapat membantu Anda melakukannya. Anda cukup menginstal dan mengaktifkan plugin WP SEO HTML Sitemap dari Yoast. Plugin ini bekerja sangat baik dan Anda tidak membutuhkan banyak konfigurasi atau pengaturan di dalamnya.

Setelah Anda mengaktifkan plugin WP SEO HTML Sitemap, maka Anda dapat mengkonfigurasikannya pada menu Settings >> SEO HTML Sitemap dari dashboard wordress Anda.

HTML Sitemap

Setelah selesai melakukan konfigurasi, maka untuk menampilkan di website, Anda cukup membuat sebuah halaman baru dimana Anda ingin menampilkan sitemap HTML Anda dan selanjutnya, Anda cukup menambahkan baris kode shortcode ini:

[wpseo_html_sitemap]

post html sitemap

Selesai selesai, maka Anda cukup mem-publishnya untuk melihat hasilnya. Mudah bukan.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat sitemap HTML pada wordpress. Silakan share pendapat Anda atau bertanya dengan menggunakan form komentar jika Anda masih kurang jelas dengan hal ini.

Hosting Unlimited Indonesia
Bagikan Artikel Ini

17 comments on “Cara Membuat Halaman Sitemap HTML di WordPress

  1. yasdian says:

    Terima kasih idsyadmin kebetulan ketemu disini. jelas dan singkat nanti saya pasang halaman sitemap di website saya wxx.kencanaku.com

  2. amamoto says:

    Tanya, bisakah sitemap XML dan HTML diinstal dan diaktifkan bersamaan?
    ataukah harus salah satunya saja?

  3. Thanks for share,nice artikel. Waiting to next articel share tips and trick

  4. Terima kasih buat pencerahan yang diberikan melalui artikel ini min… Tapi, bagaimana yaa caranya melihat HTML editor yang kita punya pada wordpress?

    • Wayan says:

      Apakah yang Anda maksudkan adalah ingin mengubah versi text editor ke HTML saat akan menulis artikel atau publish content? jika benar maka tinggal mengubahnya dengan memilih menu Text disamping menu Visual.

  5. arga yudha says:

    artikelnya bagus gan, artikel ini juga dapat membantu “CARA MEMBUAT GOOGLE WEBMASTER DI BLOGSPOT DAN WORDPRES

    trimakasih

  6. Akhirnya ketemu blog berisi artikel yang dicari. Tks gan, sangat bermanfaat sekali.

    • Wayan says:

      Terima kasih atas feedbacknya dan semoga bermanfaat. Sitemap sangat penting untuk membantu mesin pencari mengindex website Anda.

  7. Kalau tanpa plugin apakah bisa gan?

    • Wayan says:

      Tentu bisa. Namun, membuat sitemap tanpa plugin maka artinya Anda harus melakukannya secara manual dan tentu kami tidak menyarankan cara ini karena akan menghabis banyak waktu dan harus menambahkannya secara manual setiap Anda membuat posting baru.

  8. beken.id says:

    ga serumit yg ane bayangin, ternyata gampang ya.. trims infonya gan..

  9. Informasi membuat halaman sitemap html di wordpress pada artikel di atas sangat membantu saya, terima kasih ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *