Panduan Install ConfigServer Security dan Firewall GUI

CSF

Panduan Install ConfigServer Security dan Firewall GUI

Last updated on
Hosting Unlimited Indonesia

CSF

Keamanan pada server adalah hal yang wajib untuk dilakukan pada sebuah web server guna menghindari terjadinya hacking dan pencurian data klien atau perusahaan Anda. Guna memastikan hal tersebut, maka Anda perlu menginstal firewall security server.

Banyak aplikasi security server dengan lisensi opensource yang bertebaran di Internet, namun tak jarang banyak admin yang kesulitan dalam menggunakan software tersebut karena sangat manual dalam pengaplikasiannya. Meski begitu, saat ini telah tersedia aplikasi firewall server dengan tampilan GUI yang sangat mudah digunakan, yaitu CSF atau ConfigServer Security & Firewall.

Berikut adalah tahapan dalam instalasi CSF GUI pada Centos:

Download github CSF dan install secara langsung dengan perintah berikut:
[toggle state=”open” ]# wget https://raw.github.com/stokes84/ConfigServer-Firewall-Installer/master/install.sh; bash install.sh; rm -rf install.sh[/toggle]

pada saat instalasi, Anda akan diminta konfirmasi tentang restriksi IP yang berbunyi:

[toggle state=”open” ]Do you wish to enable IP access restrictions? (y/n)[/toggle]

Pilih No dengan mengetikkan N dan enter. Hal ini karena IP di Indonesia umumnya adalah dinamis sehingga IP Anda mungkin akan terus berubah dan jika memilih Y, maka hanya IP saat ini saja nantinya yang dapat mengakses CSF.

Selanjutnya, Anda akan dibawa untuk mengisikan username dan password. Isikanlah username dan password Anda yang mudah Anda ingat dan lanjutkan instalasi CSF Anda.

Pada saat pengisian port, maka Anda harus mengisikan port Anda dengan benar, minimal di atas 1023. Kami menyarankan agar Anda menggunakan port 2024 dan kemudian enter untuk melanjutkan.

Selanjutnya, Anda akan dibawa kepada halaman instalasi SSL karena CSF membutuhkan SSL untuk dapat diakses. Pilih Y pada saat konfirmasi pesan tersebut:

[toggle state=”open” ]Attention: SSL is required for connecting to the CSF GUI Do you need SSL installed and configured? (y/n): y[/toggle]

Setelah itu, ikuti semua proses instalasi seperti pengisian nama , organisasi dan lain-lain hingga selesai. Setelah selesai, silahkan restart CSF Anda dengan perintah berikut:

[toggle state=”open” ]# Service CSF restart[/toggle]

Setelah itu, silahkan akses halaman GUI CSF Anda melalui browser pada:

[toggle state=”open” ]https://ipserveranda:2024[/toggle]

Selesai! Selamat, CSF GUI telah terinstal di server Anda.
Untuk menguninstal, silahkan jalankan perintah berikut:

[toggle state=”open” ]sh /etc/csf/uninstall.sh[/toggle]


Leave a Reply