Tips Mempercepat Load WordPress

boost wordpress

Tips Mempercepat Load WordPress

Last updated on

Category : Tutorial Umum

Hosting Unlimited Indonesia

boost wordpress

Tips Mempercepat Load WordPress –┬áSeperti yang telah lama diumumkan oleh google bahwa kecepatan akses sebuah website merupakan salah satu kunci utama dan SEO sehingga sangat wajib bagi Anda untuk membuat website menjadi lebih cepat diakses jika ingin mendapatkan peringkat SEO yang baik di google. Hal ini sangatlah masuk akal karena jika kita diposisikan sebagai pengunjung dan mengakses website yang lambat, maka akan sangat malas untuk menunggu dan menutup website tersebut begitu saja.

Sebelum mengikuti optimasi berikut, ada baiknya Anda melakukan test pada google speed test terlebih dahulu dan kemudian bandingkan hasilnya. Silahkan cek speed website pada:

https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Setelah mengecek pada google page speed tersebut, catat hasilnya dan bandingkan hasilnya setelah mengikuti Tips Mempercepat Load WordPress yang kami berikan berikut. Jika sebelumnya wordpress Anda belum ter-optimasi dengan baik, maka dapat dipastikan hasilnya akan berbeda setelah mengikuti tips yang kami berikan.

Tips Mempercepat Load WordPress

Lakukan Kompresi GZIP pada Website

Ketika Anda melakukan kompresi atau meng-compress file dalam komputer dengan menggunakan ZIP, maka hasilnya akan menjadi lebih kecil dan tentu saja akan membuatnya menjadi lebih mudah dan cepat ketika di share. Hal yang sama juga berlaku pada website, untuk itu sangat disarankan agar Anda melakukan kompresi gzip agar website Anda lebih cepat ketika diakses.

Untuk mengecek apakah GZIP sudah aktif pada website Anda atau belum, silahkan cek pada:

http://checkgzipcompression.com/

gzip enabled

Jika GZIP belum di aktifkan, maka Anda harus mengaktifkannya. Ada beberapa cara untuk mengaktifkan Kompresi dan di antaranya adalah dengan menggunakan .htaccess. Silahkan tambahkan baris berikut di .htaccess untuk mengaktifkan kompresi gzip:


Jika Anda menggunakan cPanel, maka cara lain dapat digunakan dengan menggunakan fitur dari cPanel, silahkan cek panduan berikut untuk lebih lengkapnya:

CARA AKTIVASI GZIP COMPRESSION DI CPANEL

Kompres Gambar/Image

Gambar merupakan salah satu faktor utama yang membutuhkan bandwidth yang besar pada website ketika diakses sehingga harus dilakukan optimasi. Salah satu plugin yang sangat disarankan untuk melakukan kompresi gambar adalah WP Smush.it.

Dengan plugin WP Smush.it, maka Anda akan dengan mudah melakukan kompresi gambar yang akan diupload dan yang sudah diupload dan tentu hal ini akan memperingan pekerjaan Anda. Silahkan cek screen shot berikut untuk lebih jelasnya:

wp smush

wp smush conf

Aktifkan LEVERAGE BROWSER CACHING

Leverage Browser Caching adalah salah satu trik yang sangat penting untuk mempercepat akses website dengan memberikan cache pada browser. Silahkan tambahkan baris berikut pada .htaccess untuk mengaktifkan Leverage Browser Caching:

Lakukan Minify Pada File CSS dan Java Script

Untuk melakukan Minify pada CSS dan Java Script dapat dilakukan dengan menggunakan plugin dari Better WordPress Minify. Better WordPress Minify akan membantu Anda dengan mudah melakukan minify pada wordpress Anda.

Selain itu, plugin Minify yang tidak kalah bagus juga yang dapat digunakan sebagai rujukan adalah Wp Minify Fix. Silahkan cek panduan yang kami berikan pada terkait plugin tersebut pada:

MINIFY CSS HTML DAN JS UNTUK MENINGKATKAN GOOGLE PAGE SPEED

Optimasi Database WordPress

WordPress sangatlah powerful dan mudah untuk digunakan. Namun, salah satu kelemahan dari wordpress adalah banyaknya cache pada database seperti ketika melakukan revisi artikel, komentar spam dan lain-lain sehingga dibutuhkan optimasi yang lebih agar wordpress menjadi sangat ringan dan cepat diakses.

Untungnya, terdapat plugin yang dapat membantu dalam melakukan optimasi database wordpress dengan mudah. Plugin tersebut adalah Wp -Optimize. Silahkan install plugin tersebut dan kemudian lakukan konfigurasi pada plugin tersebut dan klik Optimize. Lihat screen shot berikut untuk lebih jelasnya:

wp-optimize

Nonaktifkan Trackback dan Notifikasi Wodpress

Trackback dan notifikasi ketika ada website wordpress lain yang me-linkan ke website wordpress akan membuat secara otomatis wordpress bekejar, meski hal ini tidaklah terlalu berat. Namun, jika fitur ini tidak terlalu dibutuhkan, maka sangat disarankan untuk menonaktifkan fitur tersebut guna memberikan performa yang lebih baik pada wordpress.

Untuk menonaktifkannya, silahkan pilih menu Settings > Discussion dan hapus centang pada beberapa pilihan tersebut. Perhatikan screen shot berikut:

discussion wordpress

Dengan mengikuti beberapa Tips Mempercepat Load WordPress di atas, maka secara otomatis akan membuat wordpress Anda menjadi lebih ringan dan cepat ketika diakses dan tentu artinya google akan menyukainya dan Anda dapat menikmati pengunjung yang lebih banyak dari google.

Semoga bermanfaat.

Butuh Jasa Setup dan Konfigurasi VPS , Silahkan gunakan kontak form berikut untuk menghubungi kami. Kami akan membantu semaksimal mungkin.

Nama lengkap Anda
Alamat email Anda
subject pesan Anda
Pesan Anda


Leave a Reply