Cara Melakukan Konfigurasi SSL Website WordPress

  • 2
wordpress ssl logo

Cara Melakukan Konfigurasi SSL Website WordPress

wordpress ssl logo

Cara Melakukan Konfigurasi SSL Website WordPress –  SSL atau Secure Sockets Layer merupakan sebuah protokol yang dikembangkan oleh Netscape yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transfer data dengan aman atau secure.

Awalnya, SSL hanya digunakan oleh website-website besar dan untuk mendapatkan sertifikat SSL harganya-pun tidaklah murah. Namun, semakin berkembangnya teknologi dan internet di dunia, SSL menjadi salah satu kebutuhan yang penting dan banyak digunakan serta harganya pun saat ini semakin terjangkau. Di layanan hosting murah Niagahoster, Anda dapat mengorder sertifikat SSL dengan hanya Rp 125.000/tahun.
Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara melakukan konfigurasi SSL pada website WordPress

Siapa yang membutuhkan Sertifikat SSL?

Sertifikat SSL lebih disarankan untuk digunakan pada website-website yang melakukan pertukaran data secara online seperti pada website toko online, website dengan sistem membership dan website-website lain yang melakukan pertukaran data dengan para pengunjungnya sehingga pertukaran data tersebut dapat dilakukan dengan aman.

Selain itu, google sendiri secara jelas menyatakan bahwa SSL sangatlah berpengaruh untuk SEO sehingga website yang terinstal SSL di dalamnya akan lebih memiliki posisi yang lebih baik di mesin pencari mereka meski tidak ada jaminan apapun dari google terkait hal ini karena faktor utama yang mempengaruhi SEO adalah kualitas dari website itu sendiri. Namun, dengan keuntungan keamanan dan posisi yang bagus untuk SEO maka sangat disarankan untuk menginstal Sertifikat SSL pada semua website termasuk website personal.

Cara Melakukan Konfigurasi SSL Website WordPress

Setelah Anda mengorder dan menginstal sertifikat SSL di cPanel Anda, maka secara otomatis website Anda akan dapat diakses dengan menggunakan SSL (https – kami akan membahas cara instalasi SSL di cPanel pada artikel selanjutnya.Di Niagahoster, Anda dapat melakukan instalasi SSL hanya dengan sekali klik). Namun, agar semua halaman website di enskripsi dengan SSL maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini:

Ubah URL Wordress menjadi https – untuk mengubah URL WordPress, maka Anda dapat melakukannya pada menu dashboard wordpress Anda dan pilih Settings >> General dan ubahlah urlnya menjadi https pada WordPress Address (URL) dan Site Address (URL):

ubah url ssl
Install plugin WP Force SSL atau WordPress HTTPS (SSL) – agar semua halaman, gambar/image, font dan lain-lainnya dapat ter-enkripsi dan tidak menampilkan error pada browser, maka Anda harus menginstal plugin tersebut. Kedua plugin tersebut bekerja dengan baik dan tidak perlu melakukan konfigurasi khusus. Anda dapat melakukan kustomisasi dengan menggunakan plugin tersebut jika Anda memerlukannya.

Selesai. Dengan begitu maka secara otomatis semua data pada website Anda akan dikirimkan ke pengunjung Anda dengan socket SSL dan tentu Anda akan dapat segera menikmati posisi SEO yang baik di google karena google akan mengutamakan website-website dengan SSL di dalamnya.

Semoga bermanfaat dan silakan berikan komentar Anda melalui form komentar untuk berbagi dengan ribuan user yang lainnya 🙂

Update: Saat ini SSL dapat diperoleh secara gratis dan tidak perlu membayar kembali serta dapat aktif selamanya. Untuk panduan mendapatkan SSL gratis dan konfigurasinya, silakan cek pada panduan kami berikut:


2 Comments

Calya

February 8, 2017 at 6:20 pm

Cara menghilangkan https:// ke http:// bagaimana ya? Kenapa situs saya berubah otomatis setelah menginstall plugin w3

Leave a Reply