Ubah php.ini pada Single Akun di cPanel dan DirectAdmin

Ubah php.ini pada Single Akun di cPanel

Ubah php.ini pada Single Akun di cPanel dan DirectAdmin

Last updated on
Hosting Unlimited Indonesia

Ubah php.ini pada Single Akun di cPanel

Ubah php.ini pada Single Akun di cPanel dan DirectAdmin – Cara mengubah konfigurasi php.ini untuk per akun (single akun) berikut dapat dipastikan bekerja dengan baik pada cPanel/WHM dan DirectAdmin yang menggunakan cloudlinux.

Pada layanan shared hosting atau server shared, tidak jarang klien meminta konfigurasi tertentu pada php.ini untuk menjalankan script yang digunakannya. Jika Anda melakukan pengubahan tersebut, maka secara otomatis perubahan yang Anda lakukan pada php.ini akan terjadi juga untuk klien yang lainnya dan tentu hal tersebut sangat tidak baik untuk security atau performa server shared Anda.

Namun, masalah tersebut bisa dipecahkan jika Anda menggunakan cloudlinux. Dengan memanfaatkan salah satu fitur cloudlinux yaitu cagefs (cara instalasi cagefs di cloudlinux), maka akan dimungkinkan untuk Anda melakukan pengubahan konfigurasi tertentu di php.ini hanya untuk satu user atau beberapa user saja. Berikut panduannya.

catatan: perintah berikut tidak akan berfungsi jika user yang akan diubah menggunakan versi php native dari server sehingga Anda harus mengubah versinya ke selain versi native.

Login sebagai root di server Anda dan jalankan perintah berikut untuk masuk cagefs user tersebut:

cagefsctl –enter usernameklien. misal:

#cagefsctl --enter idsysadm

Setelah itu, carilah path untuk versi yang digunakan oleh user tersebut dengan perintah berikut:

#php -i | grep alt_php.ini

Maka Anda akan memperoleh path php.ini untuk user tersebut. contoh hasil dari perintah tersebut:

Additional .ini files parsed => /opt/alt/php55/etc/php.d/alt_php.ini

Setelah itu, Anda dapat membuka file tersebut dengan menggunakan perintah editor seperti vim atau nano untuk menambahkan atau mengubah nilai php.ini untuk user tersebut. misal:

#vim /opt/alt/php55/etc/php.d/alt_php.ini

Misalnya anda ingin menaikkan max_execution_time menjadi 500, maka Anda cukup menambahkan baris perintah: max_execution_time = 500 . Atau Anda juga dapat menggunakan perintah berikut untuk mempercepat penambahannya:

#echo max_execution_time = 500 >> /opt/alt/php55/etc/php.d/alt_php.ini

Setelah itu, ketik exit untuk keluar dari cagefs dan selesai:

#exit

Selesai dan semoga bermanfaat.

Merasa bingung atau kesulitan dengan artikel di atas, silahkan gunakan form berikut untuk berkonsultasi gratis kepada kami.

Nama lengkap Anda
Alamat email Anda
subject pesan Anda
Pesan Anda

Leave a Reply