5 Plugin Backup WordPress Terbaik (Pro dan Kontra)

5 Plugin Backup WordPress Terbaik (Pro dan Kontra)

Last updated on

Category : Wordpress

Hosting Unlimited Indonesia

Plugin Backup WordPress Terbaik

5 Plugin Backup WordPress Terbaik (Pro dan Kontra) – Membuat backup wordpress secara teratur adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebagai seorang webmaster atau pemilik website. Backup akan memberikan rasa aman bagi Anda jika suatu saat ada kejadian hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya serangan hacker atau masalah pada server. Ada banyak plugin wordpress gratis dan berbayar yang dapat Anda gunakan untuk melakukan backup website wordpress Anda dan pada artikel ini, kami akan membahas tentang 5 Plugin Backup WordPress Terbaik dan direkomendasikan.

Penting: Banyak layanan web hosting yang menyediakan layanan backup secara otomatis tetapi Anda harus ingat bahwa membackup website wordpress Anda sendiri adalah tanggung jawab Anda. Jangan pernah menyerahkan sepenuhnya permasalahan backup website Anda ke layanan hosting Anda. (Baca juga: Bagaimana Membuat Backup Database WordPress Secara Manual)

5 Plugin Backup WordPress Terbaik (Pro dan Kontra)

1. VaultPress

VaulPress sendiri dibuat oleh pendiri WordPress, Matt Mullenweg dan timnya. Plugin ini tidak gratis atau berbayar dengan beberapa paket yang tersedia. VaultPress menawarkan backup secara real-time di server cloud dengan harga mulai $5 / bulan.

Untuk melakukan konfigurasi baik untuk membuat dan merestore backup sangatlah muda dan hanya membutuhkan beberapa klik saja. Bahkan, VaultPress juga menyediakan fitur untuk scanning keamanan/malware.
Satu-satunya kelemahan dari VaultPress adalah berbayar dan jika Anda memiliki beberapa website maka tentu biayanya akan sedikit lebih mahal.

2. BackupBuddy

BackupBuddy adalah plugin Backup WordPress yang paling populer di kalangan pengguna WordPress. BackupBuddy memungkinkan untuk membuat backup harian, mingguan atau bulanan dan kemudian menyimpannya di Dropbox, Amazon S3, FTP, Rackspace dan bahkan mengirimkannya ke email Anda sendiri.
Salah satu keunggulan dari BackupBuddy adalah lisensinya yang lebih murah. Bahkan BackupBuddy juga memungkinkan untuk Anda menggunakan backup tersebut untuk memindahkan website wordpress Anda ke layanan hosting yang berbeda daan tanpa adanya Downtime.

Kelemahannya adalah plugin ini berbayar dan Anda harus mengeluarkan dana ekstra untuk hal ini.

3. BackWPup

BackWPup adalah plugin gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat backup wordpress secara lengkap, gratis dan menyimpannya ke layanan cloud seperti (Dropbox, Amazon S3, Rackspace dan lain-lain), ke server lain dengan FTP, email atau komputer Anda.

Plugin ini sangat mudah digunakan dan memungkin untuk Anda juga melakukan penjadwalan backup secara otomatis sesuai dengan kebutuhan Anda.
Untuk melakukan restore dan backup juga sangat mudah. Untuk versi berbayar, BackWPup Pro memberikan layanan prioritas support dan juga menyimpan backup wordpress Anda ke google Drive dan beberapa fitur yang lainnya.

4. BackUpWordPress

BackUpWordPress juga memiliki fitur backup yang lengkap melakukan backup WordPress termasuk dengan sistem penjadwalan backup otomatis. Satu-satunya masalah pada BackUpWordPress adalah pada versi gratisnya tidak memungkinkan untuk menyimpan backup wordpress Anda ke layanan cloud.

Jika Anda ingin menyimpan backup di Dropbox, Google Drive, FTP dan lain-lain maka Anda harus menggunakan versi premiumnya.

5. UpdraftPlus

UpdraftPlus adalah salah plugin backup wordpress yang disarankan. UpdraftPlus juga memungkinkan untuk membuat backup wordpress dan menyimpannya di layanan cloud atau mendownloadnya di PC Anda. UpdraftPlus juga memiliki versi premium dengan beberapa fitur tambahan dan Addon.

Salah satu kelemahan dari UpdraftPlus adalah meski memiliki fitur yang lengkap namun interfacenya cukup membingungkan. Bagi seorang pemula akan opsi-opsinya akan sedikit membingungkan. Meski begitu, UpdraftPlus tetap mendapatkan rating yang bagus di direktori plugin wordpress.

Conclusion atau Kesimpulan

Masing-masing plugin 5 Plugin Backup WordPress Terbaik di atas memiliki pro dan kontra. Kami sendiri menyarankan agar Anda menggunakan VaultPress karena dua alasan berikut. Pertama karena sangat mudah digunakan. Kedua, VaultPress menggunakan sistem real-time-incremental backup yang artinya backup hanya dilakukan perama kali saja secara lengkap dan selanjutnya akan dilakukan backup untuk perubahannya saja dan tentu ini akan sangat bermanfaat untuk mengurangi penggunaan resource server secara berarti khusunya untuk website wordpress dengan data yang besar.

Namun, bagi Anda yang baru saja menjalankan atau memiliki website yang masih relatif kecil dan tidak ingin membayar biaya bulanan maka kami menyarankan untuk menggunkan BackWPup. Karena plugin ini selain gratis, BackWPup juga memungkinkan Anda untuk menyimpan backup ke layanan cloud seperti DropBox dan lain-lain dengan beberapa klik saja.

That’s all. Kami harap daftar tersebut dapat membantu Anda untuk memilih plugin yang tepat untuk website. Biasakan untuk membuat backup website wordpress Anda secara teratur untuk menghindari masalah yang mungkin saja terjadi ke depannya untuk website Anda.


Leave a Reply