Apa itu Plugin Hello Dolly dan Fungsinya di WordPress?

Apa itu Plugin Hello Dolly dan Fungsinya di WordPress?

Last updated on

Category : Wordpress

Hosting Unlimited Indonesia

Hello Dolly Default WP

Apa itu Plugin Hello Dolly dan Fungsinya di WordPress? – Sebagai pengguna wordpress pasti Anda pernah melihat plugin Hello Dolly di wordpress Anda karena plugin tersebut secara default terinstal di wordpress Anda saat pertama website wordpress Anda diinstall. Sayangnya, wordpress hanya memberikan keterangan sama-samar tentang plugin tersebut. Untuk itu, kami akan membahasnya secara rinci pada artikel kali ini.

Apa itu plugin Hellow Dolly di WordPress?

Plugin Hello Dolly wordpress

Hello Dolly adalah plugin wordpress yang sangat sederhana dan secara default terinstal di wordpress. Jika Anda mengaktifkannya maka akan menampilkan lirik lagu dari Hello Dolly yang sangat terkenal dinyanyikan oleh Louis Armstrong.

Jika Anda membaca deskripsi plugin tersebut maka isinya sangatlah tidak jelas dan tidak menjelaskan apapun terkait dengan fungsi plugin tersebut. Berikut penjelasannya:

Ini bukanlah hanya sebuah plugin, tetapi juga merupakan simbol dari harapan dan antusiasme dari seluruh gernerasi yang diambil dari lagu yang terkenal dinyanyikan oleh Louis Armstrong.

Kami yakin Anda penasaran dan BENAR bahwa plugin ini tidak berguna sama sekali untuk semua proses dalam pembuatan website di wordpress.

Lalu, mengapa plugin tersebut terinstal di wordpress secara otomatis?

Sejarah dari Plugin Hello Dolly WordPress

Hello Dolly merupakan plugin pertama kali yang dibuat pada Wordpess. Plugin tersebut dibuat pada Mei, 2004 bersamaan dengan dirilisnya versi wordpress 1.2. Hello Dolly dibuat oleh pembuat WordPress sendiri yaituΒ  Matt Mullenweg. Sejak saat itu, plugin Hello Dolly terus disisipkan secara otomatis di semua versi WordPress.

Apa tujuan dibuatnya Plugin Hello di WordPress?

Selain dari keterangan yang kurang jelas tersebut, plugin Hello Dolly juga tidak memiliki tujuan apapun terkait dengan fungsi wordpress secara umum. Kami juga melihat beberapa perdebatan di forum-forum terkait hal ini dan meminta untuk menghapusnya dari paket instalasi wordpress, namun plugin tersebut masih ada meski telah lebih dari 11 tahun.

Alasan utama mengapa plugin tersebut masih ada hingga saat ini adalah bahwa plugin tersebut dapat membantu para developer baru dalam membuat plugin baru WordPress meski faktanya Plugin Hello Dolly tersebut bukanlah contoh yang baik dalam mengembangkan atau belajar dalam menulis plugin wordpress.

Kami meyakini bahwa alasan mengapa plugin tersebut hingga saat ini sebagai default di paket instalasi wordpress adalah alasan tradisi πŸ™‚ karena bagi para pengguna wordpress atau pengembang utama wordpress dapat mengingatkan hari terbaik awal dimulanya dapat digunakan di wordpress dan seberapa lama wordpress telah dikenalkan ke publik.

Apakah saya bisa menghapus Plugin Hello Dolly WordPress tersebut?

Tentu. Anda dapat menghapus plugin Hello Dolly dan tidak akan berdampak apapun di website Anda. Meski begitu, banyak orang yang tetap membiarkannya terinstal dengan kondisi tidak diaktifkan. Namun, pengalaman kami, kami menemukan banyak hacker yang memasang kode malware dan hacking di beberapa thema dan plugin wordpress default yang telah outdate.

Karena alasan tersebutlah maka kami menyarankan agar Anda MENGHAPUS semua plugin yang tidak Anda gunakan di wordpress Anda termasuk plugin Hello Dolly.

Kami harap artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang plugin Hello Dolly WordPress dan semoga bermanfaat πŸ™‚


15 Comments

Bisnis Tuyul

January 13, 2016 at 12:27 am

Terimakasih infonya…

Mau dihapus takut kenapa2, ternyata emang gak ada fungsi khususnya ya…

Saya hapus aza dech di web baru saya…

Bisnis TUYUL

Hehe…

Salam kenal…

    SysAdmin

    February 9, 2016 at 1:19 pm

    Benar. Semoga bermanfaat informasinya

wahyu

February 8, 2016 at 4:43 pm

baik gan.
info yang sangat bagus.
akan kami terapkan di web kami..
sekali lagi terimakasih telah berbagi info..

Skey Powder Milk

April 23, 2016 at 12:13 am

Pencerahannya mengenai plugin hello dolly-nya komplit, informatif dan sangat bermanfaat

Softmadia

May 24, 2016 at 9:01 am

Bener banget gan, Selama ini saya tidak tahu apa maksudnya, Sempat bingung juga sih buat apa si dolly itu. Tapi sekarang udah cukup mendapat pencerahan dari artikel ini. Terimakasih sharenya gan. Salam kenal dan salam sukses

Masruri

September 5, 2016 at 11:45 am

Baru tahu ane gan…lansung terapin dulu ah…..makasi infonya ya gan…

Ayosmart

September 5, 2016 at 11:47 am

Baru tahu ane gan…makasi ya infonya….langsung ane terapin nih….

    Wayan

    September 9, 2016 at 4:09 pm

    Silakan karena ini sifatnya hanya pengetahuan. plugin dolly bisa dihapus dan tidak masalah sama sekali.

Seva

October 31, 2016 at 8:38 am

Ane juga bingung, namanya masih nubi nih dalam dunia wp, lihat plugin in deskripsinya aneh banget , but cari deh info nya, ternyata ga terlalu penting juga toh !! Makasih banyak min infonya bermanfaat πŸ™‚

    Wayan

    November 2, 2016 at 8:50 am

    Benar. Tetapi secara konsep plugin ini memang bagus untuk pembelajaran πŸ™‚

caramadia

December 8, 2016 at 8:56 am

Buat saya pribadi, Hello Dolly sebenarnya mengganggu, tapi ya karena mudah menghapusnya jadi gak masalah
terimakasih informasinya. Salam

kang mamang

January 18, 2017 at 3:00 pm

terjawab sudah keraguan saya…. thank infonya min…

    Wayan

    January 18, 2017 at 10:13 pm

    Senang dapat membantu hal ini karena memang plugin ini sebenarnya hanyalah testing dan selalu ada ketika wordpress di install atau aktif pertama kali.

Izaki

February 14, 2017 at 5:01 pm

Mungkin demi memberdayakan tradisi dimana asal muasal wordpress berada, untungnya sih bisa dihapus. aneh juga plugin lirik lagu jadi default.

    Wayan

    February 15, 2017 at 5:56 am

    Benar sekali. Karena plugin ini merupakan plugin legendaris πŸ™‚ . Namun, tetap sangat disarankan untuk menghapus plugin hello dolly tersebut untuk menghindari vulnerability yang mungkin muncul.

Leave a Reply