Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula

  • 0
Cara Membaca Google Analytics

Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula

Tags :

Category : Tutorial Umum

Cara Membaca Google Analytics

Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula – Google Analytics adalah tool untuk menganalisis website yang sangat powerful namun tak jarang para newbie kesulitan dalam menggunakannya. Cara Menginstall Google Analytics di WordPress sangatlah mudah dan telah kami bahas sebelumnya. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula. Pada panduan cara membaca Google analytics untuk pemula ini, kami akan menjelaskan tentang laporan standard Google Analytics, bagaimana menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan pengunjung website dan menjalin hubungan dengan para pengunjung.

Setiap akun Google Analytics memiliki fitur laporan tersebut dan Anda tidak perlu melakukan hal yang spesial untuk mengaktikfkannya. Anda hanya perlu melakukan login di akun Google Analytics dan semua informasi tersebut akan tersedia.

Bagaimana Memulainya?

Tanpa pengetahuan tentang bisnis atau tujuan dari website Anda, maka Google Analytics hanya akan memberikan angka untuk Anda dan angka hanyalah sekedar angka. Anda harus memulainya dengan beberapa pertanyaan dan menggunakan Google Analytics untuk menjawabnya. Hal ini karena tanpa pertanyaan tersebut maka Anda hanya akan melihat angka saja.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang dapat dijawab menggunakan Google Analytics:

  • Bagaimana cara mengetahui pengunjung blog atau website Anda?
  • Bagaimana pengunjung menemukan website Anda?
  • Bagaimana bagaimana meningkatkan pengunjung website Anda?
  • Arikel atau posting apa saja yang disukai pengunjung website Anda?
  • Seberapa cepat akses atau loading website Anda?
  • Apa yang sedang terjadi pada website Anda¬†saat ini?

Bagaimana cara mengetahui pengunjung blog atau website Anda?

Cara terbaik untuk mempelajari dan mengetahui pengunjung website Anda adalah dengan melakukan survei. Cara terbaik selanjutnya adalah dengan melakukan analisis audience atau pengunjung melalui laporan standard yang ada di menu Dashboard Google Analytics.

cara-membaca-google-analytics-untuk-pemula

Dari laporan audience maka Anda akan dapat menemukan lokasi dari pengunjung website Anda, teknologi yang mereka gunakan untuk mengakses website dan informasi menarik lainnya.

Sebagai contoh, apakah website Anda sudah mobile friendly? perlukah Anda website mobile friendly? Anda dapat menemukannya melalui menu Audience -> Overview untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung mengakses website Anda melalui perangkat mobile atau tablet. Jika Anda melihat pada menu Devices, Google Analytics akan memberitahu Anda perangkat apa saja yang digunakan oleh pengunjung Anda.

google-analytics-device

Penasaran kapan waktu yang tepat waktu untuk melakukan posting di website Anda? Anda dapat menemukannya pada menu Geo -> Location dan Anda dapat menemukan negara atau wilayah mana saja pengunjung Anda berasal. Berdasarkan informasi tersebut maka Anda akan mengetahui waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan posting. Anda juga dapat menemukan banyak informasi lainnya di menu audience.

Bagaimana pengunjung menemukan website Anda?

Terdapat dua fitur laporan yang secara pribadi yang saya sangat sukai di Google Analytics yaitu laporan tentang sumber traffic website yaitu sumber dari semua traffic dan yang berasal dari laporan. Menu tersebut berada pada menu Acquisition.

analytics-sumber-traffic

All Traffic memberikan informasi tentang bagaimana pengunjung menemukan website Anda. Menu tersebut memuat semua informasi dari Direct dimana seseorang langsung mengetikkan URL website Anda di browser hingga dari mesin pencari termasuk Google.

All Referrals berisi tentang informasi laporan khsusus pengunjung yang datang dengan melalui sebuah link website lain ke website Anda. Menu ini tidak akan memuat informasi dari mesin pencari termasuk Google dan juga traffic langsung atau Direct.

Jika Anda melakukan link building atau melakukan share website Anda di forum atau hal lainnya maka Anda dapat menggunakan informasi All Referrals ini untuk melakukan tracking apakah yang Anda lakukan tersebut mendatangkan traffic di website Anda atau tidak. Jika Anda menggunakan social media seperti facebook maka Anda juga dapat melihat informasi apakah mereka mengunjungi website Anda atau tidak.

Selain itu, jika Anda ingin menggali informasi lebih dalam terkait dengan traffic dari social media maka Anda harus melihat laporan pada menu Social. Menu social akan menunjukkan tentang masing-masing social media yang mendatangkan traffic di website Anda. Menu social ini meliputi facebook, pintereset, Reddit, Digg dan lain-lain.

Bagaimana bagaimana meningkatkan pengunjung website Anda?

Berdasarkan informasi yang didapat sebelumnya, setelah Anda amengetahui bagaimana pengunjung menemukan website Anda maka Anda akan mengetahui bagaimana meningkatkan traffice website Anda. Terdapat dua cara untuk melakukan hal ini yaitu melakukan lebih banyak hal yang mendatangkan traffic di website Anda, melakukan evaluasi dan tidak melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan.

Jika Anda menghabiskan waktu beberapa jam di Pinterest dan hanya memberikan sedikit traffic di website Anda dalam sebulan maka Anda harus melakukan evaluasi hal tersebut. Namun, jika Anda menghabiskan waktu beberapa menit saja di facebook dan mendatangkan banyak traffic maka Anda perlu menghabiskan banyak waktu lagi di facebook untuk meningkatkan lebih banyak pengunjung.

Untuk mendapatkan data yang lebih banyak maka silakan klik ulang laporan Social di menu Overview. Menu tersebut akan memberikan informasi terkait halaman atau URL mana dari website Anda yang paling populer di Social media.

Apakah ada trend artikel Anda yang menarik pengguna social media? jika ada, maka Anda harus mencoba membuat artikel yang memiliki keterkaitan atau memiliki topik yang sama dengan artikel tersebut dan mempromosikannya di social media.

Posting apa yang disukai pengunjung wesite Anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini maka kami merekomendasikan agar Anda melihat laporan pada menu Behavior -> Site Content -> All Pages.

all-pages-behavior

All Pages akan memberikan informasi terkait dengan posting dan halaman yang paling banyak dikunjungi di website Anda. Menu tersebut juga akan memberikan informasi tentang waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di halaman tersebut, bounce rate (rasio pentalan) dan persentase exit dalam laporan standard.

Berikut adalah penjelasn singkat tentang masing-masing informasi tersebut:

Pageviews/Unique Pageviews adalah Informasi ini menunjukkan informasi jumlah pengunjung websie Anda. Pageviews adalah jumlah halaman website Anda diakses, unique pageviews adalah jumlah halaman website Anda diakses oleh unique visitor (pengunjung yang berbeda). Jika satu orang pengunjung mengakses halaman pada website Anda dua kali, maka akan dihitung sebagai dua (2) pageviews dan dihitung satu (1) sebagai unique Pageview.

Avg. Time on Page adalah informasi tentang lamanya seorang berada di halaman tersebut. Tujuan masing-masing halaman sangatlah berbada sehingga Anda tidak dapat membandingkan halaman satu dengan halaman lainnya. Namun, informasi ini akan berguna untuk mengetahui halaman mana yang menarik bagi pengunjung Anda sehingga meluangkan waktu yang lama di halaman tersebut. Jika Anda melihat rata-rata waktu yang dihabiskan di halaman tersebut hanya beberapa detik maka mungkin bisa saja terjadi karena posting atau artikel Anda tidak menarik atau hanya artikel pendek. Hanya Anda sebagai pemilik website yang mengetahui hal ini.

Bounce Rate adalah rasio pentalan yang menunjukkan persentase dari pengujung Anda yang mengunjungi satu halaman saja ketika mengakses website Anda. Misalnya, seorang pengunjung hanya mengakses satu halaman dan langsung menutup browsernya tanpa membuka halaman lain di website Anda.

Semua informasi tesebut sangatlah penting dan Avg. Time adalah hal yang paling penting untuk menilai artikel dari website Anda. Semakin lama pengunjung berada di artikel tersebut maka artinya artikel Anda semakin bagus.

Secara general, normalnya seseorang akan menghabiskan waktu hingga satu menit untuk 130 kata. Anda dapat menggunakan parameter tersebut untuk mengambil kesimpulan apakah pengunjung Anda membaca artikel Anda secara keseluruhan atau hanya melewatinya setelah beberapa waktu (scanning saja).

Seberapa Cepat Website Anda?

Kecepatan akses sebuah website sangatlah penting bagi pemilik website. Anda harus memastikan pengunjung tidak menunggu waktu yang lama untuk mengakses website Anda. Anda dapat selalu melakukan test kecepatan website Anda dengan beberapa tools termasuk Google Pagespeed.

Pada menu Behavior->Site Speed->Page maka Anda dapat melihat seberapa lama waktu yang diperlukan untuk mengakses halaman website Anda termasuk dengan membandingkannya dengan website Anda secara keseluruhan.

pagespeed analytics

Apa yang terjadi dengan website Anda saat ini?

Menu Real Time di Google Analytics akan memberikan informasi tentang siapa pengunjung yang sedang berada di website Anda saat ini, apa yang mereka baca dan dari mana pengunjung tersebut berasal.

Memahami laporan Google Analytucs adalah sangat penting. Apa yang kami jelaskan pada Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula ini adalah hal yang dasar saja. Semakin Anda sering menggunakannya maka akan semakin banyak informasi yang Anda dapatkan dan menggunakan untuk meningkatkan pengunjung di website Anda.


Leave a Reply