Bagaimana Perbaiki WordPress de-index oleh Google

traffic search engine

Bagaimana Perbaiki WordPress de-index oleh Google

Last updated on
Hosting Unlimited Indonesia

Bagaimana Perbaiki WordPress de-index oleh Google – Mesin pencari seperti google adalah sumber utama traffic atau pengunjung dari sebuah website di internet. Jika website anda di de-index oleh google maka artinya website Anda akan memiliki masalah dalam hal jumlah pengunjung atau hampir tidak ada orang yang dapat menemukan website Anda. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa ulasan mengapa website Anda di de-index oleh google dan apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

Pengertian Deindex Google

Deindex google adalah hilangnya sebuah website atau blog dari hasil pencarian mesin pencari Google. Artinya, jika website atau blog maka website Anda tidak akan ditemukan di Google dan ini sangatlah buruk karena artinya Anda akan kehilangan sumber traffic atau pengunjung terbesar yang ada di Internet.

Penyebab Deindex Google

Banyak hal yang menyebabkan mengapa website Anda tidak muncul dari hasil pencarian di google. Kami akan langsung saja ke masalah yang sering menyebabkan mengapa sebuah website dihapus dari hasil pencarian google atau di deindex satu persatu.

Google sendiri telah menjelaskan secara singkat Penyebab deindex google pada sebuah website di antaranya adalah: website secara terbukti melanggar hukum seperti hak cipta dan lain-lain, tidak memenuhi standard kualitas dari google atau alasan lainnya seperti website yang menyebabkan para pengguna google gagal mendapatkan informasi yang sedang dicarinya secara tepat.

Google sendiri akan memberitahu jika website atau blog Anda melanggar ketentuan yang diterapkannya melalui webmaster tools (saat ini telah berubah menjadi google console). Untuk itu, pastikan Anda mendaftarkan website atau blog ke webmaster tools untuk mendapatkan informasi ini.

Untuk itu, pastikan untuk melakukan review konten website Anda. Jika konten website Anda mengandung hal yang ilegal dan membahayakan maka google akan menghapusnya dari mesin pencari mereka. Pastikan Anda paham tentang panduan Google Webmaster.

Jika Anda yakin telah terbebas dari hal tersebut dan terkena deindex, maka silakan membaca ulasan kami selanjutnya berikut ini.

Mengembalikan Website setelah di de-index oleh google.

Cek Konfigurasi Search Engine di WordPress Anda

WordPress memiliki pilihan untuk menyembunyikan website Anda dari mesin pencari atau agar website Anda tidak dimasukkan pada hasil pencarian google. Tujuan dari fitur ini adalah memberikan kebebasan kepada pemilik website agar tidak dimasukkan ke dalam hasil pencarian mesin pencari seperti google.

Sangat mungkin terjadi secara tidak sengaja oleh Anda atau tim member yang memiliki akses di website Anda dengan level admin mengaktifkan fitur ini.

Untuk itu, pastikan hal ini tidak terjadi. Login di admin area wordpress Anda dan pilih menu Settings >> Reading.
wordpress search

Pastikan bahwa pilihan Search Engine Visibility tidak dicentang. Jika dicentang, maka Anda harus menghilangkan centangnya dan kemudian simpan konfigurasi Anda dengan memilih tombol Save Settings.

Cek Website Anda dengan Google Search Console

Google memberikan pilihan bagi webmaster untuk melihat bagaimana website Anda dilihat dari sisi google dengan menggunakan Search Console (sebelumnya adalah webmaster tools). Silakan baca tentang panduan google webmaster tools pada: Cara Mengirim Sitemap Website ke Google Webmaster Tools

Setelah login di akun Google Search Console maka akan terdapat menu utama dimana google akan secara otomatis memberitahu Anda jika ada masalah pada website Anda.

google search

 

Messages: Ini adalah menu dimana google mengirimkan pesan langsung ke akun Search Console Anda jika ada informasi penting yang perlu diinformasikan. Pastikan untuk tidak melewatkan pesan dari Google ini.

Crawl errors: Jika ada beberapa alasan mengapa google tidak dapat melakukan crawl atau merayapi website Anda, maka halaman ini akan meampilkan error tersebut.

Security: Dalam halaman ini, google akan memberitahu Anda jika ada masalah keamanan pada website Anda.

Salah satu hal utama yang menyebabkan website di deindex oleh google adalah karena adanya malware di dalamnya. Jika wordpress Anda di hack dan hacker tersebut dapat menyusupkan malware di dalam website Anda sehingga akan membahayakan pengunjung Anda. Secara otoamtis, browser akan memberikan peringatan bahwa website Anda berbahaya. Berikut adalah contoh tampilan sebuah website yang diserang oleh Malware dan dianggap berbahaya:

malware browser

Untuk solusi membersikan malware, silakan ikuti panduan berikut ini:

Cara Membersihkan WordPress dari Malware dan Virus
Mengapa Anda Harus Menggunakan Versi WordPress Terbaru

Hubungi Google

Setelah semua tahap tersebut dipastikan telah diperbaiki, memastikan website Anda aman, maka anda dapat menghubungi google dan meminta mereka untuk mempertimbangkan ulang memasukkan website anda ke hasil pencarian mereka.

Untuk menghubungi google dan mempertimbangkannya, silakan submit permintaan Anda di SINI (Anda harus login webmaster console untuk dapat melakukannya).

Selesai dan silakan menunggu jawaban dari google. Google akan membalasnya ke email Anda dan biasanya juga akan dimasukkan ke dalam webmaster tools Anda pada kolom pesan.

Kami harap bahasan tentang Deindex Google ini dapat membantu Anda dalam mengindentifikasi dan menyelesaikan masalah terkait dengan website yang di deindex oleh google.

Kami juga sangat senang jika Anda bersedia untuk berbagi pengalaman jika pernah mengalami Deindex Google pada website Anda atau silakan bertanya jika masih mengalami masalah dengan Deindex Google melalui form komentar yang kami sediakan.


Leave a Reply