Cara Mengirim Sitemap Website ke Google Webmaster Tools

webmaster tools

Cara Mengirim Sitemap Website ke Google Webmaster Tools –  Mesin pencari seperti google sangat pintar untuk menemukan sebuah sitemap. Google dan Bing akan mengetahui perubahan pada website kapanpun Anda mem-pulish artikel atau konten di website dengan melalui ping (wordpress secara otomatis melakukanya). Namun, kami sangat menyarankan Anda mengirimkan sitemap website ke google dengan menggunakan Google Webmaster Tools. Salah satu keuntungan dari melakukan ini adalah bahwa Anda akan mengetahui masalah pada website Anda (jika ada), halaman yang telah di-index oleh google dan informasi – informasi lain yang dapat membantu Anda sebagai seorang pemilik website.

Tutorial ini hanya bekerja jika Anda telah memiliki sitemap XML. Baca pengertian sitemap xml dan cara membuatnya pada: Fungsi Sitemap dan Cara Membuat Sitemap Website WordPress

Untuk melakukannya silakan akses Google Webmaster Tools. Jika Anda belum login ke akun Google Anda maka Anda akan diminta untuk login. Setelah login di akun Google Webmaster Tools Anda maka Anda akan menemukan tombol atau menu “Add Property” atau “Tambah Website. Klik tombol tersebut dan masukkan website Anda.

webmaster tools add website

Selanjutnya, Anda akan diminta melakukan verifikasi kepemilkan website yang Anda tambahkan tersebut. Terdapat beberapa cara melakukan verifikasi tersebut. Namun karena pada artikel sebelumnya dijelaskan akan menggunakan plugin WordPress SEO by Yoast maka cara termudah adalah dengan menggunakan HTML tag dan mempastenya ke plugin SEO by Yoast. Untuk melakukan hal tersebut, silakan klik menu Alternate Methods dan Anda akan dapat melihat kode HTML tag yang diberikan:

meta tag html

Copy dan paste baris kode setelah kata “content” seperti yang dibold pada gambar di atas ke notepad atau wordpad. Tetap biarkan halaman webmaster tools terbuka karena kita akan membutuhkannya kembali untuk melakukan verifikasi. Selanjutnya, masuk ke admin wordpress Anda dan kemudian pilih menu SEO >> General >> Webmaster Tools. Selanjutnya paste kode HTML Meta Tag tersebut ke kolom google dan kemudian klik “Save Changes”.

Seo Meta tags

Kembali ke halaman verifikasi Google Webmaster Tools Anda dan kemudian klik tombol “Verify”. Selanjutnya Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa website Anda telah berhasil ditambahkan. Klik tombol Continue untuk masuk ke halaman dashboard webmaster tools website Anda.

Setelah masuk ke halaman dasboard google webmaster tools untuk website Anda, maka pilih menu Crawl >> Sitemap >> Add / Test Sitemap untuk mengirim sitemap website Anda ke google.

add sitemap

add test sitemap

SEO by Yoast secara otomatis membuat beberapa sitemap secara keseluruhan di website. Sitemap utama website SEO by Yoast adalah sitemap_index.xml yang mengandung semua isi sitemap dari website Anda. Anda dapat mensubmit sitemap_index.xml saja atau mensubmit sitemap – sitemap yang lainnya satu persatu. Kami menyarankan agar Anda mensubmit sitemap utama website Anda sitemap_index.xml dan Google akan secara otomatis menemukan semua sitemap website Anda dan menelusurinya.

Setelah Anda berhasil menambahkan sitemap website Anda maka sitemap tersebut akan memiliki status Pending. Dibutuhkan beberapa menit agar Google berhasil menelusuri website Anda. Setelah selesai, maka webmaster tools Anda akan menampilkan statistik tentang sitemap Anda yang meliputi total link yang ditemukan di sitemap Anda, berapa sitemap yang di index dan lain-lain.

statistik sitemap

Kunjungilah Google Webmaster Tools sesering mungkin dan setidaknya sebulan sekali. Hal ini karena semakin besarnya website Anda maka Anda akan menemukan banyak informasi tentang website Anda dimata Google. Informasi – informasi tersebut tentunya sangat berguna untuk terus mengembangkan performa website Anda dimata mesin pencari, termasuk google.

Kami harap artikel ini dapat membantu dan berguna untuk Anda dalam melakukan verifikasi google webmaster tools dan mengirimkan sitemap website wordpress ke dalamnya. Silakan berikan komentar jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini atau memiliki pendapat lain tentang artikel ini.

Happy Blogging 🙂

Bagikan Artikel Ini

10 Replies to “Cara Mengirim Sitemap Website ke Google Webmaster Tools”

  1. Terima kasih atas artikelnya
    Ada yang mau saya tanyakan, bila kita melakukan update di blog setiap hari apa setiap hari pula setelah kita update mengirim sitemap ke Google Webmaster Tools?

    Atas jawabannya diucapkan terima kasih.

    1. Tentu tidak. karena jika sudah dengan sitemap, maka secara otomatis google akan men-crawl sitemap itu secara otomatis. Itulah kenapa kami membuat dua panduan tentang sitemap karena sitemap yaitu yang berupa XML (untuk mesin pencari seperti google) dan HTML untuk pengunjung. Informasinya dapat dicek pada:

      Sitemap XML: https://www.idsysadmin.com/fungsi-sitemap-dan-cara-membuat-sitemap-website-wordpress.html
      Sitemap HTML: https://www.idsysadmin.com/cara-membuat-halaman-sitemap-html-di-wordpress.html

  2. Terimakasih gan saya tadi agak bingung karena sitemap yg dlu error mungkin karena ganti plugin dr yoast nya.. terus saya submit pakai sitemap dari yoast secara menyeluruh sitemap_index.xml ke web master seperti ug agan jelaskan tadi tapi index web saya jd dari nol lagi ya?
    Dr 700 submit yg ke index baru 5..

    Mohon pencerahan nya apakah sperti itu kembali index dr nol atau ada yg salah?

    1. Terima kasih atas feedbacknya. Kami sangat senang panduan Mengirim Sitemap di webmaster tools kami dapat membantu Anda dan pembaca lainnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *