Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis Selamanya

email bisnis nama domain

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis Selamanya –  Google telah menghentikan layanan email gratis dengan domain sendiri sejak lama dan Microsoft pun juga melakukan hal yang sama (menghentikan layanan email dengan domain sendiri gratis). Hal inilah yang membuat kami mencoba mencari solusi membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya dan tentu yang reliable.

Terdapat beberapa layanan email yang memiliki kualitas yang sama seperti dengan Gmail dan Outlook dan salah satunya adalah Yandex.

Yandex adalah perusahaan yang berpusat di Rusia yang telah memiliki banyak layanan termasuk Email. Yandex sendiri didirikan pada tahuan 1997 dan saat ini kebanyakan orang mengenalnya sebagai Google Rusia. Hal ini karena memang Google sendiri kalah bersaing dengan mesin pencari Yandex untuk negara Rusia.

Saat ini, email gratis Yandex telah tersedia dalam bahasa Inggris dan salah satu website kami (WPblog) menggunakan Yandex untuk mail servicenya dan sejauhnya kami tidak pernah menemukan adanya masalah sama sekali.

Hebatnya lagi, Yandex saat ini memberikan 1000 akun email gratis untuk setiap domainnya. Ini tentu sangat cukup untuk sebuah perusahaan yang memiliki banyak staff atau karyawan dan ingin membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya atau membuat email @nama perusahaan gratis.

Pada panduan ini, kami akan membahas tentang  bagaimana membuat email domain sendiri dengan menggunakan Yandex. Panduan ini juga dapat digunakan untuk membuat email domain sendiri tanpa hosting karena prisipnya, email Anda akan dihostingkan di Yandex.

Kelebihan Membuat Email @nama Perusahaan Gratis Yandex

Yandex adalah perusahaan yang terkemuka di Rusia dan saat ini telah memiliki pengguna email hingga puluhan juta users sehingga tidak diragukan lagi untuk kualitas dan kredibilitasnya.

Dengan Yandex, maka Anda dapat membuat 1000 akun email dengan @nama perusahaan secara gratis

Kelemahan Yandex

Satu-satunya kelemahan dari Yandex adalah karena berbasis di Rusia, maka Anda harus setuju dengan TOS mereka. Silakan cek dan review TOS Yandex jika Anda ragu dengan hal ini.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis Yandex

Untuk memulai Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis di Yandex maka Anda harus membuat akun terlebih dahulu di Yandex. Untuk membuat akun, silakan mendaftar langsung ke: http://mail.yandex.com/. Akun yang Anda gunakan inilah nantinya akan menjadi admin untuk semua email dengan nama domain sendiri di yandex sehingga untuk menambah email, hapus email dan lain-lain harus dari akun ini.

Proses pendaftaran dalam bahasa Inggris dan sangat mudah. Setelah membuat akun Yandex, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan domain Anda di yandex. Anda dapat menambahkan domain Anda di Yandex melalui URL: https://domain.yandex.com

Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memverifikasi kepemilkan domain Anda. Yandex akan memberikan tiga (3) pilihan untuk verifikasi kepemilikan domain yaitu melalui upload file di home root atau pulic_html, update cname dan update kontak address domain Anda. Pada contoh ini, kami akan menggunakan metode upload file yang diberikan yandex di home direktori domain kami:

cara verifikasi domain yandex

Pada contoh di atas, kami harus membuat file dengan nama aa2daa26a114.html di public_html dan isi file tersebut adalah text fdf02de26c0b. File tersebut harus berada di direktori root website jadi nantinya url tersebut dapat diakses melalu idsysadmin.com/aa2daa26a114.html

isi file

Setelah itu, silakan klik Verify Domain Ownership

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menambahkan MX yandex pada domain Anda. Jika Anda menggunakan cPanel, maka hal ini dapat dilakukan melalui menu MX Entry di cPanel. Isikan cname yang diminta oleh Yandex yaitu mx.yandex.net untuk hostnya dan set priority ke 10.

mx-entry-cpanel

Ubah mx record ke Yandex.

ubah mx yandex cpanel

Pastikan Anda menghapus mx lain selain mx yandex. Selanjutnya, silakan klik Verify MX records untuk melakukan verifikasi MX.

verify mx record yandex

Selanjutnya, Anda akan diminta membuat akun email dengan nama domain Anda.

buat akun email yandex

Selesai. Sekarang email Anda telah berhasil dibuat dengan nama domain Anda. Anda dapat menambahkan akun email baru melalui menu Add mailbox di panel yandex Anda:

tambah akun email yandex

Untuk mengakses email yandex Anda, maka Anda dapat menggunakan url mail.yandex.com dan gunnakan nama email dengan domain Anda (misal: [email protected]) serta passwordnya.

Cara Mengakses Login Email Yandex dengan Domain Sendiri

Layaknya seperti google apps pada gmail di mana para pemilik akun google apps gmail termasuk email dengan menggunakan domain sendiri dapat mengakses emailnya dengan menggunakan url www.gmail.com dan juga menggunakan domain sendiri dengan beberapa konfigurasi. Yandex-pun memiliki fungsi yang sama yaitu mengakses halaman email dengan melalui url yandex (mail.yandex.com) atau juga melalui domain sendiri.

Untuk dapat melakukanya, silakan login di DNS management domain Anda tambahkan cname mail.domain Anda dan mengarahkannya ke domain.mail.yandex.net

manambahkan cname yandex

Setelah itu, Anda akan dapat mengakses email domain sendiri dengan yandex melalui url mail.domainanda.com atau dalam kasus ini dapat mengakses melalui mail.wpblog.id.

Mudah bukan. Dengan begitu, maka Anda telah berhasil membuat email domain sendiri tanpa hosting yang sangat reliable dan gratis. Silakan melakukan share pengalaman Anda terkait dengan email atau bertanya melalui form komentar yang kami sediakan.

Bagikan Artikel Ini