Membuat Nameserver dan Mengarahkan Domain VestaCP

  • 4
child nameserver

Membuat Nameserver dan Mengarahkan Domain VestaCP

Membuat Nameserver dan Mengarahkan Domain VestaCP – Setelah kontrol panel VestaCP terinstal dengan baik dan domain atau website telah ditambahkan, maka saatnya untuk mengarahkan domain atau website yang ditambahkan tersebut ke VPS VestaCP Anda. Ada beberapa cara untuk mengarahkan sebuah domain ke VPS di antaranya dengan menggunakan nameserver dan menggunakan DNS Management seperti A record dan lain-lain ke VPS tersebut.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara mengarahkan domain atau website ke kontrol panel VestaCP dengan menggunakan Nameserver dan DNS Management pada domain. Kami juga menyarankan agar Anda membaca Tutorial VestaCP untuk memastikan Anda tidak melewatkan langkah-langkahnya.

Cara Membuat Nameserver VestaCP

Ada dua (2) tahap yang harus dilakukan untuk membuat nameserver di antaranya adalah membuat Child Nameserver dan memastikan record nameserver di kontrol panel VPS VestaCP telah ditambahkan dan sesuai.

Membuat Child Nameserver

Child Nameserver adalah sebuah fitur pada domain yang memungkinkan seseorang atau pemilik domain tersebut untuk membuat nameserver sendiri dan dapat digunakan pada domain tersebut atau domain lainnya. Tanpa membuat Child Nameserver terlebih dahulu, maka secara otomatis Nameserver yang dibuat tidak akan dapat digunakan.

Untuk membuat child nameserver, Anda harus menggunakan fitur dari domain management. Jika Anda menggunakan Niagahoster, hal ini dapat dilakukan melalui menu Produk & Layanan >> Kelola pada domain Anda >> Child Name. Pada contoh ini, kami akan membuat child name ns1.idsysadmin.com dan ns2.idsysadmin.com dengan IP VPS 195.110.58.207.

Untuk itu, kami menambahkan record child nameserver berikut:

ns1.idsysadmin.com 195.110.58.207
ns2.idsysadmin.com 195.110.58.207

child nameserver

Setelah selesai, nameserver tersebut telah dapat digunakan di domain-domain lain, tetapi domain yang menggunakan nameserver tersebut belum akan mengarah ke server VPS Anda jika belum di lakukan Addon atau ditambahkan ke VestaCP Anda dan record NS tersebut telah ada (Baca: Cara Melakukan Addon Domain VestaCP).

Tambahkan Record (NS) Nameserver VestaCP

Agar domain yang menggunakan nameserver Anda (dalam contoh ini ns1.idsysadmin.com dan ns2.idsysadmin.com), maka Anda harus melakukan Melakukan Addon Domain VestaCP yang akan memakai nameserver tersebut dan memastikan record nameserver (NS) untuk ns1.idsysadmin.com dan ns2.idsysadmin.com sudah ada di domain Anda.

Untuk memastikan hal tersebut, silakan klik menu DNS >> List Records pada domain Anda

contoh nameserver

Jika ns tersebut berbeda, maka Anda harus menyamakannya melalui menu DNS >> Edit Pada domain yang ditambahkan dan kemudian pilih child-ns di kolom template:

child-ns id

Maksud dari konfigurasi ini adalah domain idsysadmin.com akan menggunakan nameserver dari domain utama yaitu idsysadmin.com sendiri dan bukan mengambil dari domain atau hostname utamanya karena akan menggunakan child. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan ns1.idsysadmin.com dan ns2.idsysadmin.com pada menu name server idsysadmin.com agar domain idsysadmin.com mengarah ke VPS VestaCP.

Selesai. Setelah update server, maka Anda perlu menunggu maksimal 24 jam agar domain mengarah ke VPS. Proses ini disebut dengan pointing atau propagansi DNS.

Mudah bukan? silakan bagikan pengalaman Anda terkait dengan VestaCP atau memberikan komentar melalui form komentar yang kami sediakan. Kami akan membantu.


4 Comments

Dwi

October 12, 2016 at 11:05 pm

nameserver domain nya itu menggunakan default dari pihak hosting atau gimana?

    Wayan

    October 13, 2016 at 9:42 pm

    Halo Dwi,

    Jika Anda menggunakan layanan shared hosting, maka nameserver yang harus digunakan adalah nameserver hosting tersebut. Namun, jika menggunakan VPS, maka harus membuat nameserver sendiri. Jadi, di panduan ini nameserver dibuat sendiri karena panduan ini untuk VPS.

    Semoga dapat bermanfaat.

ruben

January 13, 2017 at 11:01 pm

halo mas wayan.
saya kebetulan sdh pakai vestacp tp hanya sebagai webserver. ketika saya mencoba untuk mengaktifkan vesta sbg dns server, dns tidak berfungsi. saya pakai godaddy dan membuat ns disana dan ip ns saya arahkan ke vestacp server saya. untuk port tcp&udp 53 sdh di buka dan di forward.
kira2 saya ada kesalahan dimana ya?

    Wayan

    January 14, 2017 at 8:38 pm

    Baik. Berarti child nameserver telah dibuat dan diarahkan ke IP VPS, benar? jika memungkinkan, mohon informasikan nama domain yang diarahkan ke VPS tersebut agar dapat dicek letak kesalahannya dimana. Tools seperti intodns.com dapat membantu dalam analasis hal ini.

Leave a Reply