Membuat konfigurasi php.ini rekursif semua folder

php reskursif

Membuat konfigurasi php.ini rekursif semua folder

Last updated on
Hosting Unlimited Indonesia

php reskursif

Pada server dengan WHM atau cPanel maka klien diizinkan untuk mengatur kebutuhan php.ini untuk setiap akunnya. Namun, tentu saja hal tersebut tetap tidak dapat melebihi limit yang diberikan oleh layanan hosting tersebut.

Pengaturan php.ini diperlukan untuk mengubah nilai default server sesuai dengan kebutuhan script yang akan kita jalankan, karena secara default, server akan memberikan limit yang terendah. Misalnya, maksimal limit upload pada server adalah 64M dan default limit pada server di konfigurasi pada 8M. Dengan limit tersebut artinya meski Anda seharusnya dapat mengupload file melalui php hingga 64M, namun Anda hanya dapat mengupload hingga 8MB. Untuk itu, perlu dilakukan pengubahan melalui php.ini agar dapat mengupload melalui script php hingga 64M.

Di WHM atau cPanel, php.ini hanya berlaku pada folder dimana php.ini tersebut dibuat.Misalnya:

Anda memiliki beberapa folder di dalam public_html diantaranya adalah wp-content, wp-admin dan wp-includes. Kemudian Anda hanya membuat php.ini pada public_html, maka nilai php.ini tersebut hanya bekerja untuk file-file yang berada di public_html dan tidak bekerja pada wp-content, wp-admin dan wp-includes. Agar konfigurasi php.ini yang Anda buat tersebut berlaku untuk semua folder di public_html, maka Anda harus membuatnya menjadi reskursif.

Berikut panduannya:

Buatlah file php.ini terlebih dahulu kemudian letakkan php.ini tersebut ke dalam folder public_html dan isikan nilai yang ingin Anda ubah. Misalnya pada kasus ini kita ingin menonaktifkan pengiriman email melalui php agar tidak terjadi spamming atau mass email di akun, maka pada file php.ini kita isikan dengan baris berikut:

Setelah itu, bukalah file .htaccess Anda dan kemudian tambahkanlah baris perintah berikut pada bagian bawah .htaccess Anda:

Ubahlah kata username dengan username cPanel Anda.

Dengan konfigurasi di atas, maka semua pengiriman email melalui script php pada semua file dan folder di public_html akan dihentikan. Metode menonaktifkan pengiriman email melalui script ini juga sangat bermanfaat untuk sysadmin yang ingin menonaktifkan php sendmail per akun klien yang melakukan mass email karena di WHM atau cPanel tidak atau belum ada menu tersebut.

Semoga bermanfaat!!

Stop kesulitan dalam melakukan setup dan konfigurasi VPS. Kami menyediakan jasa setup, konfigurasi dan kelola server dengan harga yang sangat terjangkau. Anda dapat melihat detail layanan setup VPS dan fitur yang kami berikan di SINI atau juga dapat melakukan order secara langsung melalui form berikut:


Leave a Reply

Hubungi Kami