Membuat File Default pada Akun Baru cPanel

file default

Membuat File Default pada Akun Baru cPanel

Last updated on
Hosting Unlimited Indonesia

file default

Membuat File Default pada Akun Baru cPanel – Mungkin Anda pernah melihat pada sebuah layanan web hosting yang menampilkan halaman Selamat Datang atau halaman default ketika akun cPanel baru dibuat atau diaktifkan. Misalnya seperti pada halaman salah satu perusahaan web hosting Indonesia, lihat screen shot berikut untuk lebih jelasnya:

halaman default cpanel

Untuk membuat halaman tersebut, sangatlah mudah. Anda hanya cukup membuat membuat file index.html di direktori skeleton cPanel dan secara otomatis, file tersebut nantinya akan masuk ke dalam public_html pada setiap akun baru cpanel yang dibuat.

Berikut tahapan untuk membuat file default pada cPanel:

Login di WHM dan kemudian cek-lah path diretory skeleton cPanel Anda melalu menu Skeleton Directory. Perhatikan screen shot berikut:

skeleton path
Dalam contoh ini, skeleton direktori ada pada /root/cpanel3-skel

Login di ssh sebagai root dan masuk ke dalam direktori skeleton cpanel dengan perintah:


Selanjutnya, buatlah file index.html pada direktori tersebut dengan perintah:

# vim index.html
atau

# nano index.html

Isikan file index.html tersebut dengan format html yang mengandung informasi yang bermanfaat untuk klien Anda seperti misalnya:

Selamat datang di IDSysadmin,

Akun hosting Anda telah berhasil dibuat, silahkan hapus file index.html pada public_html dan kemudian uploadlah file website Anda di dalam folder public_html tersebut.

Setelah itu, simpanlah file index.html tersebut dan keluar dari editor Anda.

Selanjutnya, setiap akun cPanel baru dibuat atau disetup, maka secara otomatis file index.html tersebut akan dimasukkan ke dalam public_html akun baru cPanel tersebut dan klien Anda akan melihat informasi tersebut sebelum klien Anda menghapusnya.

Semoga bermanfaat


Leave a Reply