Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare

  • 4
Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare

Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare

Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare

Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare – Cloudflare adalah content delivery network atau biasa dikenal dengan CDN yang berada di antara server dimana sebuah website atau domain dihostingkan dengan pengunjung yang mengakses website atau domain tersebut.

Untuk memudahkan maka kami akan menjelaskannya dengan menggunakan contoh idsysadmin.com sebagai website yang menggunakan cloudflare. idsysadmin.com misalnya dihosting di server atau web hosting dengan IP 192.168.1.23. Maka ketika pengunjung mengakses website idsysadmin.com akan diarahkan ke cloudflare dan cloudflare akan mengecek apakah website idsysadmin.com ada di layanan cloudflare atau tidak.

Jika ada, maka cloudflare akan mengambil konten idsysadmin.com dari server IP 192.168.1.23 dan menampilkannya ke pengunjung. Jika tidak, maka akan ditampilkan ke halaman error mereka.

Pada konten ini, kami akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare sehingga Anda dapat memutuskan sendiri apakah perlu menggunakan cloudflare atau tidak di website Anda. Selanjutnya, semua topik atau bahasan tentang cloudflare akan berada di Tags Panduan Cloudflare.

Keuntungan atau Kelebihan Menggunakan Cloudflare

Gratis dan Dapat Menggunakan Banyak Domain

Cloudflare memberikan layanan gratis dan berbayar. Anda dapat menambahkan domain sebanyak yang Anda butuhkan di cloudflare secara gratis dan mendapatkan beberapa fitur unggulan seperti CDN dimana CDN sendiri adalah fitur berbayar di layanan lain. Cloudflare memberikan layanan CDN dengan menggunakan Data Centre atau server di beberapa Negara di dunia yang meliputi:

Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, Los Angeles, San Jose, Dallas, Chicago, Newark, Ashburn, Amsterdam, Paris, London, Miami, Sydney, Atlanta, Frankfurt, Seattle, Toronto, Stockholm, Vienna, Prague, Vienna and Warsaw

Perbaiki Website yang di Hack

Salah satu keunggulan cloudflare yang sangat penting adalah kemampuannya dalam memfilter traffic pada website sehingga traffic malware dan virus akan secara otomatis berhenti.  Fitur ini sangat penting ketika website Anda dihack dan mendapatkan pesan “This site ahead contains harmful programs” ketika diakses.malware cloudflare

Pesan tersebut muncul pada website Anda karena Google menganggap website Anda digunakan untuk menyebarkan malware dan virus atau dihack. Dengan mengaktifkan cloudflare, maka secara otomatis masalah tersebut terselesaikan. Namun, tetap Anda perlu membersihkan website Anda dari malware dan virus tersebut.

Panduan Cara Membersihkan WordPress dari Malware dan Virus dapat membantu Anda dalam membersihkan malware dan virus di website Anda.

Menyembunyikan IP Website atau Hosting

Cloudflare akan bertindak sebagai penghubung antara pengunjung website dengan server dimana website tersebut berada. Hal ini memberikan keuntungan karena hacker atau pengunjung tidak akan mengetahui dimana website Anda berada atau di hosting-kan.

Perubahan DNS atau Pointing Lebih Cepat

Ini adalah salah satu keunggulan yang sangat penting dari menggunakan Cloudflare dimana Anda hanya membutuhkan hitungan menit untuk mengarahkan domain Anda ke server atau hosting lainnya. Hal ini akan sangat berguna ketika Anda melakukan migrasi dari layanan hosting sehingga tidak terjadi downtime.

Karena Anda menggunakan Nameserver Cloudlare, maka yang perlu Anda lakukan saat melakukan perpindahan hosting adalah mengubah IP hosting Anda ke layanan yang baru dan domain Anda akan langsung mengarah ke hosting baru tersebut dalam hitungan menit.

note: ini hanya bekerja jika Anda menggunakan nameserver cloudflare

Website Cache dan Hemat Bandwidth

Cloudflare akan melakukan caching sebagian atau bisa saja keseluruhan dari website Anda sehingga akan mengurangi resource dari hosting atau server Anda khususnya penggunaan bandwidth.

Dengan caching ini, cloudflare juga akan tetap menampilkan halaman website Anda meski server atau hosting Anda sedang down dengan menampilkan cache yang telah dibuat cloudflare pada website Anda. Mudahnya, website Anda akan selalu up meski hanya dengan menampilkan cache (jika sudah di cache oleh cloudflare).

Proteksi Spam

Website Anda akan secara otomatis dilindungi oleh Proteksi Spam dari Cloudflare sehingga website Anda akan terbebas dari traffic yang buruk atau berbahaya seperti pengunjung SPAM dan botnet. Secara otomatis hal ini juga akan berguna untuk menghemat resource termasuk bandwidth hosting Anda karena semua traffic telah di-filter oleh cloudflare.

Proteksi DDOS dan DOS

DDOS adalah serangan dengan mengirimkan permintaan paket dalam jumlah yang sangat besar agar hosting atau website tersebut down. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda dapat memproteksinya dengan mengaktifkan fitur ini dan cloudflare akan melindungi website Anda dari DDOS.

Gratis SSL

SSL saat ini telah menjadi bagian terpenting dalam SEO dan hampir semua layanan hosting telah memberikannya secara gratis. Anda juga dapat mendapatkan SSL secara gratis melalui Cloudflare.

Support http2

Website Anda akan secara otomatis mendukung http2 meski layanan hosting Anda saat ini belum mendukungnya. http2 memberikan keuntungan bagi SEO di website.

Kelemahan atau Kekurangan Cloudflare

False Positive atau Kesalahan Proteksi

Salah satu kelemahan terbesar dari CloudFlare yang kami alami hingga memutuskan untuk tidak menggunakannya kembali adalah banyaknya kesalahan proteksi dari cloudflare. Banyak sekali pengunjung website kami yang mengeluh atau komplain karena terblokir saat mengakses CloudFlare dan harus memasukkan captcha untuk mengakses konten website kami.

Bahkan tak jarang kami sendiri terblokir oleh CloudFlare saat akan mengakses atau mengupdate konten. Hal ini sangatlah tidak bagus karena tak jarang calon pengunjung pergi atau menekan tombol kembali karena mengira website down atau malas memasukkan captcha.

Kelemahan cloudflare - proteksi captcha

Website Down Meski Hosting Up

Karena cloudflare berada di antara pengunjung dan hosting atau server Anda maka website Anda akan down ketika cloudflare down, meski hosting Anda sebenarnya dalam kondisi up.

Hal ini juga akan berlaku ketika hosting atau server Anda dengan tidak sengaja atau dengan alasan lainnya memblokir ip cloudflare yang secara otomatis cloudflare tidak dapat mengakses website Anda sehingga akan dianggap down dan menampilkan cache (jika ada).

Website Menjadi Lambat

Hal ini sering terjadi khusunya untuk layanan hosting Indonesia yang menawarkan bandwidth internasional yang sangat kecil. Karena cloudflare belum menyediakan CDN di Indonesia maka secara otomatis diperlukan bandwidth internasional agar hosting atau server terhubung ke cloudflare. Jika terjadi masalah koneksi karena bandwidth maka secara otomatis website Anda malah akan menjadi lambat saat diakses :).

Kesimpulan

Secara keseluruhan maka kami dapat mengatakan bahwa cloudflare adalah layanan yang sangat bagus khususnya untuk mereka yang membutuhkan keamanan, kecepatan akses website dan memastikan website tetap dapat diakses (meski hanya dengan menampilkan cache). Untuk itu, kami merekomendasikan agar Anda menggunakannya.

Panduan untuk menggunakan cloudflare pada website dapat dilihat pada ulasan kami pada: Bagaimana Cara Menggunakan Cloudflare

Mohon untuk tidak segan memberikan pendapat atau komentar atau pengalaman Anda terkait dengan bahasan kami tentang Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare. Kami akan sangat senang jika Anda dapat berbagi dengan para pembaca kami.


4 Comments

Gabriel Waskito

October 29, 2016 at 8:23 pm

Saya sepakat dengan penjelasan tersebut terutama soal penggunaan CloudFlare untuk pengguna IIX dengan bandwith internasional kecil.

    Wayan

    October 29, 2016 at 9:33 pm

    Benar sekali. Namun, perlu diingat bahwa cloudflare memiliki masalah false positive. Pastikan untuk melihat bahasan kami tentang
    Bagaimana Cara Nonaktifkan CloudFlare

    Kami membahas juga mengapa Anda perlu menonaktifkan cloudflare pada bahasan tersebut.

Syatama Ginola

November 7, 2016 at 6:29 pm

saya biasanya pake cloudflare cuma buat pbn, mayan ip nya jadi berubah

    Wayan

    November 7, 2016 at 9:47 pm

    Kami baru tahu hal ini dapat berguna untuk pbn karena konsepnya domain akan diarahkan ke cloudflare yang artinya domain yang menggunakan cloudflare akan menggunakan IP cloudflare 🙂

Leave a Reply