Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru

Menggunakan Wordpress SEO Yoast

Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru – Anda adalah seorang blogger atau penulis konten (content writer) dengan menggunakan CMS WordPress dan membutuhkan bantuan untuk menulis artikel yang sesuai dengan SEO (Search Engine Optimization).

Lalu kemudian melakukan beberapa riset atau pencarian melalui Google atau mesin pencari lainnya dan mendapatkan rekomendasi bahwa Plugin WordPress SEO by Yoast yang paling banyak disarankan dan gratis tentunya. Selanjutnya, Anda menginstal plugin SEO by Yoast tersebut tetapi kemudian Anda kesulitan untuk menggunakan atau memahaminya.

Jika kondisi Anda sesuai dengan deskripsi di atas, maka saat ini Anda berada di tempat yang benar karena pada posting artikel ini kami akan membahas Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru dan langkah-langkah menulis konten dengan bantuan Plugin WordPress SEO by Yoast.

Agar hasil konfigurasi SEO Yoast Anda maksimal maka pastikan juga konfigurasi WordPress Anda telah sesuai dengan Daftar SEO WordPress yang Wajib Dilakukan dan kesemua daftar tersebut dapat dilakukan dengan bantuan plugin SEO Yoast.

WordPress SEO Yoast adalah Tool

Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru

Adalah sangat penting untuk memahami apa itu WordPress SEO Yoast sebelum kita membahas tentang cara menggunakan wordpress SEO Yoast tersebut.

WordPress SEO Yoast adalah sebuah tool atau alat. Untuk memudahkan, kita dapat meng-analogikakan WordPress SEO Yoast sebagai sebuah komputer. Dengan komputer tersebut maka saya dapat membuat sebuah website atau program atau aplikasi yang lainnya. Namun bukan berarti komputer yang merupakan alat yang hebat tadi akan membuat aplikasi atau mengerjakan pekerjaan saya dengan sendirinya.

Mudahnya, saya tidak akan dapat membuat website atau aplikasi apapun tanpa komputer tetapi komputer tersebut tidak mengerjakan apapun. Saya-lah yang mengerjakan semuanya dengan bantuan komputer tersebut.

Dengan begitu maka kita akan dapat mudah memahami hubungan antara plugin WordPress SEO Yoast dan konten pada sebuah website. WordPress SEO Yoast adalah tool yang dapat membantu untuk membuat konten Anda menjadi SEO tetapi tentu Anda tetap membutuhkan rencana dan sumber daya lainnya seperti pengetahuan dan lain-lain untuk membuat konten tersebut.

WordPress SEO Yoast Menggunakan Indikator Warna

Plugin WordPress SEO Yoast menggunakan indikator warna untuk memberikan penilaian tentang konten yang anda buat sesuai dengan keyword yang Anda masukkan atau bidik. Sistem penggunaan warna ini seperti halnya dengan lampu jalan lalu lintas sehingga sangat mudah dipahami.

  • Abu-abu – Anda belum memasukkan kata kunci yang akan dianalisis
  • Merah – Kata kunci yang dibidik memiliki format yang sangat buruk di konten Anda.
  • Kuning – Anda dapat memperbaikinya agar menjadi lebih baik namun hal ini tidak akan berdampak buruk pada konten Anda.
  • Hijau – Semuanya telah benar dan konten Anda telah sesuai dengan SEO sesuai kata kunci yang dibidik!!

WordPress SEO Yoast menempatkan indikator penilaian SEO tersebut di beberapa tempat, di antaranya:

Sidebar di Edit atau Post Baru – Dibagian sidebar kanan saat akan melakukan posting atau edit konten dan ditempatkan tepat di atas tombol Publish (dalam widget publish). Tujuan dan yang harus Anda lakukan adalah membuat indikator kata kunci tersebut menjadi hijau.

indikator seo yoast sidebar

Karena indikator Readability dari WordPress SEO Yoast hanya mendukung bahasa Inggris, maka anda dapat mengabaikan indikator tersebut.

Top Bar informasi WordPress – Jika Anda login di dashboard WordPress Anda dan mengakses salah satu URL konten Anda maka indikator ini akan muncul di bagian paling atas. Indikator ini juga muncul jika Anda menggunakan preview atau sedang meng-edit konten Anda.

Indikator top bar

Daftar Posting Artikel – Anda juga dapat melihat indikator SEO untuk keyword yang Anda bidik melalui menu daftar artikel di dashboard >> All Posts.

indikator SEO all posts

Menu WordPress SEO Yoast Saat Menulis Konten – Untuk memudahkan penggunanya, plugin WordPress SEO Yoast secara otomatis menambahkan fitur analisis SEO untuk konten yang Anda tulis serta analisis apa saja yang dilakukan oleh plugin tersebut di bagian bawah saat menulis konten Anda.

Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru

Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru untuk Membidik Keyword

WordPress SEO Yoast sangat berguna untuk membantu Anda dalam membidik keyword sehingga keyword atau kata kunci yang Anda bidik nantinya akan sesuai dengan struktur konten SEO yang tepat. Ada beberapa tahap yang perlu Anda perhatikan saat akan membidik kata kunci sehingga akan memperoleh struktur SEO yang tepat sesuai dengan analisis dari WordPress SEO Yoast.

Langkah 1: Apa yang akan Anda tulis di konten Anda?

Sebelum Anda membuat konten maka Anda perlu memikirkan tentang apakah konten Anda nantinya akan dibuat. Dalam contoh ini saya membuat artikel tentang Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru. Dari topik yang saya tulis tersebut maka saya dapat mengambil beberapa kata kunci berikut:

Panduan WordPress SEO Yoast
Menggunakan WordPress SEO Yoast
Cara Setting WordPress Seo by Yoast

Ketiga kata kunci tersebut adalah kata kunci utama yang akan saya bidik pada artikel ini sehingga saya harus memastikan kata kunci tersebut ditulis atau diulangi dengan struktur yang benar. Kami sendiri menyarankan agar Anda menggunakan long-tail keyword (kata kunci yang panjang) seperti Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru atau Menggunakan WordPress SEO Yoast atau Panduan WordPress SEO Yoast daripada hanya perkata saja karena akan lebih ter-target bagi para pengunjung yang melakukan pencarian di Google.

Google vs WordPress SEO Yoast

Berbeda dengan mesin pencari seperti Google yang dapat menganalisis dan memperlakukan beberapa kata kunci yang mirip dengan perlakukan yang sama. WordPress SEO Yoast tidak!!!. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam melakukan pengulangan kata kunci di konten Anda sehingga akan memperoleh struktur konten SEO yang tepat menurut WordPress SEO Yoast.

Sebagai contoh, Google akan memperlakukan hal yang sama untuk kata kunci Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru dengan Cara Konfigurasi WordPress Seo Yoast, tetapi tidak dengan plugin. Untuk itu, jika Anda membidik kata kunci Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru maka Anda harus menuliskan kata kunci pada konten sesuai dengan struktur SEO untuk Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru tidak bisa berganti-ganti frasanya.

Untuk versi gratisnya, Plugin WordPress SEO Yoast hanya diizinkan menganalisis satu kata kunci saja dalam satu konten atau artikel. Untuk itu, pastikan Anda membidik kata kunci dengan benar.

Langkah 2: Permalink, Judul & Setting WordPress Seo by Yoast

Setting Permalink SEO Yoast

Selanjutnya adalah waktunya untuk membuat dan menulis konten! Tentukan judul dari konten Anda dan pastikan judul tersebut terdiri dari 40 hingga 70 karakter dan masukkan kata kunci Anda pada judul tersebut. Pada contoh ini, kami akan membidik kata kunci Menggunakan WordPress SEO Yoast maka kami akan menggunakan judul Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru atau Tutorial Menggunakan WordPress SEO Yoast.

Permalink akan secara otomatis dibuat setelah Anda memasukkan judul Anda. Karena saat ini kami menggunakan struktur permalink yang hanya diambil judulnya maka struktur URL atau permalinknya akan menjadi:

https://www.idsysadmin.com/cara-menggunakan-worddpress-seo-yoast.html

Setting Judul SEO Yoast

Plugin SEO Yoast akan secara default menggunakan format dari WordPress yaitu mengambil title atau judul website dan dimasukkan dibagian akhir dari judul konten Anda sehingga judul konten Anda menjadi tidak SEO menurut WordPress SEO Yoast. Untuk mengubahnya dapat dilakukan dengan melakukan klik Edit snipped di pengaturan WordPress SEO Yoast.

 

screenshot_1

Untuk itu, kami akan membuatnya menjadi SEO dengan menghapus beberapa kata akhir dari judul website yang bukan merupakan kata kunci agar Title atau judul konten menjadi SEO:

screenshot_2

 

Setting meta description SEO Yoast

Pastikan juga Anda telah memasukkan kata kunci yang dibidik dalam meta description. Anda dapat mengubah meta description konten pada pengaturan WordPress SEO Yoast >> Edit snipped. Pastikan isi dari meta description Anda antara 120 hingga 156 karakter. Meta description ini nantinya akan muncul di hasil pencarian google. WordPress SEO Yoast secara default akan mengambil dari kata awal posting Anda jika Anda tidak mengubahnya. Pada kasus ini, karena kami selalu menambahkan kata kunci utama di awal maka kami tidak perlu mengubahnya 🙂

Panduan WordPress SEO Yoast - meta descriiption

Langkah 3: Menulis konten

Setelah selesai mensetup langkah-langkah di atas maka saatnya untuk menulis konten. Ada beberapa panduan dasar dalam menulis konten yang perlu diketahui dan diterapkan agar konten Anda mudah dipahami.

Buatlah paragraf artikel Anda pendek – Paragraf yang panjang akan membuat sulit pembaca Anda dalam memahaminya. Untuk itu, sangat disarankan agar paragraf Anda tidak lebih dari 4 atau 5 baris.

Gunakan bahasa yang mudah dipahami – Para pembaca sebuah website umumnya hanya melakukan pembacaan artikel secara cepat atau scanning sehingga pastikan Anda selalu menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Jika topik Anda sangat teknis maka sangat disarankan untuk memperjelas istilah-istilah yang digunakan.

Typo atau kesalahan penulisan – kesalahan dalam penulisan atau salah ketik adalah hal yang wajib untuk dihindari. Jika terlalu banyak kesalahan dalam penulisan dalam konten Anda maka akan membuat pengunjung ragu dengan isi konten Anda. Pastikan Anda selalu membacanya konten Anda secara detil agar hal ini tidak terjadi.

Langkah 4: Menulis vs Edit Konten

Menulis konten tidaklah sama dengan meng-editnya. Tulislah konten Anda sebelum melakukan editing.
Kita semua paham bahwa sering kali kita ingin menulis konten dan kemudian meng-editnya secara bersamaan. Namun, disarankan agar tidak melakukan hal tersebut. Anda harus menulis konten Anda hingga selesai dan kemudian kembali lagi untuk kemudian melakukan editing.

Selain melakukan pengecekan tulisan artikel Anda agar sesuai dengan panduan menulis konten, maka Anda juga perlu melakukan hal berikut:

Tambahkan Heading – Heading adalah pemisah topik dengan huruf besar untuk memudahkan pembaca Anda.

Panduan WordPress SEO Yoast - Heading
Dengan begitu, para pembaca Anda akan dengan mudah melakukan pembacaan sekilas pada bagian-bagian yang diperlukan karena telah dipisahkan per topiknya dengan jelas.

Penggunaan Bold pada teks – Penggunaan bold pada sebuah konten dapat membantu pembaca konten Anda untuk memahami bagian yang paling penting pada konten tersebut. Namun, pastikan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan.

Menambahkan link URL – Anda dapat melakukan penambahan link ketika melakukan Editing. Namun Anda perlu berhati-hati agar tidak merusak SEO saat menambahkan link. Konten yang kami bahas sebelumnya tentang cara membuat link internal dan eksternal dengan benar dapat membantu terkait hal ini.

Gambar atay Image – Pribahasa “gambar menjelaskan lebih baik dari ribuan kata” berlaku dalam penulisan konten. Untuk itu, pastikan Anda menambahkan gambar yang sesuai dengan konten Anda dan menambahkan Alternative Text atau Alt Image serta kata kunci Anda.

Variasi kata kunci – Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Artinya, selain memasukkan kata kunci utama maka Anda juga dapat memasukkan kata kunci lainnya dalam konten Anda. Misalnya dalam konten ini, kami memasukkan tiga (3) kata kunci berikut:

Panduan WordPress SEO Yoast
Menggunakan WordPress SEO Yoast
Cara Setting WordPress Seo by Yoast

Langkah 5: Review SEO Konten Anda

Setelah menyelesaikan penulisan dan editing dasar maka langkah selanjutnya adalah untuk mereview konten Anda apakah telah sesuai SEOnya berdasarkan WordPress SEO Yoast atau belum.

Hal yang penting untuk selalu diingat adalah bahwa WordPress SEO Yoast adalah tool atau alat yang memberikan beberapa rekomendasi untuk Anda membuat konten yang ditulis sesuai dengan SEO. Untuk itu, akan ada beberapa rekomendasi yang tidak dapat diaplikasikan seperti rekomendasi Readability untuk bahasa Indonesia.

Untuk itu tidak semua indikator pada WordPress SEO Yoast harus hijau karena beberapa alasan tersebut 🙂

Analisis SEO Konten Menggunakan WordPress SEO Yoast

Setelah semuanya selesai maka langkah selanjutnya adalah mengecek kata kunci yang Anda bidik apakah sudah sesuai SEOnya berdasarkan WordPress SEO Yoast. Berikut adalah contoh dari konten yang kami buat dengan kata kunci Menggunakan WordPress SEO Yoast:

Analisis WordPress SEO Yoast

No meta description has been specified, search engines will display copy from the page instead.

SEO Yoast merekomendasikan agar kata kunci yang dibidik pada suatu konten diletakkan di bagian deskripsi dan jika tidak maka akan diambil dari paragraf pertama. Pada konten kami, kata kunci Menggunakan WordPress SEO Yoast telah dimasukkan di awal dan secara otomatis akan diambil sebagai deskripsi sehingga tanda merah pada indikator ini dapat diabaikan.

keyword pada deskripsi seo yoast

The focus keyword appears in the first paragraph of the copy.

Anda disarankan agar meletakkan kata kunci yang Anda bidik di paragraf pertama dari konten Anda. Hal ini kembali pada tata cara penulisan sebuah konten agar mudah dimengerti oleh pembaca maka Anda perlu menjelaskan diawal tentang apa artikel Anda nantinya.

The keyword density is 0.8%, which is great; the focus keyword was found 14 times.

Kata kunci yang Anda pillih harus diulangi beberapa kali dalam konten Anda, namun jangan berlebihan karena akan dianggap Google sebagai spam!! WordPress SEO Yoast akan memberitahu jika hal ini terjadi.

The focus keyword appears in 2 (out of 13) subheadings in the copy. While not a major ranking factor, this is beneficial.

Kata kunci yang Anda gunakan adalah bagian terpenting dari konten Anda sehingga Anda harus menambahkannya di subheading.

keyword subheading

The images on this page contain alt attributes with the focus keyword.

Anda harus memberikan alt atau atau alternatif tags dengan kata kunci yang berguna dan mengandung kata kunci Anda. Ingat, orang yang buata dan menggunakan layar pembaca akan membaca gambar tersebut dari alt tags image untuk mengetahui tentang apa gambar tersebut.

Good SEO scoreThe text contains 1960 words. This is more than or equal to the recommended minimum of 300 words.

Sebuah konten yang baik setidaknya harus terdiri dari 300 kata. Kami sendiri menyarankan agar konten anda lebih dari 1000 kata dan dengan bahasa yang muda dipahami tentunya.

The page title has a nice length

Judul dari artikel secara kesuluran tidak boleh lebih dari 65 karakter atau antara 35 – 65 karakter untuk memudahkan Google menampilkan judul Anda. Jika lebih dari 65 karakter maka Google akan memotongnya menjadi 65 karakter. Silakan cek kembali cara Setting Judul SEO Yoast.

The focus keyword appears in the URL for this page.

Memasukkan kata kunci di URL konten Anda akan membantu mesin pencari untuk memahami dengan mudah maksud dari konten Anda. Hal ini menjadi sangat penting karena URL selalu dimasukkan di hasil pencarian Google.

kata kunci di URL

You’ve never used this focus keyword before, very good.

Pastikan kata kunci yang digunakan tidak pernah Anda gunakan di artikel yang lainnya agar tidak dianggap sebagai spamming oleh Google.

Bonus

Selain untuk optimasi konten seperti pada bahasan Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru, plugin SEO Yoast dapat digunakan untuk melakukan SEO lainnya tidak kalah penting di antaranya:

Bagikan Artikel Ini

13 Replies to “Cara Setting WordPress Seo by Yoast Terbaru”

  1. gan, kok readability ane needs Improvement terus ya gan? paling mentok OK doang. Ane niche nya news, artikel palingan 350 an kata…
    gmne caranya biar Readability nya bisa ijo ya gan?
    Sebelumnya makasih ya gan, ane newbie nih di dunia WP
    Artikelnya sangat membantu

    1. Apakah artikelnya ini artikel berbahasa inggris? jika bahasa inggris maka untuk menjadikan readablity menjadi SEO friendly.

      Bad SEO score1 of the subheadings is followed by more than the recommended maximum of 300 words. Try to insert another subheading. >> Artinya, buatlah heading baru dalam sebelum 300 kata. Heading (H1,H2, H3 dan H4) harus ditambahkan dalam minimal 300 kata.

      Mark this result in the text Bad SEO score2.4% of the sentences contain a transition word or phrase, which is less than the recommended minimum of 30%. >> kurangan penggunakan kata transisi seperti dan, dalam, di atas dan lain-lain.

      Dan penuhi juga parameter lain yang ada di readablity >> http://prntscr.com/d6iqt1

      Namun, hal tersebut tidak akan berfungsi jika website bahasa indonesia. Menurut kami, SEO yang bagus terkait readablity ini adalah baca artikel posting Anda kembali apakah sudah mudah dipahami atau tidak. Jika Anda sendiri tidak paham, maka tentu pengunjung anda tidak akan paham.

      SEO Yoast hanyalah tool dan tentu kemampuan manusia jauh lebih baik untuk menilai readability ini 🙂

  2. Saya mencari dan menemukan artikel ini, karena mengalami permasalahan dalam menulis artikel di blog yang baru saya buat dengan judul Peluang Bisnis Afiliasi. Kebetulan baru pertama sekali menggunakan plugin SEO Yoast.Sebelumnya, hanya menggunakan plugin All in One SEO Pack.

    Dalam proses penulisan, 4 page dan dua post, tak satu pun yang lolos warna hijau dalam faktor Readability, khususnya dalam topik Flesch Reading Ease dan transition word.

    Walau saya belum menemukan solusinya di artikel ini, saya ucapkan terima kasih telah menemukan artikel ini, karena menambah pemahaman saya tentang cara penulisan yang baik, sesuai kriteri plugin SEO Yoast.

    Semoga sukses selalu.
    Salam eCommerce.

    1. Terima kasih atas feedbacknya,

      Apakah konten pada website Anda berbahasa Inggris? jika tidak maka tentu hal tersebut tidak akan bekerja karena saat ini SEO Yoast hanya mendukung Flesch Reading Ease dan transition word untuk bahasa Inggris.

      Kami juga menyarankan agar Anda mengecek panduan Teknik Dasar Melakukan SEO pada WordPress untuk memastikan website Anda teroptimasi dengan baik.

      Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *