Bagaimana Cara Nonaktifkan CloudFlare

cloudflare cpanel

Bagaimana Cara Nonaktifkan CloudFlare –  Cloudflare adalah Content Delivery Networks yang menempatkan posisinya di antara pengunjung yang mengakses sebuah website dan server dimana website tersebut berada (Man in the Midle). Cloudflare sangatlah powerful, khusunya untuk memberikan keamanan baik bagi pemilik website dan pengunjung website.

Meski memiliki banyak kelebihan yang didapatkan pada CloudFlare tetapi ada hal mendasar yang menyebabkan mengapa Anda perlu menonaktifkan CloudFlare di website.

Informasi lengkap tentang pengertian, kelebihan dan kekurangan cloudflare dapat dilihat pada bahasan kami sebelumnya: Kelebihan dan Kekurangan Cloudflare.

Mengapa Perlu Nonaktifkan CloudFlare

Alasan utama mengapa perlu menonaktifkan CloudFlare pada website adalah proteksi captcha (attention required cloudflare) yang sering muncul ketika diakses dari mayoritas ISP di Indonesia, khususnya pada ISP Three (3), Indosat dan XL. Berikut adalah contoh halaman captcha cloudflare tersebut:

Nonaktifkan CloudFlare - Menghilangkan attention required cloudflare

Proteksi tersebut muncul karena reputasi IP dari XL, Three dan Indosat buruk dan seringkali masuk ke dalam daftar blokir antispam karena aktivitas mass email, hacking dan lain-lain dari IP tersebut. Anda dapat mengecek apakah IP ISP yang Anda gunakan terblokir oleh layanan antispam atau tidak pada mxtoolbox.com.

Benar, proteksi tersebut sangat penting untuk keamanan namun akan sangat mengganggu dan tak jarang malah membuat pengunjung website Anda menutup halaman captcha cloudflare tersebut atau menekan tombol kembali pada browser dan meninggalkan website Anda (tidak jadi mengunjunginya). Hal ini tentu sangat merugikan karena secara otomatis Anda akan kehilangan calon pengunjung atau calon pelanggan Anda.

Sayangnya, proteksi tersebut tidak dapat dihilangkan meski Anda mengupgrade ke paket berbayar cloudflare sehingga tidak ada solusi lain untuk menghilangkan attention required cloudflare (captcha cloudflare) selain dengan menonaktifkan cloudflare itu sendiri.

Cara Menghilangkan attention required cloudflare

Untuk menghilangkan attention required cloudflare (captcha cloudflare) maka kita harus menonaktifkan cloudflare pada website kita. Ada dua (2) cara untuk menonaktifkan cloudflare dan kedua cara tersebut sesuai dengan bagaimana Anda mengaktifkan cloudflare di website Anda.

Ubah Nameserver Cloudflare

Jika Anda mengaktifkan cloudflare dengan cara mengarahkan domain ke cloudflare menggunakan nameserver seperti panduan kami pada Bagaimana Cara Menggunakan Cloudflare, maka Anda dapat dengan mudah menonaktifkan cloudflare di domain atau website Anda dengan kembali mengarahkan website ke nameserver hosting Anda. Contoh Nameserver cloudflare adalah:

ines.ns.cloudflare.com
lynn.ns.cloudflare.com

Setelah nameserver pada domain atau website Anda diupdate kembali ke nameserver hosting Anda maka silakan tunggu maksimal 24 jam untuk mengeceknya kembali. Dengan begitu, website Anda akan secara langsung mengarah ke hosting Anda tanpa melalui cloudflare dan tentu captcha cloudflare (attention required cloudflare) tidak akan muncul lagi ketika mengakses website Anda.

Nonaktifkan CloudFlare dari cPanel

Beberapa layanan seperti Niagahoster menyediakan cloudflare di cPanel mereka dan user dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya melalui menu cPanel tersebut. Untuk menonaktifkannya, Anda harus login di cPanel Anda dan kemudian pilih logo cloudflare.

cloudflare cpanel

Setelah itu, klik logo cloudflare (awan menyala) untuk menonaktifkannya.

aktifkan cloudflare

Dengan begitu, cloudflare akan secara otomatis dinonatifkan untuk website Anda. Silakan tunggu maksimal 24 jam dan captcha cloudflare akan menghilang dari website Anda saat dikunjungi.

Note: semua perubahan cara pointing domain dari cloudflare baik dengan menggunakan nameserver dan menu dari cPanel memerlukan waktu pointing ulang hingga maksimal 24 jam. Untuk itu, pastikan Anda menunggu maksimal 24 jam untuk melihat perubahannya.

Kesimpulan

Cloudflare memang sangat powerful dan memiliki fitur yang sangat penting untuk mencegah terjadinya hacking pada sebuah website. Namun, dalam beberapa hal kita terpaksa (seperti website kami sendiri) menonaktifkannya. Kami sendiri menyarankan untuk menonaktifkan cloudflare pada website Anda untuk memastikan semua pengunjung dapat mengakses website Anda dengan baik. Namun, perlu dipastikan bahwa website Anda sudah secure atau aman sehingga tidak menjadi sasaran para hacker. Menonaktifkan cloudflare berarti website Anda tidak akan mendapatkan perlindungan lagi dari cloudflare 🙂 .

Jika Anda pengguna WordPress maka kami sangat menyarankan untuk mengikuti panduan kami berikut agar WordPress Anda tidak mudah di hack atau diserang hacker:

Semoga bermanfaat. Silakan share pengalaman dan pengetahuan Anda terkait dengan cloudflare di kolom komentar.

Bagikan Artikel Ini