Memasang dan Mengganti Thema Website WordPress

  • -

Memasang dan Mengganti Thema Website WordPress

Last updated on

Category : Wordpress

Hosting Unlimited Indonesia

Memasang dan Mengganti Thema Website WordPress – ┬áThema wordpress secara default yang terinstal bersama instalasi wordpress sangat sederhana sehingga Anda perlu mengubahnya agar website terlihat lebih menarik.

Baca Tutorial Membuat Website dengan WordPress:

Cara Membuat Website dengan WordPress

Perlu diingat bahwa thema yang dapat dipasang pada wordpress hanyalah thema yang memiliki struktur thema wordpress yang artinya Anda tidak dapat menggunakan thema dari blogspot atau builder seperti weebly dan yang lainnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini karena wordpress telah menyediakan ribuan thema secara gratis di direktori mereka atau Anda juga dapat membeli thema wordpress dari pihak ketiga untuk thema berbayar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Thema WordPress

Dalam memilih thema wordpress di website maka perlu diperhatikan hal-hal berikut agar hasilnya maksimal baik dari sisi tampilan maupun SEO (Search Engine Optimization). Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih thema untuk website wordpress Anda:

Gunakan thema dari sumber terpercaya – Pastikan untuk selalu menggunakan thema dari sumber yang dipercaya seperti dari direktori wordpress atau membeli langsung dari pihak ketiga jika Anda membeli thema tertentu. Jangan menggunakan thema nulled atau bajakan yang dibagikan secara gratis oleh para blogger di internet karena thema tersebut umumnya telah disisipi malware di dalamnya sehingga akan membahayakan website Anda.

Navigasi thema – Gunakanlah thema yang memiliki navigasi yang mudah digunakan bagi pengunjung Anda seperti adanya widget dan lain-lain pengunjung website Anda dapat dengan mudah menjelajahi website Anda. Terkait dengan navigasi, kami akan membahasnya secara khusus pada tutorial kami selanjutnya.

Ringan dan cepat – Tidak ada gunanya Anda memiliki tampilan website yang bagus jika sangat lambat diakses karena pengunjung website Anda akan malas mengunjunginya. Server Web Hosting juga berpengaruh terkait kecepatan website sehingga pastikan Anda membaca Review Hosting Terbaik Indonesia kami. Kecepatan website sangatlah penting karena google sendiri telah mengumumkan bahwa kecepatan website hal yang utama dalam SEO.

Responsive – Adalah thema yang dapat menyesuaikan tampilannya dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses website seperti pada smartphone, laptop dan gadget sehingga tidak terlihat berantakan. Hal ini sangatlah penting untuk SEO karena google sendiri telah mewajibkan hal ini dan faktanya, 70% pengguna internet adalah menggunakan perangkat mobile mereka.

Mengganti Thema Website WordPress

Untuk mengganti thema website wordpress sangatlah mudah. Berikut tahapannya:

1. Loginlah pada admin wordpress Anda dan kemudian pilih menu Appereance – Themes. Setelah itu, Anda akan dibawa pada menu pilihan thema wordpress.

Install Thema WordPress

2. Secara default, Anda akan dibawa instalasi thema dari direktori wordpress atau pilih Upload Theme jika Anda ingin menginstalnya dari PC Anda.

pilih thema

3. Setelah melakukan filter dan menemukan thema yang cocok, pilih thema tersebut dan klik tombol install untuk memasangnya di website Anda.

Klik install thema

Setelah selesai, klik activate dan selemat. Thema wordpress Anda telah berhasil diubah