Cara Mengubah URL WordPress menjadi SEO

Last Updated: July 3, 2016 | By Wayan | Filed in: Wordpress.
Hosting Unlimited Indonesia

Mengubah URL WordPress

Cara Mengubah URL WordPress menjadi SEO –  Secara default URL pada wordpress setelah instalasi sangatlah tidak SEO dan user friendly sehingga Anda perlu mengubahnya agar disukai oleh mesin pencari, termasuk google. Berikut contoh default URL dari WordPress:

https://www.idsysadmin.com/?p=123

URL tersebut sangatlah tidak Search Engine Friendly jadi Anda harus mengubahnya. Lalu, seperti apa URL yang Search Engine Friendly?

Banyak literatur yang membahas hal ini dan hasilnya berbeda-beda. Meski begitu, intinya adalah memasukkan judul artikel di dalam URL tersebut. Namun, berdasarkan kesimpulan kami penggunaan URL tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dari website wordpress tersebut dan kami kategorikan ke dalam tiga (3) kategori:

URL website berita – pada website berita sangat disarankan memasukkan tanggal, bulan dan tahun dan mengakhirinya dengan .html. Hal ini karena google dan pengunjung akan dengan mudah mengetahui kapan berita tersebut dimuat.

URL website tutorial – website tutorial umumnya memiliki kategori-kategori khusus sehingga akan lebih bagus jika memasukkan kategori di dalam url sehingga mesin pencari akan dengan mudah mengelompokkannya.

URL website blog – jika hanya untuk kegiatan blogging, maka cukup menambahkan judul saja di URL.

Cara Mengubah URL WordPress

1. Untuk mengubah URL WordPress sangatlah mudah, loginlah pada admin wordpress dan kemudian klik pada menu Settings – Permalinks.

permalinks wordpress

2. Selanjutnya, pilih menu Custom Structure dan masukkan struktur permalink sberikut berdasarkan kategori yang Anda inginkan:

custom permalinks

Website berita – gunakan permalink /%year%/%monthnum%/%day%/%postname%.html  . Artinya url website akan mengandung tahun, bulan, hari, judul artikel dan diakhiri dengan .html

Website tutorial – gunakan permalink /%category%/%postname%.html . Dengan begitu, url website akan mengandung kategori, judul artikel dan diahiri dengan .html

Website personal – gunakan permalink /%postname%.html dan url website akan diubah dengan mengandung judul artikel dan diakhiri dengan .html.

Mudah bukan, selamat mencoba.

Hosting Unlimited Indonesia
Bagikan Artikel Ini

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *