Bagaimana Membuat Pengunjung Betah di Website Anda

Membuat Pengunjung Betah

Membuat Pengunjung Betah

Bagaimana Membuat Pengunjung Betah – Waktu rata-rata visitor atau pengunjung berada di blog atau website Anda adalah indikator terbaik terkait dengan manfaat konten website Anda bagi para pengunjung.

Mengapa Anda Harus Membuat Pengunjung Betah?

Lamanya pengunjung yang berada di website Anda, membaca konten atau artikel dan melakukan explorarisasi terhadap arsip-arsip di blog Anda sangat memungkinkan untuk dikonversi menjadi klien atau kustomer Anda.
Selain itu, lamanya pengunjung juga merupakan indikator utama bagi SEO dan juga faktor utama bagi Google untuk memahami kualitas konten website tersebut bagi para penggunanya.

Dikutip dari Backlinko, Brian Dean menjelaskan bahwa rata-rata lamanya pengunjung menghabiskan waktu pada sebuah website sangat berhubungan erat dengan peringkat di hasil pencarian Google. Semakin lama pengunjung menghabiskan waktu pada sebuah website tersebut maka semakin bagus pula rangkingnya di hasil pencarian Google.

Setelah mengetahui data tersebut, pertanyaannya adalah Bagaimana Membuat Pengunjung Betah di Website Anda? Berikut adalah beberapa tips agar pengunjung betah berada di blog Anda.

Navigasi Posting Bagaimana Membuat Pengunjung Betah

1.Tambahkan Video di Artikel Anda

Hingga saat ini, penyajian materi dengan menggunakan video merupakan hal yang disenangi oleh para pengguna internet dan tentu dengan adanya video maka akan membuat para pengunjung Anda lebih lama berada di website Anda daripada biasanya.

Ide dari hal ini sangatlah sederhana.

Buatlah video yang unik yang terkait dengan postingan Anda atau Anda juga dapat menambahkan video orang lain dari youtube dan kemudian menambahkannya di blog post Anda tersebut.

Cara pendekatan ini akan memiliki dua keuntungan.

Pertama, para pengguna internet lebih menyukai melihat video daripada membaca sebuah artikel. Lamanya orang melihat video yang ditambahkan di artikel Anda dan secara otomatis akan membuat pengunjung menghabiskan waktu yang lebih lama menghabiskan waktu di website Anda.

Kedua, Neil Patel yang merupakan seorang online marketing dan ahli SEO menemukan dalam analisisnya bahwa Google akan menelusuri dan meng-index sebuah blog post atau artikel yang ada video di dalamnya jauh lebih cepat dari sebuah blog post dengan teks saja.

Untuk menambahkan video dari Youtube maka Anda cukup melakukan copy URL video youtube tersebut dan kemudian klik menu Add Media dari editor wordpress >>  Insert From URL

Tambahkan Youtube WordPress

Dengan begitu maka diharapkan blog post atau artikel Anda lebih cepat di index oleh google dan pengunjung akan lebih lama berada di website Anda.

2. Optimasi Design dan Performa Website Anda

Design dan performa sebuah website secara keseluruhan memiliki pengaruh yang sangat besar terkait dengan lamanya pengunjung berada di website Anda.

Jika blog atau website Anda memiliki navigasi yang tidak baik dan terlalu banyak iklan pada bagian slidebarnya maka akan membuat para pengunjung website Anda mengalami kesulitan untuk fokus pada konten website Anda.
Hal ini akan membuat para pengunjung tersebut meng-klik tombol kembali pada browser atau sekedar menutupnya sehingga membuat bounce rate di website Anda buruk.

Jadi, pastikan Anda menggunakan design yang mudah untuk dipahami dan letakkan konten atau artikel Anda pada bagian utamanya sehingga mudah untuk ditemukan dan dibaca.

Anda juga perlu memastikan bahwa blog atau website Anda menggunakan template yang mobile friendly karena lebih dari 50% para pengguna internet yang melakukan pencarian di Google dari perangkat mobile atau smart phone.

Jika website Anda tidak mendukung dari para pengguna perangkat mobile (tidak mobile friendly) maka akan banyak bounce back (menutup website Anda atau menekan tombol kembali) yang terjadi di website Anda dan tentu hal ini akan berdampak buruk pada peringkat di hasil pencarian Google atau SEO.

mobile friendly

Dan yang terakhir pastikan blog atau website Anda cepat untuk diakses.

Hasil penelitian mengatakan bahwa rata-rata pengguna internet hanya membutuhkan waktu 3 detik sebelum melakukan bounce back. Jika website Anda lambat ketika diakses maka hal tersebut akan membuat para pengunjungnya frustasi dan pergi begitu saja. Selain memilih layanan web hosting terbaik seperti Niagahoster untuk memastikan kecepatan load webste, maka Anda juga harus memastikan dari sisi website Anda. Jika Anda menggunakan WordPress, artikel berikut dapat membantu Anda untuk mempercepat load website Anda.

3. Buat External dan Internal Link dengan Benar

Membuat internal link yang terkait pada sebuah artikel atau blog post adalah cara terbaik untuk membuat para pengunjung semakin lama berada di website Anda.

Internal link tidak hanya penting dalam hal SEO on-page tetapi juga sangat efektif untuk memunculkan artikel-artikel lama Anda yang mungkin kurang diminati oleh para pembaca sebelumnya untuk dapat dilihat oleh pengunjung website Anda.

Sama halnya dengan internal link, external link (link keluar) yang relefan atau terkait dengan blog post Anda juga akan membuat reputasi website Anda di Google lebih baik.

Meski begitu, pastikan Anda membuat link external adalah sebagai sebuah new window. Jika tidak, maka external link salah-salah akan membuat pengunjung meninggalkan website Anda.

Anda dapat melakukan hal ini dengan mudah pada WordPress dengan memberikan centang pada pilihan Open link in a New tab.

internal link

Untuk internal link, maka Anda dapat memperlakukan hal yang sama seperti external link agar pengunjung website Anda tetap berada di artikel utama dan artikel yang terkait akan dibuka pada tab browser yang baru.

4.Rekomendasikan Artikel Terkait Terbaik

Ketika seseorang mengunjungi blog Anda dan membaca sebuah artikel di dalamnya maka jangan biarkan pengunjung tersebut pergi dengan mudah dari website Anda. Buatlah pengunjung tersebut untuk membaca artikel-artikel Anda yang lainnya.

Banyak cara untuk melakukan hal ini.

Namun, menampilkan artikel yang terkait dengan posting Anda pada side-bar atau bagian akhir artikel adalah cara yang paling efektif agar seorang pengunjung betah.

Neil Patel telah melakukan penelitian terhadap hal ini di beberapa blognya dan dia menemukan bahwa meletakkan artikel yang terkait pada bagian akhir posting atau artikel dapat meningkatkan lamanya pengunjung berada di website tersebut hingga 14,7%.

Jika Anda pengguna WordPress, maka Anda akan sangat mudah melakukan hal ini. Terdapat ribuan plugin yang dapat membantu hal ini. Kami menyarankan untuk menggunakan Yet Another Related Posts seperti yang kami gunakan di website kami.

5.Susun Konten Anda sehingga Mudah di Pahami

Jutaan artikel baru diposting setiap harinya dan sebagaian dari artikel tersebut juga di share di social media. Singkatnya, para pengguna internet selalu melakukan share dan mempublish artikel setiap menitnya sehingga akan banyak sekali artikel yang ada.

Untuk dapat tetap mendapatkan perhatian minat dan mempertahankan pembaca website Anda maka Anda harus membuat artikel Anda semudah mungkin untuk dapat dipahami.

Untuk melakukan hal tersebut maka Anda harus menyusun konten Anda dengan baik.
Pastikan Anda memberikan spasi dan paragrap yang baik di setiap artikel Anda serta gunakanlah format bold atau huruf yang lebih besar seperti H2 untuk memisahkan masing-masing topik agar mudah dipahami.

Susunan artikel yang baik adalah bahwa user dapat membaca artikel Anda dengan cepat dan memahami isinya dengan cepat.

Semoga bermanfaat dan jangan segan untuk bertanya atau memberikan komentar pada artikel Bagaimana Membuat Pengunjung Betah di Website Anda jika Anda memiliki pendapat atau merasa terbantu dengan artikel ini 🙂

Bagikan Artikel Ini