Mengapa Anda Harus Menggunakan Versi WordPress Terbaru

update wordpress terbaru

update wordpress terbaru

Mengapa Anda Harus Menggunakan Versi WordPress Terbaru – Sering kali para pemula merasa ragu untuk melakukan upgrade ke versi wordpress yang terbaru setiap kali versi wordpress terbaru dirilis. Apakah Anda termasuk pengguna wordpress yang merasa ragu untuk mengupdate versi wordpress Anda? Pada artikel ini kami akan membahas terkait dengan alasan yang mendasar mengapa Anda harus melakukan update wordpress ke versi yang terbaru dan cara melakukan update wordpress yang benar.

WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan di dunia dan gratis serta dikembangkan oleh komunitas para developer. Setiap kali versi wordpress terbaru dirilis, para pengembang tersebut melakukan perbaikan pada versi sebelumnya termasuk pada sisi bugs, fitur, performa dan lain-lain.

Dengan kata lain, WordPress Anda akan memiliki resiko kemanan yang lebih tinggi dan melewatkan beberapa fitur dan pengembangan jika Anda tidak melakukan update versi wordpress Anda. Berikut adalah alasan mengapa utama mengapa Anda harus mengupdate WordPress Anda:

1. Keamanan

Keamanan merupakan alasan yang paling penting mengapa Anda harus selalu mengupdate versi wordpress Anda.
Perlu diketahui bahwa saat ini wordpress telah digunakan hingga 23% dari pengguna website di dunia dan karena sangat populernya wordpress inilah yang menyebabkan wordpress menjadi target serangan dari para hacker, distribusi malware, pencurian data dan kejahatan-kejahatan lainnya.

Berikut kami lampirkan pangsa pasar (market share) CMS di dunia

CMS market share

Karena wordpress adalah CMS open source atau gratis maka semua orang dapat mempelajari kodenya dan mengembangkannya. Namun, hal ini juga berarti para hacker juga dapat mempelajarinya juga dan menemukan celah pada wordpress yang dapat mereka manfaatkan.

Ini artinya bahwa jika Anda tidak menggunakan wordpress versi terbaru maka Anda menggunakan software yang telah diketahui celah keamanannya. Hacker dapat mencari website-website yang mengunggukan versi yang lama dan Anda mungkin akan menjadi sasaran mereka.

Tidak hanya wordpress saja, plugin dan thema yang outdate dapat juga di exploit oleh para haceker. Untuk itu, maka Anda harus memastikan bahwa plugin, thema dan core wordpress agar selalu terupdate.

2. Fitur Baru yang keren

Setiap kali update major wordpress dirilis untuk publik maka akan disertai dengan fitur baru dan beberapa perubahan. Sebagai contoh, pada versi wordpress 4.0 ditambahkan pengembangan dalam instalasi plugin, versi 4.1 ditambahkan fitur edit gambar inline dan 4.2 ditambahkan fitur yang dapat dengan mempercepat mengupdate plugin wordpress.

Jika saat ini Anda menggunakan wordpres versi lama maka pengalaman Anda dalam menggunakan wordpress akan sangat berbeda dengan orang-orang yang menggunakan versi terbaru. Dengan begini, maka Anda akan sedikit kesulitan mencari solusi untuk masalah wordpress secara online karena semua user akan menganggap bahwa Anda menggunakan versi terbaru.

3. Perbaikan Kecepatan dan Performa

performa wordpress

Para pengembang wordpress selalu mengembangkan wordpress agar menjadi lebih cepat sehingga setiap kali versi wordpress baru dirilis akan disertai dengan pengembangan terkait masalah performa yang dapat membuat wordpress berjalan lebih cepat dan efisien.

Misalnya pada versi wordpress 4.2, para pengembang melakukan pengembangan performa pada sisi JS di menu navigasi yang dapat membuat akses lebih cepat. Karena kecepatan website merupakan faktor yang sangat penting dalam SEO maka tentu Anda harus melakukan update agar dapat memperoleh keuntungan darinya terutama terkait dengan kecepatan.

4. Perbaikan Pada Bugs

perbaikan bugs

Meski telah dilakukan pengecekan secara rinci saat dilakukan update major, tak jarang terdapat bug atau masalah ketika dirilis. Hal ini menjadikan alasan mengapa WordPress melakukan update minor secara berkala. Misalnya WordPress 4.2.3 merupakan update minor dari wordpress 4.2 yang terdapat hingga 20 bug dan diperbaiki pada update minor di versi 4.2.3.

Saat ini, jika Anda mencoba menanyakan masalah di forum-forum maka mereka akan menyarankan Anda untuk melakukan update wordpress Anda karena hal tersebut bisa saja membantu menyelesaikan masalah Anda. Jika Anda tetap bersikeras untuk tidak melakukan update, maka Anda tidak akan mendapatkan bantuan dari pengguna wordpress lainnya 😉

5. Perbaikan Kompatibilitas Plugin dan Thema

Para pengembang plugin dan thema selalu menyesuaikan dengan versi wordpress terbaru yang dirilis guna memastikan plugin dan thema mereka memiliki kompatibilitas yang baik dengan wordpress terbaru. Namun adakalanya plugin atau thema wordpress menjadi rusak karena proses update wordpress tersebut karena tidak kompitabel atau kesalahan dalam kode script.

Untuk itu, adalah sangat penting untuk melakukan backup wordpress sebelum Anda melakukan update sehingga dapat dikembalikan jika masalah terjadi. Kami akan membahas terkait dengan cara melakukan backup pada wordpress di tutoral selanjutnya.

Berikut adalah rangkuman mengapa Anda harus melakukan wordpress ke versi yang terbaru:

  • Perbaikan dan pengembangan keamanan WordPress
  • Fitur-fitur terbaru ditambahkan
  • Lebih cepat dan responsif
  • Perbaikan beberapa bugs
  • Kompatibilitas lebih baik – karena plugin dan thema wordpress akan menyesuaikan dengan wordpress terbaru.

Cara Melakukan Update WordPress

Melakukan update core wordpress, thema dan plugin sangatlah mudah. WordPress telah menambahkan fitur notifikasi atau pemberitahuan di admin area jika update terbaru telah dirilis.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah login di admin wordpress Anda dan klik menu Dashboard >> Upadates. Pada menu tersebut, Anda cukup klik tombol update untuk melakukan update thema, plugin dan core wordpress.

update wordpress

Update otomatis core wordpress, plugins dan thema

Jika Anda merupakan user yang jarang login admin wordpress Anda maka tentu Anda tidak mengetahui pemberitahuan dari wordpress tersebut. Sebagai alternatif, maka Anda dapat sedikit mengubah kode pada wordpress Anda agar dapat melakukan update secara otomatis.

Untuk melakukan update otomatis untuk core wordpress, maka cara termudahnya adalah dengan menggunakan bantuan dari plugin Easy Updates ManagerSetelah plugin Easy Updates Manager selesai di Install dan diaktifkan, maka Anda dapat mengubah pada bagian mana saja yang akan Anda update secara otomatis melalui menu Dashboad >> Updates Options:

menu auto update wordpress

Selesai. Dengan begitu baik core wordpress, thema dan plugin Anda akan secara otomatis terupdate dan wordpress Anda akan lebih aman dari serangan hacker 🙂 . Anda juga akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan melalui email jika plugin ini telah selesai melakukan update di WordPress Anda.

Kami harap artikel ini dapat memberikan wawasan Anda tentang alasan-alasan mengapa Anda harus melakukan update dan cara melakukan update wordpress dengan benar.

Jika Anda suka dan merasa terbantu dengan artikel ini, silakan like facebook kami dan subscribe agar kami dapat memberitahu Anda terkait dengan artikel-artikel terbaru kami.

Bagikan Artikel Ini