Cara Mengubah URL Login WordPress

  • 4
login wordpress secure

Cara Mengubah URL Login WordPress

Cara Mengubah URL Login WordPress

Cara Mengubah URL Login WordPress Р Wordpress merupakan CMS yang paling populer di dunia dan karena hal tersebutlah maka tidak jarang wordpress menjadi sasaran para hacker untuk mendapatkan akses secara ilegal atau hacking sehingga sangat diperlukan untuk meningkatkan keamanan pada wordpress dan salah satunya adalah dengan mengubah url login wordpress. Berikut adalah gambaran pengguna CMS blog di dunia berdasarkan pingdom.com

data penguna cms blog wordpress

Pada artikel ini, kami akan membahas panduan cara merubah url login wordpress step by step. Kami juga menyarankan agar Anda mengecek panduan yang telah kami publish untuk meningkatkan keamanan wordpress Anda pada:

Mengapa Anda Harus Menggunakan Versi WordPress Terbaru
Cara Membersihkan WordPress dari Malware dan Virus

Mengapa Anda Perlu Mengubah URL Login WordPress?

Secara default, URL login admin wordpress dapat diakses melalui namadomain.com/wp-admin atau namadomain.com/wp-login.php. Tidak ada masalah dengan URL tersebut, namun karena banyaknya pengguna wordpress sehingga hampir semua orang mengetahui URL untuk login wordpress termasuk pada website Anda.

Hal tersebut menimbukan kerentanan keamanan pada wordpress dimana hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk brute force (percobaan login berkali-kali ke halaman wp-admin WordPress dengan bot) di website Anda sehingga dapat menimbulkan pencurian hak akses dan down pada website (karena banyaknya paket yang dikirimkan ketika melakukan brute force).

Di beberapa layanan web hosting termasuk di layanan hosting terbaik indonesia, Niagahoster, hal ini telah dilakukan pencegahan dengan memberikan popup tambahan sehingga brute force tidak akan terjadi pada website wordpress Anda. Namun, popup keamanan tersebut bagi beberapa user akan sedikit mengganggu sehingga kami menyarankan agar Anda merubah wp-admin wordpress atau wp-login.php.

contoh popup tambahan keamanan wordpress

Cara Mengubah URL Login WordPress

Untuk merubah wp-admin wordpress sangatlah mudah dengan menggunakan bantuan dari plugin All In One WP Security & Firewall.  Yang Anda perlu lakukan adalah menginstal plugin All In One WP Security & Firewall. Setelah Anda menginstal dan mengaktifkannya, maka akseslah menu WP Security >> Brute Force. Beri centang pada Enable Rename Login Page Feature dan tambahkan kata pada Login Page URL. Perhatikan screen shot berikut:

login security

Selesai. Pada contoh tersebut, maka url login wordpress diubah menjadi www.idsysadmin.com/login. Silakan Anda mencoba untuk mengecek dan login menggunakan URL baru tersebut. Dengan begitu, maka hanya Anda saja yang mengetahui halaman login WordPress Anda dan ketika pengunjung atau orang lain mencoba mengakses halaman login wordpress dengan menggukan url wp-admin dan wp-login.php maka tidak akan bisa atau mendapatkan halaman error.

Untuk mengembalikan url login ke default atau bawaan wordpress, maka Anda cukup menghilangkan tanda centang pada Enable Rename Login Page Feature. Degan begitu, maka url login wordpress Anda akan kembali ke default yaitu /wp-admin atau /wp-login.php

Kami rasa panduan merubah wp-admin wordpress sangatlah mudah untuk dilakukan bahkan untuk seorang pengguna baru WordPress. Mohon untuk tidak segan memberikan komentar melalui form yang disediakan jika Anda merasa terbantu atau mengalami kendala dengan tutorial Cara Mengubah URL Login WordPress yang kami berikan tersebut.

Semoga bermanfaat dan Happy Blogging!!