Pengertian dan Keunggulan VPS

VPS

Pengertian dan Keunggulan VPS

Last updated on
Hosting Unlimited Indonesia

VPS

Pengertian dan Keunggulan VPS – Virtual Private Server atau yang biasa dikenal dengan VPS merupakan semi dedicated server. Dedicated server artinya bahwa satu server penuh atau utuh dan hanya digunakan oleh satu user, tidak digunakan untuk berbagi dengan user yang lainnya.

Mengapa VPS dikatakan sebagai semi dedicated server ? Hal ini karena VPS sendiri merupakan bagian dari dedicated server (server utuh) yang dengan teknologi virtualisasi, VPS tersebut dapat dipecah atau dibagi menjadi beberapa server dengan resource seperti OS (Operating System), CPU, Memory, Disk Space dan lain-lain secara terpisah atau dengan kata lain VPS adalah server dedicated yang dibuat menjadi beberapa virtual server.

Mengapa Anda harus menggunakan VPS ?

Apakah Anda adalah perusahaan yang membutuhkan pengiriman email dalam jumlah yang besar untuk pegawai Anda? Apakah Anda membutuhkan konfigurasi khusus atau aplikasi server untuk menjalankan script Anda? Jika jawabanya iya, maka dapat dipastikan Anda membutuhkan VPS.

VPS adalah jawaban dari semua masalah yang tidak dapat diselesaikan di layanan shared web hosting.

Mengapa Anda membutuhkan Jasa Konfigurasi VPS ?

Jika Anda telah mahir dalam konfigurasi web server, tentu tidak membutuhkan jasa tersebut. Namun, jika Anda tidak paham dengan web server dan tweaking, maka dapat dipastikan Anda membutuhkannya. Hal ini karena hampir semua layanan VPS memberikan layanan unmanaged dan jika sudah include dengan manage server, maka harganya akan sangat mahal.

Dengan menggunakan jasa konfigurasi server kami, Anda akan mendapatkan VPS cPanel dan Optimasi VPS dengan harga yang sangat terjangkau. Lihat layanan konfigurasi VPS kami di:

Jasa Konfigurasi dan Kelola VPS

Berikut kami tambahkan beberapa keunggulan dan kelemahan dalam menggunakan VPS:

Keunggulan VPS

Resource Dedicated

Salah satu alasan mengapa harus memilih VPS adalah resource dedicated atau hanya untuk satu user saja dan dapat melakukan konfigurasi pada server sesuai dengan kebutuhan sendiri. Hal ini sangat berbeda dengan shared server (shared web hosting) yang akan berbagi resource dengan ribuan user lainnya dan tentu tidak mungkin melakukan konfigurasi khusus pada shared server karena perubahan konfigurasi tersebut akan berlaku untuk semua user yang berada di shared hosting tersebut.

VPS sangat disarankan untuk user atau perusahaan yang membutuhkan resource dedicated seperti untuk perusahaan yang membutuhkan resouce email yang besar tanpa batasan pengiriman email, instalasi aplikasi khusus untuk keperluan script, user yang membutuhkan resource besar karena website memiliki pengunjung yang sangat besar serta membutuhkan resource cpu yang besar dan lain-lain.

Harga yang Terjangkau

Jika dibandingkan dengan dedicated server yang mencapai jutaan rupiah, VPS sangatlah terjangkau dan saat ini VPS dengan spesifikasi standard dapat didapatkan dengan harga Rp 90.000/bln. Tentu jika dibandingkan dengan shared hosting atau shared server, harga tersebut tentu akan terlihat sedikit mahal, namun untuk vps dengan harga tersebut (sepanjang pengetahuan kami) akan memiliki resource yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan shared web hosting atau shared server dilayanan manapun.

Kelemahan VPS

Kelemahan dalam menggunakan VPS adalah hanya satu yaitu karena umumnya VPS yang dijual di hampir semua layanan adalah unmanaged VPS atau dengan kata lain sebagai pembeli kita harus melakukan setup dan konfigurasi vps sendiri. Sedangkan pihak penjual vps hanya menjual VPS tanpa bantuan konfigurasi apapun. Dalam hal ini, penjual atau provider vps hanya bertanggung jawab terhadap uptime dan down time server vps saja.

Berbeda dengan shared web hosting dimana kita akan mendapatkan cPanel, email dan sebagainya, hal tersebut tidak berlaku di VPS karena sebagai pembeli kita harus melakukan konfigurasi sendiri. Namun, kita tidak perlu khawatir dengan hal ini karena telah banyak panel gratis untuk vps yang memiliki fitur yang sama dengan cPanel dan jika kesulitan dalam konfigurasinya, maka Anda dapat menggunakan jasa setup dan manage VPS di:

Jasa Setting dan Konfigurasi VPS

Butuh bantuan atau informasi lengkap tentang VPS atau konfigurasi web server, silahkan hubungi kami diĀ SINI


4 Comments

Afrid Fransisco

December 24, 2015 at 10:41 am

Ternyata VPS itu keren banget ya, tapi tetap aja rasanya setting sulit banget

    SysAdmin

    February 9, 2016 at 1:20 pm

    Silakan hubungi kami di menu kontak us jika kesulitan dalam melakukan konfigurasi VPS Anda.

hamilplus

September 19, 2016 at 11:02 am

Nice info, akan pertimbangkan pindah ke VPS kalo trafficknya udah 10k/day, sementara pake shared host dulu biar ngirit

    Wayan

    September 24, 2016 at 5:59 am

    benar. vps sangat diperlukan ketika website membutuhkan resource lebih dan beberapa konfogurasi d server yg tidak standard.

    untuk panel vps, saya sendiri sangat menyarankan webuzo. cek bhsan kami tentang webuzo di:https://www.idsysadmin.com/tag/tutorial-webuzo

Leave a Reply