Fungsi Sitemap dan Cara Membuat Sitemap Website WordPress

  • 19
sitemap XML

Fungsi Sitemap dan Cara Membuat Sitemap Website WordPress

Fungsi Sitemap dan Cara Membuat Sitemap Website WordPress – Pada awal tahun 2000-an, hampir semua website pemerintah dan perusahaan membuat halaman khusus yang disebut dengan sitemap yang halaman tersebut berisi tentang link – link halaman dari website tersebut dengan tujuan untuk mempermudah para pengunjung website menemukan halaman-halaman lain yang ada di website tersebut dan umumnya sitemap tersebut dibuat dengan menggunakan formal HTML.

Saat ini, sitemap pada website tidaklah dibuat dalam formal HTML melainkan dengan formal XML dan tujuannya pun berbeda yaitu untuk mempermudah website mesin pencari dan bukan untuk pengunjung. Meski bagitu, Anda juga dapat membuat sitemap HTML untuk memudahkan pengunjung website Anda jika memang dirasa perlu. Tutorial Cara Membuat Halaman Sitemap HTML di WordPress dapat membantu. Dalam kasus ini, fungsi sitemap HTML adalah untuk pengunjung, bukan mesin pencari.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu sitemap? mengapa website wordpress Anda membutuhkan sitemap? Bagaimana Cara Membuat Sitemap Website WordPress dan bagaimana memberitahu mesin pencari tentang sitemap website Anda.

Membuat Sitemap Website WordPress - sitemap XML

Pengertian Sitemap – Apa itu Sitemap XML pada WordPress?

Sitemap adalah daftar halaman dari sebuah website yang dapat diakses oleh semua pengguna internet baik mesin pencari maupun pengunjung normal (manusia). Sitemap merupakan cara dari para pemilik website untuk memberitahu mesin pencari termasuk google tentang halaman-halaman yang ada di website mereka.

Sitemap XML pada wordpress juga membantu mesin pencari untuk membedakan halaman mana saja yang lebih penting dan seberapa sering website Anda diperbarui (update konten baru). Berikut adalah contoh sitemap XML:

Pengertian Sitemap - contoh sitemap xml

Mengapa Anda membutuhkan Sitemap?

Sitemap sangatlah penting dari sisi SEO (Kami menyarankan untuk mengecek panduan tentang WordPress SEO termasuk sitemap). Pertama, kami harus menekankan bahwa menambahkan sitemap tidaklah akan mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari. Namun, jika terdapat beberapa halaman di website Anda tidak ter-index oleh mesin pencari termasuk google maka sitemap akan dapat membantu Anda dalam memberitahu mesin pencari terkait halaman tersebut sehingga akan dapat ter-index dengan baik.

Sitemap sangatlah berguna untuk sebuah website atau blog yang baru. Umumnya, sebuah website baru tidak memiliki banyak backlink pada halaman – halamannya dan hal tersebut sangat menyulitkan mesin pencari dalam menemukan semua halaman – halaman yang ada di dalam website tersebut. Sitemap dapat membantu mesin pencari dalam melakukan crawl atau menelusuri website lebih efisien.

Untuk sebuah website yang populer, sitemap juga dapat membantu website tersebut berinteraksi dengan mesin pencari menjadi lebih baik. Mesin pencari dapat mengetahui seberapa sering website Anda diperbarui kontennya dan pada bagian mana konten yang sering diperbarui dan kemudian menentukan rata-rata crawl pada website Anda dan lain – lain. Hal ini akan sangat membantu website Anda akan ditampilkan di mesin pencari lebih baik lagi.

Cara Membuat Sitemap Website WordPress

Terdapat banyak cara dalam membuat sitemap XML di WordPress. Pada website IDSysadmin, kami menggunakan plugin SEO Yoast untuk membuat sitemap website kami. Alasan utama kami menggunakan plugin ini adalah banyaknya fitur SEO yang ditambahkannya seperti SEO untuk Social Media, Sitemap dan lain -lain.

Untuk membuat sitemap di website wordpress Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan Plugin SEO by Yoast. Secara default, plugin tersebut tidak mengaktifkan fungsi dari sitemap XML sehingga Anda harus mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya, silakan login di dashbaord wordpress Anda dan kemudian pilih menu SEO >> XML Sitemap dan kemudian centang pada pilihan sitemap untuk mengaktifkan Sitemap XML.

Perhatikan screen shot berikut untuk lebih jelasnya:

sitemap seo by yoast

Setelah Anda mengaktifkan fungsi sitemap XML dengan menyimpannya maka secara otomatis plugin tersebut akan membuat sitemap XML dan dapat diakses secara umum. Secara default, sitemap yang dibuat akan memiliki url tambahkan sitemap_index.xml dan Anda dapat mengeceknya pada www.namadomainanda.com/sitemap_index.xml atau pada contoh website kami adalah:

https://www.idsysadmin.com/sitemap_index.xml

contoh sitemap seo yoast

Jika Anda telah melihat halaman sitemap seperti contoh di atas pada website Anda maka artinya sitemap telah berhasil dibuat pada website tersebut.

Selesai. Dengan begitu maka sitemap di website Anda telah berhasil dibuat dan langkah selanjutnya adalah men-submit atau mengirimkan sitemap tersebut ke mesin pencari seperti google dan lain – lain agar bot mesin pencari atau Google dapat menelusuri website Anda dengan baik.

Untuk submit atau mengirimkan sitemap ke Google, maka Anda dapat mengikut langkah-langkah panduan yang telah kami bahas pada Cara Mengirim Sitemap Website ke Google Webmaster Tools.

Kami harap artikel Cara Membuat Sitemap Website WordPress ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang sejarah awal sitemap, fungsi sitemap dan bagaimana cara membuatnya. Silakan gunakan form komentar untuk bertanya atau memberikan pendapat Anda tentang artikel ini.


19 Comments

Ferry

September 10, 2015 at 7:45 pm

Sangat membantu artikelnya, selama ini ane punya web belum ane kasih sitemap, di tunggu positngan lainya

    SysAdmin

    September 11, 2015 at 9:27 am

    Terima kasih untuk kunjungannya. Sitemap sangatlah penting SEO jadi pastikan Anda memilikinya untuk mendapatkan SERP yang bagu buat website Anda.

Paket Wisata Bromo

February 24, 2016 at 4:19 pm

kalau posisi web sudah bagus, apa masih perlu xml sitemap?

web saya lumayan bagus posisinya, dan sebelumnya blm saya bikin sitemap, umur web saya juga uadah 2th, apa perlu dibuat sitemap?
Mohon bantuannya…

Jasa Arsitek

February 24, 2016 at 4:43 pm

Kalau memasukkan sitemap via google webmaster bisa ya?

    SysAdmin

    March 1, 2016 at 12:49 pm

    Tentu bisa. Silakan login di webmaster tools dan melakukan submit.

garmen studio

October 8, 2016 at 12:04 am

thanks
sep lanjut submit sitemap

Kemilauqq

October 22, 2016 at 11:41 am

terima kasih banyak gan atas informasinya.saya udah terapkan dan hasilnya berhasil.

    Wayan

    October 24, 2016 at 9:08 pm

    Terima kasih atas feedbacknya. Senang jika bahasan tentang sitemap kami dapat membantu.

an

October 31, 2016 at 12:54 pm

thanks atas pencerahannya mbah, joss banget siap mengikuti wajengannya 😀

    Wayan

    November 2, 2016 at 8:52 am

    Terima kasih atas feedbacknya dan semoga bermanfaat. Sitemap sangat penting untuk membantu mesin pencari mengidex website Anda.

ogik

November 20, 2016 at 7:01 pm

wow. di ane muncul gan. terima kasih infonya

Ipan

December 3, 2016 at 7:29 pm

Kalo konten nya di atas 100 ada cara lain ga?

    Wayan

    December 7, 2016 at 10:05 pm

    Default SEO yoast akan mengizinkan hingga 1000 URL dan tentu Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan Anda melalui menu SEO Yoast –> XML Sitemaps.

azkanesia

December 6, 2016 at 3:08 pm

Sudah di coba dan berhasil, terima kasih pencerahannya.

    Wayan

    December 7, 2016 at 10:03 pm

    Kami sangat senang mengetahui hal ini. Pastikan juga Anda mensubmit sitemapnya di webmaster tool atau search console

Balye

December 11, 2016 at 11:21 pm

Mantap!!! akhirnya berhasil juga web saya

    Wayan

    December 15, 2016 at 10:18 pm

    Terima kasih atas feedbacknya. senang dapat membantu.

website perusahaan

July 10, 2017 at 2:04 pm

Sangat membantu sekali artikelnya gan, terimakasih banyak

Leave a Reply