Cara Menghapus Url dari Google Search

Menghapus Url dari Google Search

Menghapus Url dari Google Search

Cara Menghapus Url dari Google Search – Baru-baru ini kami mendapatkan pertanyaan dari pengunjung website kami terkait dengan cara menyembunyikan halaman website dari hasil pencarian google atau menghapus url dari google search. Terakadang Anda ingin menyembunyikan atau menghapus halaman tertentu pada website Anda karena alasan privasi atau agar url tersebut tidak diakses oleh pengunjung yang tidak Anda inginkan.

Pada artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang beberapa cara untuk menghapus url dari google search (hasil pencarian google) dan tidak berdampak negatif bagi SEO website Anda secara keseluruhan.

Menyembunyikan atau Menghapus Url dari Google Search

Mesin pencari seperti Google mengizinkan para pemilik website untuk tidak mengindex atau memasukkan url tertentu di hasil pencariannya. Anda dapat Menyembunyikan atau Menghapus url dari Google Search dengan menggunakan file robots.txt dan meta tags HTML.

Kami juga akan membahas tentang bagaimana memberikan proteksi password terhadap url post dan page di WordPress. Memberikan proteksi password pada post dan page memungkinkan Anda untuk mengontrol user atau pengunjung yang dapat mengakses website Anda.

Cara 1: Menghapus url dari Google Search menggunakan Yoast SEO

Metode ini sangatlah mudah dan disarankan untuk para pemula.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan instalasi dan mengaktifkan plugin SEO Yoast. Setelah SEO Yoast terinstal dan diaktifkan, lakukan edit pada posting atau page dan kemudian lakukan scroll ke bawah hingga ke menu plugin SEO Yoast. Selanjutnya, klik tombol Advanced.

disable index seo yoast

Menu advanced settings memungkinkan Anda untuk menambahkan robots meta tags pada posting atau page. Dengan menggunakan robots meta tag, maka Anda dapat memberitahu mesin pencari agar tidak mengindex halaman Anda.

Anda harus memilih menu “noindex” dari daftar menu di “Meta robots index”. Setelah itu, pilih “nofollow” pada pilihan “Meta robots”.

Setelah itu, maka Anda dapat menyimpan atau mem-publish posting atau page Anda. Dengan konfigurasi tersebut maka plugin SEO Yoast akan menambahkan baris berikut pada posting dan page yang Anda edit tersebut:

<meta name="robots" content="noindex,nofollow"/>

Baris tersebut artinya bahwa Anda memberitahu bot mesin pencari agar tidak mengindex halaman yang memiliki tag tersebut.

Cara 2: Menghapus url dari Google Search menggunakan robots.txt File

Cara ini akan memerlukan pengubahan atau editing terhadap file robots.txt. Kesalahan dalam melakukan editing terhadap file robots.txt akan berdampak pada SEO website Anda sehingga kami tidak menyarankan cara ini untuk pemula.

File robots.txt adalah file konfigurasi yang dapat Anda tambahkan di instalasi root website WordPress Anda. File ini memungkinkan Anda untuk memberikan instruksi terhadap bot mesin pencari ketika melakukan crawl website Anda dan itulah mengapa file tersebut disebut dengan robots.txt.

Anda dapat melakukan edit file robots.txt melalui FTP client atau File Manager di Hosting cPanel Anda. Selanjutnya, tambahkan baris perintah berikut:

User-agent: *
Disallow: /halaman-website-anda/ 

 

Pada baris user-agent maka anda dapat menentukan bot tertentu yang ingin Anda allow atau block. Pada contoh ini, kami menggunakan tanda bintang (*) untuk memasukkan semua mesin pencari termasuk google, bing dan lain-lain.

Baris selanjutnya adalah mendefinisikan bagian dari url website Anda yang ingin Anda blockir dari mesin pencari.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menghapus atau menyembunyikan URL: https://www.idsysadmin.com/cara-setting-plugin-wordpress-w3-total-cache.html

Maka baris yang harus anda tambahkan pada file robots.txt adalah:

User-agent: *
Disallow: /cara-setting-plugin-wordpress-w3-total-cache.html

Kelemahan menggunakan robots.txt untuk menyembunyikan dari mesin pencari

Pertama, Anda perlu mengetahui bahwa file robots.txt dapat diakses secara public yang artinya semua orang dapat mengaksesnya dan melihat halaman mana saja yang sedang Anda sembunyikan. Contoh: https://idsysadmin.com/robots.txt

Meskipun hampir semua mesin pencari akan mengikuti instruksi dari file robots.txt tersebut, tetapi tetap saja ada beberapa bot yang mengabaikannya. Umumnya, bot tersebut adalah bot spammer yang ingin menyebarkan malware, mencari kontak email dan lain-lain.

Cara 3: Proteksi Posting dan Page WordPress dengan Password

Cara ini menggunakan pendekatan yang berbeda dengan tidak meminta mesin pencari melakukan index posting atau halaman website Anda, namun dengan memberikan password saat diakses. Artinya, hanya pengunjung yang memiliki password sajalah yang akan dapat mengakses posting atau halaman yang Anda beri password.

Fitur untuk memberikan proteksi password terhadap posting dan halaman di WordPress adalah fitur standard wordpress. Anda cukup melakukan editing terhadap posting atau halaman yang ingin diproteksi dengan password.

Pada pilihan publish, silakan klik Edit –> Password Protected.

Masukkan password Anda pada menu tersebut.

Selanjutnya, silakan lakukan publish posting atau halaman Anda. Semua pengunjung yang mengakses halaman tersebut akan diminta memasukkan password untuk melihat isi atau konten dari posting Anda tersebut.

Selesai. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda untuk menyembunyikan atau menghapus url tertentu yang ada di website Anda dari hasil pencarian google atau mesin pencari lainnya.

Silakan bertanya atau share pengelaman Anda terkait dengan Cara Menghapus Url dari Google Search melaui form komentar yang kami sediakan.

Bagikan Artikel Ini