Cara Menonaktifkan Atribut Nofollow Website WordPress

nofollow feature

nofollow feature

Cara Menonaktifkan Atribut Nofollow Website WordPress – Secara otomatis, wordpress akan menambahkan tag atau tanda nofollow pada link dalam sebuah komentar. Beberapa waktu yang lalu, kami sempat mendapatkan pertanyaan tentang pengertian link nofollow dan apakah mungkin tag tersebut dihilangkan pada komen wordpress.

Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang pengertian apa itu link nofollow, bagaimana cara menghapusnya dari wordpress serta tentang pro dan kontra terkait link nofollow.

Apa itu Link NoFollow?

Pada tahun 2005, Google yang merupakan raksasa mesin pencari hingga saat ini memperkenalkan tentang atribut tag link rel=”nofollow”. Atribut tersebut secara sederhana akan berfungsi memberitahu kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti atau tidak menganggap link tersebut. Contoh link dengan atribut nofollow.

Mengapa NoFollow Otomatis ditambahkan pada Komen WordPress?

Seperti yang telah diketahui secara luas bahwa cara termudah untuk membangun sebuah backlink pada website dan memberikan dampak SEO pada website adalah dengan cara berkomentar di blog dengan meninggalkan link sebagi backlink. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya banyak sekali komentar spam.

Tujuan utama tag nofollow adalah untuk mencegah manipulasi SEO melalui backlink yang diberikan pada form komentar. Hal ini karena motivasi utama kebanyakan orang memberikan komentar adalah untuk mendapatkan backlink untuk SEO dan dengan tag nofollow maka diharapkan akan dapat mengurangi spam.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa WordPress mengimplementasikan tag nofollow pada link yang berada pada komentar.

Apakah Anda memerlukan Tag Nofollow?

Dengan adanya tag nofollow pada semua link yang berada di kolom komentar akan memberikan rasa aman kepada pemilik website atau blog karena jika komentar tersebut secara tidak sengaja dipublikasikan maka link pada komentar tersebut tetap memilik tag link nofollow.

Namun, atribut nofollow sendiri tidak semerta merta dapat menghilangkan minat orang untuk melakukan spam. Para spammer kebanyakan tidak peduli dengan hal ini dan berasumsi bahwa link nofollow tetaplah bermanfaat.

Selain itu, tag nofollow juga dapat menyebabkan orang enggan berkomentar pada blog Anda karena mereka merasa tidak mendapatkan apa-apa saat berkontribusi pada artikel ketika memberikan komen pada artikel Anda.

Haruskan Anda menonaktifkan Nofollow?

Alasan utama mengapa para pemilik blog atau website menonaktifkan nofollow karena mereka ingin sekali para pengunjung berkontribusi dengan memberikan komentar. Dengan menonaktifkan Nofollow atau dengan kata lain mengaktifkan dofollow pada link komentar tentu akan dapat menambah jumlah komentar di website Anda, namun disisi lain akan dapat meningkatkan spam.

WordPress akan mengeksekusi script php jika seseorang mengirimkan komentar. Semakin banyak komentar artinya akan semakin sering pula script php tersebut dijalankan. Hal ini tentu akan dapat membuat website Anda down dan mungkin layanan hosting Anda tidak dapat menampung beban pada website Anda.

Spam sendiri dapat dengan mudah ditangani dengan menggunakan plugin Akismet atau dengan Captcha dari Google. Namun, dengan menonaktifkan nofollow maka Anda akan mendapatkan banyak komentar yang kurang berkualitas yang dikirimkan oleh pengunjung asli (manusia bukan bot) website Anda. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda sendiri akan lebih disibukkan untuk memoderasi komentar-komentar tersebut daripada membuat konten yang berkualitas untuk website Anda.

Secara pribadi, kami sendiri menyarankan agar Anda tidak menonaktifkan tag nofollow pada komentar wordpress Anda dan juga mengaktifkan nofollow pada link-link artikel di website Anda.

Menonakifkan Tag Nofollow Pada Komen WordPress

Jika Anda tetap ingin menonaktifkan nofollow pada komen wordpress Anda setelah membaca ulasan yang kami berikan, maka ikuti langkah berikut untuk melakukannya. Pertama, Anda harus menginstal plugin Remove Nofollow. Setelah instalasi selesai dan plugin diaktifkan, maka Anda dapat menonaktifkan link nofollow pada komentar di menu Settings >> Remove Nofollow

link nofollow

Setelah selasi, cobalah untuk mengeceknya untuk memastikan link nofollow telah dinonaktifkan.

disable link nofollow

Kami harap artike ini dapat membantu Anda memahami secara jelas apa itu nofollow, fungsi dan cara menonaktifkan nofollow pada komentar wordpress. Semoga bermanfaat dan jangan ragu untuk memberikan pendapat Anda terkait artikel ini.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *