Perbedaan WWW dan non-WWW untuk SEO

www vs non www

www vs non www

Perbedaan WWW dan non-WWW untuk SEO – Sering kali kami mendapatkan pertanyaan dari para pembaca khususnya bagi pemula tentang perbedaan www dan non-www. Umumnya, mereka ingin mengetahui yang manakah yang lebih baik untuk SEO. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang perbedaan url dengan dan tanpa www dan yang manakah yang terbaik untuk SEO.

WWW vs non-WWW dalam Pandangan SEO

Secara literatur dan informasi resmi dari google bahwa tidak ada perbedaan apapun dalam hal SEO bagi mesin pencari, termasuk google. Bahkan google secara terang-terang menyatakan bahwa hal tersebut adalah tergantung dengan kesukaan atau preferensi.

Hal yang terpenting dalam hal ini adalah bahwa Anda harus tetap konsisten dalam memilih atau menentukan URL yang Anda gunakan saat pertama kali membuat website Anda. Singkatnya, jangan mengubah URL Anda baik dengan menambah atau menghapus www jika website Anda telah berjalan cukup lama karena hal ini akan berpengaruh pada SEO. Baca: Cara Mengubah URL WWW di WordPress

Anda dapat memberitahu Google atau mesin pencari yang lain tentang URL yang akan Anda gunakan dan mereka akan sangat menghargainya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke dalam akun Google Webmaster Tools Anda dan kemudian klik pada website Anda. Jika Anda belum memasukkan atau men-submit website Anda ke webmaster tools, maka kami menyarankan agar Anda membaca panduan kami tentang Cara Mengirim Sitemap Website ke Google Webmaster Tools.

Setelah meakukan login dan memilih website Anda, klik pada Logo Pengaturan (gir) pada kanan atas dan kemudian pilih Site Settings:

Site Settings

settings www webmaster

Perbedaan WWW dan non-WWW dalam sisi teknis

Ketika Anda menambahkan www di URL website Anda maka www akan bekerja sebagai hostname yang dapat membantu flesibilitas DNS dalam menghandle URL website Anda dan dapat membantu mencegah terjadinya cookies pada subdomain (jika Anda memiliki banyak subdomain) dan hal inilah menyebabkan banyak website-website besar seperti google dan blogspot menggunakan www.

Sementara itu, url non-www akan bertindak sebagai domain murni saja tanpa ada tambahan hostname di depannya.

Meski tidak ada literatur resmi apapun, namun kami sendiri secara pribadi menyukai URL dengan www dan kami juga menyarankan kepada Anda melakukannya jika website Anda baru saja dibuat karena website – website besar menggunakan www seperti google, yahoo dan lain – lain 🙂

Bagikan Artikel Ini