Perbedaan WWW dan non-WWW untuk SEO

  • 7
www vs non www

Perbedaan WWW dan non-WWW untuk SEO

Category : Wordpress

www vs non www

Perbedaan WWW dan non-WWW untuk SEO – Sering kali kami mendapatkan pertanyaan dari para pembaca khususnya bagi pemula tentang perbedaan www dan non-www. Umumnya, mereka ingin mengetahui yang manakah yang lebih baik untuk SEO. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang perbedaan url dengan dan tanpa www dan yang manakah yang terbaik untuk SEO.

WWW vs non-WWW dalam Pandangan SEO

Secara literatur dan informasi resmi dari google bahwa tidak ada perbedaan apapun dalam hal SEO bagi mesin pencari, termasuk google. Bahkan google secara terang-terang menyatakan bahwa hal tersebut adalah tergantung dengan kesukaan atau preferensi.

Hal yang terpenting dalam hal ini adalah bahwa Anda harus tetap konsisten dalam memilih atau menentukan URL yang Anda gunakan saat pertama kali membuat website Anda. Singkatnya, jangan mengubah URL Anda baik dengan menambah atau menghapus www jika website Anda telah berjalan cukup lama karena hal ini akan berpengaruh pada SEO. Baca: Cara Mengubah URL WWW di WordPress

Anda dapat memberitahu Google atau mesin pencari yang lain tentang URL yang akan Anda gunakan dan mereka akan sangat menghargainya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke dalam akun Google Webmaster Tools Anda dan kemudian klik pada website Anda. Jika Anda belum memasukkan atau men-submit website Anda ke webmaster tools, maka kami menyarankan agar Anda membaca panduan kami tentang Cara Mengirim Sitemap Website ke Google Webmaster Tools.

Setelah meakukan login dan memilih website Anda, klik pada Logo Pengaturan (gir) pada kanan atas dan kemudian pilih Site Settings:

Site Settings

settings www webmaster

Perbedaan WWW dan non-WWW dalam sisi teknis

Ketika Anda menambahkan www di URL website Anda maka www akan bekerja sebagai hostname yang dapat membantu flesibilitas DNS dalam menghandle URL website Anda dan dapat membantu mencegah terjadinya cookies pada subdomain (jika Anda memiliki banyak subdomain) dan hal inilah menyebabkan banyak website-website besar seperti google dan blogspot menggunakan www.

Sementara itu, url non-www akan bertindak sebagai domain murni saja tanpa ada tambahan hostname di depannya.

Meski tidak ada literatur resmi apapun, namun kami sendiri secara pribadi menyukai URL dengan www dan kami juga menyarankan kepada Anda melakukannya jika website Anda baru saja dibuat karena website – website besar menggunakan www seperti google, yahoo dan lain – lain 🙂


7 Comments

genduit

March 20, 2016 at 8:08 pm

membantu gan, tp saya masih belum mengerti

Abdi Gybran

August 22, 2016 at 12:27 pm

membantu banget, ad penjelasan sepeti ini.. Trims

    Wayan

    August 23, 2016 at 6:04 am

    terima kasih telah berkunjung. SEO sangat penting, jadi pastikan setidaknya SEO on Page kita telah benar 🙂

Grosir Jam Tangan

August 25, 2016 at 6:58 pm

apakah tidak akan terjadi duplikat content gan jika kita menggunakan url www, krn dr info yang saya depat dr para blogger bahwa website yang menggunakan url www lebih cendrung untuk terjadinya duplikat konten. thanks gan atas infonya.

    Wayan

    August 28, 2016 at 5:42 am

    Terimakasih atas feedbacknya.

    Hal inilah mengapa diperlukan untuk memilih satu jenis url saja, yaitu menggunakan www atau non-www. Jika ingin menggunakan www maka semua url tanpa www harus di redirect ke www. Misalnya pada website kami, silakan ketikkan url idsysadmin.com maka secara otomatis akan di redirect ke https://www.idsysadmin.com. Tujuannya adalah menghindari duplikat konten.

    untuk mengubah url www atau tanpa www di wordpress sangat mudah. Kami telah membahasnya pada: https://www.idsysadmin.com/perbedaan-www-dan-non-www-untuk-seo.html

FananNco.com

November 26, 2016 at 5:17 pm

Sama gan, saya juga lebih nyaman pakai www untuk website toko online saya, thanks.

    Wayan

    December 7, 2016 at 10:07 pm

    Benar sekali. hampir semua website besar menggunakan www. pastikan untuk menggunakan salah satunya saja agar tidak terbaca sebagai duplikat konten.

Leave a Reply